Sukses

5 Manfaat Sehat Rutin Minum Air Putih Hangat

Dengan rutin minum air putih hangat, Anda bisa merasakan beragam manfaat sehat. Apa saja? Cari tahu di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Minum air putih sudah tentu baik untuk kesehatan. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, air putih juga penting untuk menetralisasi segala racun yang ada di dalam tubuh. Penelitian bahkan menyebut bahwa manfaat tersebut bisa meningkat berlipat ganda jika air putih yang Anda minum memiliki suhu hangat.

Tidak dimungkiri, air putih hangat atau dingin memang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kendati begitu, air putih hangat disinyalir lebih unggul daripada air putih dingin.

“Air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga metabolisme tubuh ikut meningkat. Nah, bila metabolisme meningkat, maka tubuh akan membakar lebih banyak kalori,” ujar dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter.

Tak sekadar itu, air putih hangat ternyata punya beragam manfaat sehat lainnya. Apa saja?

1. Menenangkan saraf tubuh

Air putih hangat dapat menenangkan sistem saraf pusat di tubuh Anda. Manfaat ini sangat berguna bagi Anda yang menderita penyakit radang sendi. Sebab, fungsi air putih hangat dalam menenangkan saraf bisa mengusir rasa pegal dan membuat tubuh Anda lebih segar.

“Rasa hangat yang ditimbulkan dipercaya bisa memberikan sensasi relaks. Karena itu, air hangat diyakini dapat mengurangi rasa nyeri akibat kram bahkan ketegangan otot perut secara instan,” kata dr. Atika dari KlikDokter.

2. Meringankan sembelit

Air putih hangat turut membantu usus berkontraksi. Ketika hal itu terjadi, racun dan sisa makanan yang terperangkap di usus bisa keluar dari dalam tubuh Anda. Jadi, saat Anda mengalami sembelit, air hangat dapat menjadi salah satu solusi yang dipilih.

“Air putih hangat berperan mempermudah proses pencernaan hingga proses pengeluaran zat sisa (feses),” jelas dr. Atika.

3. Memangkas racun di dalam tubuh

Seperti telah disinggung sebelumnya, air putih hangat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Baik diminum atau mandi menggunakan air hangat, sistem endokrin tubuh akan aktif dan mulai menghasilkan keringat.

Keringat yang mengucur deras mungkin bisa bikin Anda tidak nyaman. Namun ketahuilah bahwa keringat adalah salah satu cara kerja tubuh untuk memangkas racun yang ada di dalam tubuh.

4. Meredakan hidung tersumbat

Air putih hangat yang cenderung panas mampu menghasilkan uap. Menghirup napas dalam-dalam dari uap lembut tersebut sambil memegang secangkir air hangat dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat, bahkan sampai pada tahap meringankan sakit kepala akibat sinusitis.

Minum air putih hangat juga dapat membantu menghangatkan bagian leher dan kepala, sehingga ampuh untuk meluruhkan selaput lendir yang tersangkut. Sakit tenggorokan akibat penumpukan lendir di bagian tersebut juga bisa teratasi jika Anda minum air putih hangat secara rutin.

5. Menurunkan kecemasan

Minum air hangat membantu meningkatkan fungsi saraf pada otak, sehingga mampu menurunkan tingkat kecemasan. Hal ini relevan dengan banyaknya masyarakat yang memilih untuk minum air hangat saat mereka mengalami pusing dan stres tak henti-henti.

Jadi, apakah Anda berminat untuk menjadikan air putih hangat sebagai konsumsi rutin setiap hari? Jika ya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan suhu air yang Anda minum. Pastikan hangatnya sesuai alias tidak berlebihan atau terlalu panas, agar lidah tetap aman dan jaringan di tenggorokan tetap terjaga kesehatannya.

[NB/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar