Sukses

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati masalah kesehatan, mulai dari luka bakar hingga sariawan.

Lidah buaya, yang dikenal juga dengan aloe vera, adalah sejenis tumbuhan sukulen asli Afrika Utara, Eropa Selatan, dan Kepulauan Canary. Umumnya tanaman ini tumbuh di area yang udaranya kering dan tropis, seperti di Indonesia.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan sudah terbukti sejak ribuan tahun lalu. Karena itulah, lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan alami dalam industri kosmetik dan farmasi.

Lalu, apa sajakah manfaat lidah buaya untuk kesehatan?

1 dari 6 halaman

1. Mengobati Luka Bakar

Lidah buaya banyak digunakan untuk mengobati luka bakar secara topikal, dengan cara dioleskan ke kulit. Bahkan, sejak tahun 1959 badan FDA Amerika Serikat menyetujui penjualan salep lidah buaya secara bebas untuk meredakan luka bakar.

Berdasarkan penelitian, lidah buaya terbukti efektif mengobati luka bakar derajat satu dan dua. Penggunaan lidah buaya ditemukan dapat mempercepat waktu penyembuhan luka bakar hingga sembilan hari, jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional.

Artikel Lainnya: Lidah Buaya, Bahan Alami untuk Melawan Diabetes

2. Meredakan GERD

Gastroesophageal reflux (GERD) merupakan gangguan pencernaan yang sering mengakibatkan mual, muntah, atau rasa terbakar pada ulu hati.

Sebuah penelitian tahun 2010 menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 hingga 3 ons gel lidah buaya pada waktu makan dapat mengurangi derajat keparahan GERD. Hal ini juga dapat meredakan masalah terkait pencernaan lainnya karena dianggap aman dan lembut untuk sistem pencernaan.

2 dari 6 halaman

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Dikutip dari sebuah penelitian yang dimuat di International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, mengonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya per hari dapat menyebabkan kadar gula darah turun pada penderita diabetes tipe 2.

Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa lidah buaya bisa menjadi pilihan pengobatan diabetes di masa yang akan datang.

4. Mengurangi Plak Gigi

Plak gigi merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu penampilan, serta menyebabkan gigi berlubang apabila dibiarkan menumpuk. Maka penumpukan plak gigi perlu dicegah, salah satunya dengan rutin menggunakan obat kumur.

Sebuah studi membandingkan obat kumur standar yang mengandung chlorhexidine dengan berkumur menggunakan jus lidah buaya. Hasilnya, penggunaan keduanya  sama-sama efektif. Berkumur dengan lidah buaya dapat membunuh bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan plak gigi serta jamur Candida albicans.

Artikel Lainnya: 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut si Kecil

3 dari 6 halaman

5. Menangani Sariawan

Sariawan sering kali muncul di bawah bibir serta bagian dalam mulut, dan biasanya berlangsung selama 7-10 hari.

Studi membuktikan bahwa penggunaan lidah buaya efektif mengurangi peradangan dan ukuran sariawan. Selain itu, lidah buaya dapat menurunkan rasa nyeri yang cukup menyiksa akibat sariawan.

6. Memperlambat Penuaan Kulit

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit adalah dapat memperlambat penuaan.

Sebuah studi yang dilakukan pada wanita di atas 45 tahun menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Penggunaan gel lidah buaya selama 90 hari ditemukan meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit.

4 dari 6 halaman

7. Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat lidah buaya adalah mampu mengatasi jerawat. Lidah buaya memiliki sifat antibakterial sehingga dapat mencegah bakteri menginfeksi pori-pori kulit.

Lidah buaya juga membantu membuang kotoran dan kelebihan minyak dari kulit. Bagi Anda yang sudah berjerawat, pemakaian lidah buaya membantu regenerasi kulit sehingga mencegah munculnya bekas luka.

8. Berpotensi Melawan Kanker Payudara

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine melihat sifat terapeutik aloe emodin, senyawa dalam lidah buaya.

Artikel Lainnya: Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok

Peneliti mengklaim bahwa lidah buaya menunjukkan potensi dalam memperlambat pertumbuhan kanker payudara. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan hal tersebut.

5 dari 6 halaman

9. Mengatasi Kerontokan Rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut juga sangat besar. Perlu diketahui bahwa kerontokan rambut dapat menyebabkan kebotakan, atau bahasa medisnya alopecia. Studi tahun 2010 menemukan bahwa penggunaan lidah buaya pada rambut dapat membantu mengatasi masalah ini.

Bahkan, tanda awal pertumbuhan rambut sudah dapat diamati dalam lima hari pemakaian lidah buaya.

10. Melancarkan Pencernaan

Walaupun kebanyakan manfaat lidah buaya didapatkan dari gel atau cairan yang terkandung dalam tanaman ini, masih ada bagian lainnya yang berkhasiat.

Lateks (residu berwarna kuning dan lengket yang bisa ditemukan di bawah area terluar daun lidah buaya) diketahui dapat membantu mengatasi konstipasi. Hal ini disebabkan kandungan aloin atau barbaloin di dalamnya, yang memiliki efek pencahar alami.

Demikianlah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan, di samping dapat menjadi tanaman hias.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda berencana menggunakan lidah buaya untuk pengobatan, terutama jika sedang menjalani pengobatan medis. Semoga bermanfaat!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar