Sukses

Manfaat Olahraga TRX bagi Tubuh

Bagi yang bosan dengan latihan fisik biasa di gym, Anda bisa mencoba olahraga TRX. Yuk, intip manfaat sehatnya berikut ini.

TRX, atau total body resistance exercise, adalah olahraga yang memanfaatkan media tali. Pada mulanya, olahraga ini dipopulerkan oleh mantan tentara Angkatan Laut AS, Randy Hetrick. 

Dengan berat tubuh sendiri, gaya gravitasi, dan juga resistensi, kegunaan olahraga TRX yang memanfaatkan tali dapat melatih seluruh otot di tubuh serta mengatur sesuai tujuan Anda berolahraga.

Kegunaan olahraga TRX cukup banyak, mulai dari kekuatan, keseimbangan, koordinasi, fleksibilitas, hingga stabilitas sendi dan otot-otot perut atau batang tubuh. Berikut rincian manfaat olahraga TRX untuk siapa pun yang melakukannya:

1. Dapat Dilakukan untuk Level Kebugaran Apa pun

Olahraga TRX berguna bagi semua level kebugaran, meski Anda atlet ataupun seseorang yang baru ingin mencoba sekalipun. Manfaat olahraga TRX yang satu ini tentu dapat berguna bagi Anda yang ingin coba-coba jenis olahraga baru.

Uniknya pada TRX, hanya dengan mengubah sedikit posisi tubuh, Anda sudah akan menurunkan maupun meningkatkan beban pada otot. Oleh karena itu, semua orang dapat menggunakan metode latihan ini.

Artikel Lainnya: Trik Sukses Olahraga TRX Sendiri di Rumah

1 dari 5 halaman

2. Mudah Digunakan dan Disesuaikan

Manfaat olahraga TRX berikutnya mungkin cocok bagi Anda yang super sibuk. Sebab pada olahraga ini, tali dapat dibawa-bawa dan dipasangkan di mana pun yang memungkinkan. Jadi, Anda dapat membawa keuntungannya ke mana pun Anda pergi.

Hanya dengan dua band yang dapat disesuaikan, Anda bisa mendapatkan workout yang berguna bagi seluruh otot pada tubuh.

3. Membentuk Sekaligus Meningkatkan Kekuatan Otot

Bagi Anda yang ingin membentuk otot, latihan TRX bisa menjadi pilihan. Otot Anda akan terbentuk karena adanya beban tertentu yang diaplikasikan pada otot. Dengan begitu, sejumlah reaksi seperti penebalan massa otot dan jumlah serat otot akan terbentuk.

Menurut penelitian, manfaat olahraga TRX (jika dilakukan dengan tepat) dapat lebih meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas otot, dan ketahanan otot bila dibandingkan dengan latihan otot konvensional.

Artikel Lainnya: Rutin Latihan Olahraga TRX untuk Bentuk Tubuh Lebih Ideal

2 dari 5 halaman

4. Meningkatkan Kardiorespirasi

Tak hanya meningkatkan kekuatan otot, manfaat olahraga TRX juga mampu menjaga ketahanan sistem jantung dan paru Anda. Kegunaan olahraga yang satu ini tentu sayang untuk Anda lewatkan.

Dengan mengubah kecepatan latihan, Anda dapat meningkatkan beban yang diberikan terhadap jantung dan paru agar semakin bugar dan optimal kerjanya.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat olahraga TRX selanjutnya mungkin bisa menarik minat Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Sebuah studi yang dilakukan The American Council on Exercise pada 16 pria dan wanita yang sehat (antara usia 21-71 tahun), mencoba menelaah dampak jangka panjang dari latihan TRX ini.

Hasilnya, responden yang melakukan latihan TRX sebanyak 3 kali seminggu selama 8 minggu mengalami peningkatan kekuatan otot, penurunan berat badan, tekanan darah stabil pada level yang normal, dan penurunan risiko penyakit jantung.

Artikel Lainnya: Antara Latihan TRX dan Boxing, Mana yang Lebih Cepat Bakar Lemak?

3 dari 5 halaman

6. Membantu Mencapai Target

Tali TRX yang serbaguna memungkinkan Anda melakukan berbagai macam latihan. Tujuan olahraga apa pun dapat terbantu, misalnya meningkatkan kekuatan otot, menurunkan berat badan, atau bahkan latihan untuk menunjang persiapan maraton.

Apa pun tujuan Anda, manfaat olahraga TRX yang dilakukan secara rutin akan membawa Anda semakin dekat dengan target. Kebugaran tubuh pun akan semakin meningkat.

7. Melibatkan Seluruh Tubuh

Manfaat olahraga TRX baik bagi otot perut Anda. Sistem suspensi atau menggantung saat Anda melakukan gerakan olahraga ini, memicu otot perut Anda teraktivasi.

Tak hanya demikian, gerakan fungsional juga berarti bahwa banyak otot yang bekerja sama di saat yang bersamaan. Ini dapat memberi kesempatan untuk melatih tubuh secara keseluruhan.

Anda ingin membentuk otot, menurunkan berat badan, melatih fleksibilitas, atau meningkatkan ketahanan? TRX dapat menjadi latihan yang tepat untuk Anda.

Artikel Lainnya: Praktis, Ini Cara Membentuk Otot Lengan Tanpa ke Gym

4 dari 5 halaman

8. Mengurangi Risiko Cedera

Latihan suspensi TRX memiliki dampak rendah sehingga tidak menekan sendi Anda bekerja terlalu  ekstra. Dengan demikian, risiko cedera akan menurun.

Kegunaan olahraga TRX ini memudahkan Anda untuk dapat latihan dengan giat, tanpa menyebabkan atau semakin memperburuk suatu cedera yang sudah ada. 

9. Olahraga yang Berbeda

Pergi ke gym terkadang bisa sangat membosankan. Latihan yang dirasa monoton tentu membuat Anda mencari motivasi tambahan dengan program ini.

Nah, Anda dapat memanfaatkan olahraga TRX. Jenis olahraga ini mudah dikombinasikan dengan latihan rutin agar latihan menjadi lebih berwarna. Hal ini dapat membuat Anda bersemangat dan menantikan untuk olahraga kembali.

Cukup banyak, bukan, manfaat olahraga TRX? selain membakar lemak, Anda juga dapat membangun massa otot, meningkatkan kebugaran kardiorespirasi, hingga membuat Anda berkumpul dengan komunitas TRX untuk bersosialisasi dan bersenang-senang bersama.

Dengan mengombinasikan latihan suspensi TRX dengan aktivitas lain, Anda bisa mendapatkan olahraga yang baru dengan cara yang menyenangkan. Dapatkan informasi kesehatan menarik lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui Live Chat 24 Jam.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar