Sukses

5 Kondisi Anda Perlu Lebih Banyak Minum Air Putih

Air sangat penting untuk kelangsungan hidup. Beberapa kondisi ini menuntut Anda untuk minum air putih lebih banyak.

Klikdokter.com, Jakarta Sudah berapa banyak air putih yang Anda minum hari ini? Pada umumnya, pria dewasa membutuhkan setidaknya 2,5-2,6 liter atau 8 gelas air putih setiap hari. Sedangkan, wanita dewasa memerlukan setidaknya 2,3 liter atau 7 gelas setiap hari. Meski begitu, semua hal di atas tergantung pada kebutuhan dan aktivitas.

Berdasarkan pemaparan dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, sekitar 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Hal tersebut menunjukkan bahwa air sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai fungsi organ di dalam tubuh. Ketika kebutuhan air tidak tercukupi, otomatis Anda berisiko tinggi terkena berbagai masalah kesehatan.

“Secara terus-menerus tubuh mengeluarkan cairan dari tubuh melalui proses pernapasan, buang air kecil dan besar, serta ketika berkeringat melalui kulit. Oleh karena itu, setiap orang harus mengganti cairan yang keluar dari tubuh tersebut, tentunya dengan mengonsumsi cairan,” ujar dr. Andika.

Seperti yang telah dijelaskan, kebutuhan cairan per hari Anda bergantung pada kebutuhan dan aktivitas. Namun, ada lima kondisi yang mengharuskan Anda untuk minum lebih banyak air putih dari biasanya. Dilansir Verywell Fit, berikut lima kondisi tersebut:

1. Haus

Haus adalah tanda yang paling mudah dan klasik. Ketika Anda haus, itulah cara tubuh untuk mengatakan bahwa Anda perlu air untuk menghindari dehidrasi. Namun, penting untuk dicatat bahwa lansia sering mengalami masalah dengan mekanisme haus sehingga mereka tidak merasa haus bahkan saat sedang dehidrasi. Untuk itu, meskipun Anda tidak merasa haus, tetaplah memenuhi kebutuhan cairan dengan benar.

2. Napas bau dan mulut kering

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan bau mulut, salah satunya makan makanan tertentu seperti bawang. Tapi, ada lagi alasan potensial lainnya yaitu kurangnya produksi air liur normal.

Dehidrasi ringan dapat mengurangi aliran air liur, sehingga jika terjadi bau mulut disertai mulut kering, minum lebih banyak air sepanjang hari dapat membantu. Letakkan segelas air di samping tempat tidur Anda jika haus melanda pada malam hari.

3. Pikiran tak menentu

Air sangat penting untuk menunjang fungsi otak. Sebuah studi menunjukkan bahwa kehilangan sekitar dua persen dari cairan tubuh dapat menyebabkan penurunan fungsi mental. Nah, jika Anda merasa sulit berkonsentrasi di kantor, mungkin ini saatnya untuk beristirahat dan mengambil segelas air putih.

4. Aktif secara fisik

Olahraga atau aktivitas fisik lain yang membuat Anda berkeringat dapat menurunkan jumlah cairan di dalam tubuh. Upaya terbaik agar tak dehidrasi adalah dengan minum dua hingga tiga gelas air sebelum memulai aktivitas, lalu minum sekitar satu gelas air setiap 15 menit atau lebih saat sedang aktif. Anda mungkin perlu lebih banyak lagi jika berolahraga atau bekerja di suhu yang ekstrem (terlalu panas/terlalu dingin).

5. Berada di area panas

Ketika Anda berada di luar saat cuaca panas, Anda akan membutuhkan lebih banyak air karena panas menyebabkan tubuh lebih banyak berkeringat. Bahkan jika Anda sedang tidak aktif, menghabiskan satu hari di area yang panas akan melipatgandakan jumlah cairan Anda per hari.

Kondisi lainnya seperti hamil, menyusui, demam, dan diare juga mengharuskan Anda untuk lebih banyak minum air putih. Selalu bawa botol berisi air putih ke manapun Anda pergi agar tubuh selalu terhidrasi. Dengan terhidrasi, Anda pun akan jadi lebih semangat dan konsentrasi dalam menjalani aktivitas harian.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar