Sukses

Aturan Makan Minum Sebelum dan Sesudah Olahraga

Masih bingung mengenai aturan makan dan minum sebelum serta sesudah olahraga? Simak artikel berikut ini.

Nutrisi dan olahraga adalah dua hal yang sangat penting untuk kesehatan. Bahkan keduanya saling memengaruhi satu sama lain. Nutrisi yang baik dapat menjadi energi untuk berolahraga serta memperbaiki jaringan yang rusak.

Pertanyaan yang paling sering dilontarkan adalah: kapan sebaiknya waktu yang baik untuk makan? Apakah sebelum atau sesudah olahraga?

Sebetulnya, waktu makan sebelum dan setelah olahraga sama baiknya. Oleh sebab itu, Anda tidak salah bila makan di antara dua waktu ini.

Namun sebelumnya, mari ketahui dulu aturan makan dan minum sebelum serta setelah olahraga.

 

1 dari 3 halaman

Aturan Makan dan Minum Sebelum Olahraga

Makan sebelum olahraga berfungsi untuk memberikan energi bagi tubuh sehingga aktivitas olahraga yang akan Anda lakukan menjadi lebih efisien.

Agar asupan makanan dan minuman sebelum olahraga menjadi lebih efisien, lakukan hal-hal berikut ini:

  • Jangan Mulai Olahraga dengan Perut Kosong

Bila Anda mulai berolahraga tanpa mengonsumsi apa pun, ini bagaikan kendaraan yang tidak punya bensin. Olahraga Anda juga akan menjadi lebih melelahkan atau Anda terfokus pada rasa lapar.

Bukannya membakar lemak, malah protein dalam tubuh yang akan terkuras sehingga otot menjadi tidak terbentuk.

  • Perhatikan Asupan Makanan yang Dikonsumsi

Konsumsilah makanan ringan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, gandum utuh, serta sayur dan buah dengan indeks glikemik rendah. Makanan-makanan ini mudah dicerna dan memberikan energi berkelanjutan.

Jika Anda olahraga pagi-pagi sekali dan tidak bisa menyiapkan snack olahraga, cobalah makan snack sebelum tidur dan pastikan Anda minum di pagi hari.

Artikel Lainnya: Camilan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Sebelum Olahraga

  • Hindari Mengonsumsi Sarapan atau Snack Dalam Porsi Besar

Protein dan lemak tidak dapat dicerna dengan mudah dan bisa membuat perut Anda terasa penuh.

Jika ingin mengonsumsi protein, coba kombinasikan Greek yoghurt atau selai kacang alami dengan karbohidrat kompleks. Namun, tetap pertahankan porsi yang tidak terlalu besar.

  • Minum Air yang Cukup Sebelum Mulai dan Saat Olahraga

Hidrasi yang baik mencegah kelelahan dan menjaga kadar energi stabil selama olahraga. Sebaiknya minum air putih saja karena sports drink biasanya mengandung kadar gula yang cukup banyak.

2 dari 3 halaman

Aturan Makan dan Minum Setelah Olahraga

Sebelum olahraga, Anda membutuhkan makanan yang akan membantu tubuh lebih bertenaga saat melakukan aktivitas fisik yang satu ini. Lantas, apa fungsi makan atau minum sesudah Anda berolahraga?

Usai olahraga, tubuh butuh asupan nutrisi agar bisa memperbaiki sel yang rusak serta membangun otot.

Agar tidak salah, perhatikan aturan makan dan minum setelah olahraga berikut ini:

  • Perhatikan Waktu Makan dan Minum

Anda dianjurkan makan dalam 30-60 menit setelah olahraga. Memperhatikan waktu makan setelah olahraga sangat penting, karena makanan membantu proses recovery.

Tidak makan setelah olahraga justru akan memberikan hasil yang tidak baik dan meningkatkan risiko cedera di olahraga berikutnya.

  • Perhatikan Nutrisi Makanan Tersebut

Aturan makan berikutnya setelah berolahraga adalah perhatikan kandungan makanan yang Anda konsumsi. Selain protein, penting juga untuk mengonsumsi lemak baik. Kandungan ini idealnya harus selalu ada dalam menu makanan setelah olahraga.

Tidak hanya untuk mengembalikan energi yang telah terbuang, lemak baik juga membantu proses penyembuhan sendi dan otot.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Semangka setelah Olahraga, Apa Saja?

  • Hindari Konsumsi Makanan Olahan

Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan olahan setelah berolahraga. Agar pemulihan tubuh bisa berlangsung dengan baik, konsumsilah makanan yang kaya nutrisi supaya sel-sel tubuh bisa bekerja dengan baik dan mencegah cedera serta berbagai penyakit.

  • Hindari Makan Berlebih

Aturan makan dan minum setelah berolahraga yang tidak kalah penting adalah cermati porsi asupan yang akan dikonsumsi. Ingat pula tujuan awal Anda berolahraga.

Jika target Anda berolahraga adalah untuk menurunkan berat badan, maka pastikan kalori yang dikonsumsi setelah olahraga tidak berlebih.

Jangan kalap makan waktu selesai olahraga, karena hal itu akan membuat latihan Anda menjadi tidak berguna.

  • Jangan Lupa Minum Setelah Olahraga

Selama olahraga, cairan tubuh banyak terbuang melalui keringat dan memastikan hidrasi tercukupi adalah hal yang wajib. Maka dari itu, Anda perlu mengganti cairan tubuh yang hilang tersebut.

Ingatlah bahwa air putih lebih baik dikonsumsi ketimbang sports drink. Minuman olahraga cenderung mengandung gula yang banyak, jadi pilihlah air putih setelah Anda berolahraga.

Kini Anda sudah tahu, kan, apa saja aturan makan dan minum sebelum serta setelah olahraga? Jangan lupa imbangi olahraga teratur Anda dengan pola tidur yang baik, ya. Dengan begitu, pemulihan setelah olahraga menjadi lebih maksimal.

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar gaya hidup sehat dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar