Sukses

Ingin Berat Badan Ideal di Tahun 2019? Coba Tips Ini

Masih belum mencapai berat badan ideal Anda? Yuk, lakukan beberapa hal ini untuk langsIng di tahun yang baru.

Klikdokter.com, Jakarta Berat badan ideal adalah impian setiap orang. Tidak hanya untuk penampilan,berat badan yang ideal juga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. Berat badan berlebih meningkatkan risiko Anda untuk mengalami berbagai komplikasi kesehatan, seperti sakit jantung dan pembuluh darah.

Apa saja tips agar Anda dapat mencapai berat badan ideal di tahun baru ini? Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Kurangi kalori Anda secara bertahap

Anda dapat mengurangi kalori yang Anda makan secara bertahap. Anda dapat memotong asupan kalori Anda hanya dengan 100 kalori per hari.

Anda bisa mulai dengan mengurangi asupan makanan Anda secara bertahap, misalkan mengurangi porsi nasi yang Anda makan secara bertahap. Selanjutnya, Anda dapat meningkatkan pengurangan kalori tersebut pada minggu berikutnya.

  • Perhatikan komposisi makanan Anda

Apakah Anda sudah tahu komposisi makanan yang baik? Apakah makanan Anda sebagian besar mengandung karbohidrat saja? Usahakan agar makanan Anda terdiri dari karbohidrat sebanyak 50-60 persen, lemak 20-25 persen, dan protein 10-15 persen.

Pilihlah sumber karbohidrat kompleks seperti gandum, dan kurangi konsumsi gula sederhana yang mudah dicerna. Kurangi asupan lemak jenuh, yang sering didapatkan pada makanan yang digoreng. Lemak jenuh, terutama dari daging merah dan daging olahan, dapat meningkatkan LDL (kolesterol buruk).

Untuk membatasi asupan Anda, pilih daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit, dan produk susu tanpa lemak atau rendah lemak. Ada baiknya juga untuk mengganti lemak jenuh dengan lemak baik, yang ditemukan dalam kacang, ikan, dan minyak sayur.

Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran. Selain badan menjadi sehat, kesehatan tubuh juga akan lebih terjaga. Tubuh pun terbebas dari berbagai risiko penyakit kanker.

  • Buatlah buku harian

Agar Anda lebih teratur dalam menjaga pola makan Anda, buatlah buku pola makan yang berisi daftar harian makanan yang Anda makan. Hitunglah jumlah kalori makanan yang Anda.

Pastikan Anda menyertakan semua camilan Anda. Anda dapat menuliskan apa saja komposisi makanan yang Anda makan untuk makan Anda sehari-hari. Dengan mencatat secara detail, Anda dapat melihat apakah komposisi diet yang ada dalam makanan Anda sudah tepat.

Setelah mendapatkan data yang benar tentang seperti apa pola makan yang dijalani, Anda dapat melihat bagian mana yang masih perlu diubah. Mulailah dengan yang paling mudah, bisa saja dengan menukar sepiring nasi dengan roti gandum untuk sarapan Anda.

  • Jangan mengandalkan suplemen

Suplemen tidak dapat menggantikan diet yang sehat. Makanan juga menyediakan berbagai vitamin dan mineral yang siap digunakan secara efisien dalam tubuh. Namun, bagi banyak orang pil multivitamin dapat menyediakan beberapa nutrisi yang tidak didapatkan dari makanan yang mereka makan.

Selain itu, banyak orang membutuhkan kalsium serta suplemen vitamin D untuk memenuhi asupan yang direkomendasikan. Namun, jangan termakan iklan vitamin dan mengabaikan kandungan makanan Anda yang sebenarnya.

Jadi, Anda siap untuk menjadi lebih sehat dan memiliki berat badan ideal di tahun 2019? Mulailah dengan mengontrol asupan makanan sehari-hari Anda. Selain itu, rutinlah berolahraga setiap hari, setidaknya empat hingga lima kali seminggu. Selamat menyambut tahun baru dengan pola hidup yang lebih sehat.

[HNS/ RVS]

1 Komentar

  • Muhamad Yunus

    Dok saya mau tanya.. Sya haid udh lebih dri 3 minggu ga brenti2 itu knpa ya dok terimaksih jwbanya....