Sukses

5 Tips Tetap Sehat Saat Liburan di Hari Natal

Meski sedang liburan Natal, tapi jangan sampai lupa hidup sehat. Terapkan tips ini agar tetap sehat saat liburan.

Klikdokter.com, Jakarta Momen liburan Natal dan Tahun Baru banyak dimanfaatkan oleh para pekerja kantoran untuk mengambil cuti, entah ingin beristirahat saja di rumah atau berlibur. Bersenang-senang saat liburan seakan menjadi sebuah keharusan saat libur Natal dan Tahun Baru tiba. Meski demikian, Anda juga harus berusaha untuk tetap sehat saat liburan.

Berikut ini lima tips mudah agar liburan Anda tetap sehat dan menyenangkan!

1. Selalu bawa vitamin dan obat-obatan pribadi

Selain pakaian, gawai, uang, dan dokumen penting, bawa serta vitamin dan obat-obatan pribadi saat berlibur. Meski Anda menganggap diri Anda jarang sakit, tapi usahakan untuk membawanya. Tujuannya tentu saja untuk berjaga-jaga. Pasalnya, kondisi sehari-hari dengan kondisi saat berlibur bisa sangat berbeda.

Saat berlibur, biasanya Anda lebih akan lebih banyak mencoba makanan baru. Itulah kenapa, penting untuk membawa obat alergi (jika Anda punya alergi) dan obat sakit perut atau diare.

Selain itu, cuaca di lokasi liburan bisa berbeda, sehingga Anda mesti berjaga-jaga dengan membawa obat penurun demam atau obat batuk pilek. Supaya daya tahan tubuh tetap stabil meski kelelahan karena seharian mengeksplorasi banyak tempat, bawalah vitamin C dan vitamin penambah darah.

2. Bawa hand sanitizer, tisu kering, dan tisu basah

Agar tidak terinfeksi bakteri ataupun kuman, cuci tangan sebelum makan menggunakan air mengalir dan sabun. Namun, jika tidak ada air mengalir di dekat Anda, gunakan hand sanitizer. Sediakan juga tisu basah maupun tisu kering di dalam tas, terutama jika hendak buang air kecil ataupun besar. Antisipasi ini penting jika toilet tempat Anda berlibur kotor atau tak menyediakan tisu.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Mencukupi kebutuhan cairan

Terkadang, saking asyiknya berlibur, Anda lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan. Tubuh pun jadi berisiko mengalami dehidrasi. Jika tidak ditangani dengan baik, dehidrasi bisa sebabkan badan lemas dan parahnya, tak sadarkan diri. Oleh sebab itu, selalu bawa botol minum berisi air, dan jangan hanya minum air saat Anda merasa kehausan. Sebab, meminum banyak air dalam satu waktu sekaligus hanya akan membuat kondisi perut menjadi kembung dan tidak nyaman.

Minum air putih juga bisa menghindarkan Anda dari sembelit saat bepergian. Apalagi saat liburan, biasanya frekuensi makan sayur dan buah akan menurun karena lebih tergoda menyantap hidangan daging ataupun hidangan berkalori tinggi lainnya. Selain air putih, Anda juga minum jus buah tanpa pemanis tambahan atau air kelapa.

4. Jika memungkinkan, vaksinasi dulu

Salah satu cara efektif melindungi tubuh dari penyakit adalah dengan vaksinasi, apalagi jika Anda bepergian ke tempat-tempat yang terjangkit wabah penyakit tertentu. Jadi, kunjungi dokter Anda sebelum berangkat berlibur, dan pastikan Anda mendapat vaksinasi yang diperlukan untuk mencegah tertular penyakit di lokasi yang Anda kunjungi.

5. Atur pola makan sehat dan jangan terlalu capek

Meski sedang liburan, tapi jangan sampai melewatkan sarapan. Upayakan juga untuk tetap disiplin waktu makan siang dan makan malam, dengan tetap memikirkan porsi pilihan makanan yang bergizi seimbang. Siapkan pula camilan dalam tas untuk mengganjal perut, jaga-jaga Anda terlambat makan (khususnya Anda yang punya kondisi mag).

Ingat, setelah berlibur Anda tetap harus kembali “dunia nyata” alias aktivitas sehari-hari. Oleh karenanya, bijaksanalah dalam mengelola energi dan tetap berhati-hati saat berlibur. Jangan sampai sepulangnya dari liburan, Anda malah jatuh sakit karena kelelahan atau menderita cedera tertentu.

Fokus liburan, seperti momen liburan Natal dan Tahun Baru adalah relaksasi dan bersenang-senang. Namun, usahakan untuk tetap sehat saat liburan, dengan mengikuti tips sederhana yang dipaparkan di atas. Kalau liburan lancar dengan kondisi tubuh yang terjaga, tentunya Anda akan punya kenangan manis yang akan terus diingat. Selamat liburan!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar