Sukses

Aturan Makan Minum Sebelum dan Sesudah Olahraga

Masih bingung mengenai aturan makan dan minum sebelum serta sesudah olahraga? Simak artikel berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban. Semakin banyak orang yang meminati aneka jenis olahraga, seperti lari, bersepeda, yoga, maupun olahraga di pusat-pusat kebugaran. Tidak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga berdampak positif untuk kesehatan mental. Namun agar aktivitas olahraga yang Anda lakukan  bisa lebih optimal, perlu didukung dengan aturan makan dan minum yang tepat.

Manfaat rutin berolahraga

Selama dan setelah berolahraga, Anda akan merasa senang juga bahagia, apalagi jika melakukannya bersama keluarga atau teman-teman. Olahraga dapat meningkatkan mood sekaligus meredakan stres, kecemasan, dan depresi.

Selain itu, olahraga juga menjadi salah satu jurus utama untuk mengurangi berat badan, selain dengan menjaga pola makan. Kombinasi olahraga kardio/aerobik dan angkat beban dapat secara efektif membantu Anda membakar lemak lebih banyak. Angka timbangan Anda pun dapat semakin bergeser ke kiri.

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. Dengan rutin berolahraga, massa otot dan kekuatan tulang akan tetap terjaga. Hal ini sangat penting untuk bekal masa tua, yakni terjadinya penurunan massa otot dan tulang.

Merasa mudah lelah dan tidak punya energi lebih untuk melakukan banyak hal? Cobalah rutin berolahraga, level energi Anda akan meningkat, Anda pun tidak mudah lelah dan lebih produktif. Anda yang mengalami insomnia pun bisa lebih relaks dan lebih mudah terlelap jika rutin berolahraga.

Olahraga dapat membantu menurunkan risiko mengidap penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi Anda dari mengalami pikun dini.

1 dari 3 halaman

Aturan makan minum untuk olahraga

Belum banyak yang tahu aturan makan dan minum yang benar sebelum maupun sesudah berolahraga. Nutrisi dan olahraga adalah dua hal yang saling terkait dan memengaruhi satu sama lain. Dengan mengetahui aturan makan dan minum yang benar, Anda bisa mendapatkan manfaat olahraga dengan lebih optimal.

Makan atau tidak makan sebelum berolahraga menentukan hasil olahraga yang ingin Anda capai. Sumber energi utama tubuh yang digunakan untuk berolahraga adalah karbohidrat dan lemak.

Apabila Anda tidak makan sebelum berolahraga, tubuh akan membakar lemak lebih banyak selama berolahraga, karena tubuh tidak mendapatkan suplai karbohidrat yang cukup dari makanan.

Meskipun demikian, berbagai penelitian yang dilakukan belum dapat membuktikan bahwa berolahraga tanpa makan terlebih dahulu dapat menurunkan berat badan dan menurunkan lebih banyak lemak ketimbang makan sebelum berolahraga.

2 dari 3 halaman

Nutrisi pengaruhi performa olahraga

Ingin performa olahraga lebih baik, apakah sebaiknya makan atau tidak makan sebelum berolahraga? Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan bermakna pada performa olahraga yang dilakukan kurang dari satu jam – baik Anda makan atau tidak makan sebelum berolahraga. Hal ini disebabkan tubuh masih dapat menggunakan energi cadangan untuk berolahraga.

Lain halnya apabila Anda ingin melakukan olahraga dengan durasi panjang (lebih dari satu jam) seperti maraton, Anda disarankan makan terlebih dahulu untuk mencukupi suplai energi yang dibutuhkan.

Makan terlebih dahulu sebelum olahraga dengan durasi panjang - terutama makanan yang mengandung karbohidrat - terbukti dapat meningkatkan performa olahraga.

Anda disarankan untuk mengonsumsi makan besar yang mengandung karbohidrat 3-4 jam sebelum berolahraga. Makanan kecil yang mengandung karbohidrat juga dapat dikonsumsi 1 jam sebelum berolahraga.

Makan setelah olahraga

Makan atau tidak makan sebelum olahraga, itu tergantung dari tujuan dan jenis olahraga yang Anda lakukan. Namun demikian, makan setelah berolahraga harus dilakukan – terlepas dari tujuan dan jenis olahraga yang Anda lakukan.

Makan dan minum setelah olahraga sangat penting untuk mengembalikan energi dan mereparasi otot yang mungkin rusak saat Anda berolahraga, terlebih lagi jika Anda tidak makan sebelum berolahraga.

Berbagai penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung campuran karbohidrat dan protein sesaat sebelum olahraga dapat membantu memulihkan energi dan otot setelah berolahraga. Jika memungkinkan, Anda disarankan untuk segera mengonsumsi protein dan karbohidrat dalam 30 menit setelah berolahraga (misalnya susu cokelat atau susu protein khusus olahraga). Namun jika sulit, setidaknya Anda sudah melakukan hal tersebut dalam 2 jam setelah berolahraga.

Jadi, Bagaimana sebenarnya aturan makan dan minum untuk menunjang aktivitas olahraga?

Sebenarnya makan atau tidak makan sebelum olahraga tergantung dari kebutuhan masing-masing orang. Apabila akan melakukan olahraga yang durasinya lebih dari satu jam, Anda disarankan makan terlebih dahulu.

Namun apabila hanya berolahraga kurang dari satu jam, dikembalikan lagi kepada kebiasaan dan preferensi masing-masing individu.

Meskipun demikian, harus diingat bahwa makan setelah olahraga adalah wajib hukumnya. Nutrisi – terutama protein dan karbohidrat – sangat penting untuk memperbarui otot dan cadangan energi yang digunakan selama berolahraga.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar