Sehat dan Bugar

Trik Tetap Langsing untuk si Penggemar Wisata Kuliner

dr. Valda Garcia, 22 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apakah Anda penggemar wisata kuliner? Jika iya, inilah trik agar tetap langsing meski gemar berwisata kuliner.

Trik Tetap Langsing untuk si Penggemar Wisata Kuliner

Wisata kuliner adalah hobi yang sangat menyenangkan. Anda dapat mencoba berbagai jenis kudapan yang lezat dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, jangan sampai hobi ini malah menyebabkan berat badan Anda ikut naik.

Sebab, kelebihan berat badan adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga postur tubuh tetap ideal. Bagi Anda yang hobi makan tapi ingin tetap kurus, beberapa trik ini bisa dicoba agar tetap langsing selama menjalankan hobi wisata kuliner Anda:

1. Buatlah Jadwal untuk Makan

Hindarilah makan di luar jam makan Anda, apalagi ngemil yang tidak sehat. Perlu Anda ketahui, cara agar tetap langsing walaupun makan banyak adalah dengan menghindari makan camilan di sela-sela jam makan. Jadi, buatlah jadwal makan dan patuhi jadwal tersebut. 

2. Pilih Camilan yang Tepat

Selain membuat jadwal makan, bagi Anda yang hobi makan tapi ingin tetap kurus, hindari makan camilan yang tidak sehat.

Jika Anda sedang ingin ngemil, pilihlah buah-buahan segar sebagai kudapan. Dengan cara ini, Anda dapat melakukan wisata kuliner pada jam makan besar Anda.

3. Tetap Perhatikan Keseimbangan Gizi

Ingin tahu rahasia makan banyak tapi tetap kurus? Tetap perhatikan keseimbangan gizi pada makanan yang dikonsumsi. Jika hendak berwisata kuliner, ini menjadi salah satu hal penting untuk Anda perhatikan.

Jika Anda sudah mengonsumsi makanan kaya protein hari ini, jangan lupakan buah dan sayuran.

4. Tingkatkan Konsumsi Serat

Apabila Anda sedang berkuliner, tetap upayakan konsumsi makanan tinggi serat, ya. Ini dilakukan agar kenyang yang dirasakan lebih lama sehingga Anda terhindar dari makan berlebih.

5. Hindari Porsi Besar

Ketika Anda ingin mencoba beberapa jenis makanan di waktu bersamaan, sebaiknya pilihlah porsi kecil atau bagi porsi dengan partner Anda.

Ini dapat membantu Anda yang hobi makan tapi ingin tetap kurus untuk menjaga asupan kalori agar tidak berlebih.

6. Hindari Makanan yang Diolah dengan Cara Digoreng

Saat melakukan wisata kuliner, pilihlah jenis makanan yang sehat. 

Hindari makanan dengan kandungan lemak yang tinggi, seperti makanan yang digoreng. Walaupun terasa lezat, makanan dengan kandungan minyak yang tinggi tidak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

7. Hindari Karbohidrat Sederhana

Tips makan banyak tapi tetap kurus berikutnya adalah dengan memperhatikan komposisi makanan Anda. 

Usahakan setiap kali Anda makan ada unsur karbohidrat (roti gandum, kentang). Sebaliknya, hindari karbohidrat sederhana seperti makanan yang mengandung gula tinggi.

Artikel Lainnya: Mengintip Bahaya pada Jajanan Tradisional

Mengapa karbohidrat sederhana tidak baik untuk kesehatan? Karbohidrat sederhana hanya terdiri dari satu (monosakarida) atau dua molekul gula (disakarida). Karena bentuknya yang sederhana, gula jenis ini sangat cepat dicerna. Setelah karbohidrat sederhana ini dimakan, kadar gula akan naik dengan cepat.

8. Berolahraga Rutin

Jika Anda termasuk orang yang hobi makan tapi ingin tetap kurus, jangan lupakan olahraga. Setelah seharian berwisata kuliner, sempatkan untuk berolahraga.

Dengan berolahraga, Anda sudah membakar kalori yang masuk dan dapat mempertahankan berat badan Anda.

Tidak hanya saat berwisata kuliner, olahraga juga sebaiknya dilakukan secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

9. Pilih Olahraga yang Tepat untuk Membakar Kalori

Apa jenis olahraga yang disarankan untuk Anda, pencinta kuliner? Anda dapat mencoba olahraga jenis aerobik, seperti berlari, joging, atau berenang.

Olahraga aerobik membakar kalori dan dapat mempertahankan berat badan Anda agar tetap stabil. Anda dapat berolahraga selama 30 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

10. Aktif Bergerak

Selain olahraga, usahakan untuk tetap aktif bergerak. Hindari duduk dalam waktu lama. Anda dapat menyiasati dengan berjalan kaki di tengah aktivitas Anda. 

Jika Anda hobi makan tapi ingin tetap kurus, lakukanlah kiat-kiat yang telah disebutkan di atas. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir mengalami kenaikan berat badan saat berwisata kuliner. Pastikan Anda tetap memilih jenis makanan yang sehat dan aktif berolahraga untuk mempertahankan berat badan ideal.

Informasi menarik lain seputar gaya hidup sehat bisa Anda peroleh di aplikasi Klikdokter. Jangan lupa unduh aplikasinya, ya!

[WA]

Berat BadanLangsing

Konsultasi Dokter Terkait