Kesehatan Umum

Lakukan dari Sekarang, 9 Resolusi Sehat Tahun Baru Anda

Krisna Octavianus Dwiputra, 27 Des 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tahun baru segera datang. Mulai sekarang, jalankan resolusi sehat Anda untuk tubuh yang lebih bugar di tahun depan.

Lakukan dari Sekarang, 9 Resolusi Sehat Tahun Baru Anda

Tahun 2019 akan segera tiba dalam hitungan hari. Tak sekadar pergantian kalender, tahun baru dapat berarti semangat baru dan resolusi baru. Salah satu resolusi yang wajib dibuat adalah soal kesehatan Anda. Mulai dari sekarang, Anda dapat memikirkan dan mencatat resolusi sehat dan konkret apa yang ingin dicapai di tahun baru.

Nah, pernahkah Anda memikirkan resolusi sehat Anda untuk tahun depan? Mungkin beberapa hal di bawah ini bisa menjadi inspirasi Anda memiliki resolusi sehat di tahun 2019.

  1. Tetapkan satu tujuan setiap bulan

Tidak perlu membuat target yang muluk-muluk. Satu tujuan per bulan bisa membantu Anda menepati resolusi Anda secara perlahan.

Angela Kim, pelatih pribadi bersertifikat di Ellicott City, Maryland, Amerika Serikat, mencontohkan, Anda bisa memulai dengan bertekad mengurangi konsumsi gula pada Januari, lalu membatasi makan nasi pada Februari. Di akhir bulan, renungkan apa yang berhasil dan apa yang tidak. Untuk tujuan yang tidak terpenuhi, evaluasi mengapa mereka tidak terpenuhi.

“Jadilah mentor Anda sendiri untuk perbaikan yang ingin Anda lakukan,” kata Kim. “Jika Anda berhasil pada akhir bulan, teruskan resolusi itu, jika perlu, tambahkan yang baru.”

  1. Pilih latihan yang sesuai dengan jadwal Anda

Orang sering melewatkan olahraga dengan alasan sibuk. Mulai tahun depan, Sesuaikan jadwal Anda. "Olahraga bisa dilakukan di sela-sela aktivitas Anda, bukan sepanjang hari,” kata Lacey Stone, pelatih pribadi di Los Angeles, California.

Pilihlah waktu olahraga sesuai dengan jadwal Anda, misalnya sebelum bekerja atau saat makan siang. Olahraga pun bisa dilakukan di banyak tempat, seperti gym, di ruangan kantor, atau taman. Rencanakan waktunya, bisa tiga kali seminggu atau setiap hari. Pokoknya, Anda bisa melakukannya secara berkesinambungan.

  1. Buat kalender olahraga mandiri

Agar membuatnya lebih konkret, buatlah kalender olahraga Anda di atas kertas. “Siapkan kalender olahraga Anda untuk menulis aktivitas, durasi, dan lokasi untuk setiap hari program olahraga Anda. Setiap kali Anda menyelesaikan olahraga, tambahkan bintang emas atau stiker pada hari itu untuk membantu melacak dan melihat secara visual kemajuan yang Anda capai,” ujar Anna Kaiser, seorang pelatih pribadi dari New York City.

Selanjutnya

  1. Konsumsi air putih cukup

Anda semua tahu betapa pentingnya minum air putih bagi kesehatan. Para ahli menyarankan Anda semua untuk minum 2 liter per hari.

"Jika Anda kesulitan untuk minum air sepanjang hari, mulailah pagi Anda dengan segelas ai putih, lalu bawalah botol air untuk dibawasepanjang hari," ujar Maya F. Bach, MPH, RDN, ahli gizi di Chicago, Illinois.

  1. Jadwalkan waktu berdiri

Bagi Anda yang biasa duduk berjam-jam di depan laptop atau computer, berdiri bisa menyelamatkan hidup Anda. "Berdiri mampu membangunkan tubuh dan menyalakan kelompok otot terbesar," kata Shana Schneider, instruktur kebugaran bersertifikasi di New Haven, Amerika Serikat.

Terlalu banyak duduk telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan kanker jenis tertentu. Cari kesempatan untuk berdiri. Misalnya, ketika Anda bertemu seorang teman untuk minum kopi, atau berdirilah di sebelah meja tinggi daripada duduk.

  1. Tingkatkan nutrisi dalam satu kali makan

Jangan memikirkan bahwa setiap aktivitas makan Anda akan bernutrisi. Cobalah perlahan dengan meningkatkan nutrisi Anda dalam satu kali makan. Misalnya, perbaiki nutrisi Anda pada saat sarapan. Anda bisa menambahkan secangkir blueberry yang kaya vitamin C ke dalam oatmeal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda suka telur, berikan potong dadu tomat untuk meningkatkan kesehatan jantung.

“Segera setelah Anda konsisten menambahkan sayuran dan buah ke salah satu makanan Anda, setelah beberapa bulan, Anda akan makan lebih banyak buah dan sayuran daripada sebelumnya,” kata Christy Brissette, MS, RD, ahli diet terdaftar di 80 Twenty Nutrition di Chicago, Illinois.

Selanjutnya (2)

  1. Sikat gigi Anda tiga kali sehari

Mulut yang sehat berarti tubuh yang sehat. "Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ada hubungan antara kesehatan mulut dan kesehatan secara umum," kata Jeffrey Sulitzer, DMD, dokter gigi utama dan kepala petugas klinis di SmileDirectClub di Portland, Oregon.

Sikat gigi tiga kali sehari, menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi dengan fluoride baik untuk mengurangi peradangan dan mencegah penyakit gusi, serta banyak penyakit lainnya juga.

  1. Tidur cukup

Beberapa ahli percaya bahwa tidur cukup sekitar 6-8 jam setiap malam akan membuat tubuh Anda lebih bugar. Untuk mendapatkan tidur yang baik, berhentilah memakai  ponsel atau tablet satu jam sebelum tidur. Pastikan juga ruang tidur atau kamar Anda gelap. Tidur dengan lampu mati akan membuat ritme tubuh Anda baik. Sementara tidur dengan keadaan lampu menyala bisa mengganggu hormon.

  1. Ganti camilan Anda

Jika biasanya Anda ngemil makanan yang tidak sehat, yang mengandung penyedap rasa dan gorengan, mulai kini pilih makanan yang lebih sehat, seperti buah atau sayur.

Menurut Katherine Brooking MS, RD,pendiri Appetite for Health, beberapa camilan terbaik dan sederhana adalah pisang, apel, atau pir. Telur rebus juga baik. Satu telur hanya mengandung 70 kalori dan terdapat 6 gram protein untuk membantu Anda kenyang di antara waktu makan.

Menjadi sehat adalah dambaan setiap orang. Jadi, mulai tahun depan lakukanlah beberapa hal yang bisa membuat Anda lebih bugar dan berkomitmenlah dengan itu. Semoga deretan resolusi sehat di atas bisa bisa jadi inspirasi Anda di tahun baru. Dan akan lebih baik jika Anda sudah memulainya sejak sekarang, agar di tahun baru nanti resolusi sehat itu sudah langsung menjadi bagian dari gaya hidup sehat Anda dan keluarga.

[HNS/ RVS]

Tahun BaruOlahragaResolusiCamilanResolusi Sehat

Konsultasi Dokter Terkait