Diet dan Nutrisi

13 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 17 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Lidah buaya terbukti menyimpan berbagai fungsi bagi kesehatan. Apa manfaat lidah buaya untuk tubuh kita? Yuk, simak lengkapnya di sini.

13 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Lidah buaya alias Aloe vera adalah sejenis tumbuhan sukulen asli Afrika Utara, Eropa Selatan, dan Kepulauan Canary. Umumnya, tanaman ini tumbuh di area beriklim tropis kering, seperti Indonesia.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan, seperti merawat kulit dan rambut, obat luka bakar alami, hingga pelancar pencernaan sudah terbukti sejak lama. Karena itu, lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan alami dalam industri kosmetik dan farmasi.

Untuk lebih lengkapnya, simak 13 manfaat lidah buaya untuk kesehatan berikut:

1. Mengobati Luka Bakar

Lidah buaya banyak digunakan untuk mengobati luka bakar secara topikal dengan cara dioleskan ke kulit. 

Bahkan, sejak tahun 1959, Food and Drug Administration, Amerika Serikat menyetujui penjualan salep lidah buaya secara bebas untuk meredakan luka bakar.

Berdasarkan penelitian, lidah buaya terbukti efektif mengobati luka bakar derajat satu dan dua. Penggunaan lidah buaya ditemukan dapat mempercepat waktu penyembuhan luka bakar hingga sembilan hari. Hal ini jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional.

Artikel lainnya: Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Sehat

2. Meredakan GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) alias penyakit asam lambung adalah gangguan pencernaan yang sering menimbulkan mual, muntah, maupun rasa terbakar pada ulu hati.

Sebuah riset tahun 2010 menunjukkan bahwa mengonsumsi 28 hingga 85 gram gel lidah buaya saat makan dapat mengurangi tingkat keparahan GERD. 

Tak hanya itu, fungsi lidah buaya juga dapat meredakan masalah pencernaan lainnya. Soalnya, herba ini dianggap aman dan ramah untuk sistem pencernaan.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Menurut studi yang dimuat International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, mengonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya per hari dapat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 2.

Tidak menutup kemungkinan lidah buaya bisa menjadi pilihan pengobatan diabetes di masa yang akan datang.

4. Mengurangi Plak Gigi

Selain mengganggu penampilan, plak gigi dapat menimbulkan gigi berlubang apabila dibiarkan menumpuk. Karenanya, penumpukan plak gigi perlu dicegah, salah satunya dengan rutin menggunakan obat kumur.

Sebuah penelitian membandingkan khasiat obat kumur standar yang mengandung chlorhexidine dengan jus lidah buaya. Hasilnya, penggunaan keduanya sama-sama efektif. Berkumur dengan lidah buaya dapat membunuh bakteri Streptococcus mutans maupun jamur Candida albicans yang menyebabkan plak gigi.

5. Menangani Sariawan

Sariawan sering kali muncul di bawah bibir serta bagian dalam mulut. Biasanya sariawan berlangsung selama 7-10 hari.

Riset membuktikan bahwa khasiat lidah buaya efektif mengurangi peradangan dan ukuran sariawan. Selain itu, lidah buaya dapat menurunkan rasa nyeri yang cukup menyiksa akibat sariawan.

Artikel lainnya: Khasiat Ajaib Lidah Buaya untuk Kesehatan Rongga Mulut

6. Memperlambat Penuaan Kulit

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit adalah memperlambat penuaan. Sebuah studi yang dilakukan pada wanita di atas 45 tahun menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. 

Penggunaan gel lidah buaya selama 90 hari dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit.

7. Mengatasi Jerawat

Khasiat lidah buaya untuk kesehatan berikutnya, yaitu mampu mengatasi jerawat. Sifat antibakteri lidah buaya dapat mencegah bakteri menginfeksi pori-pori kulit.

Lidah buaya juga membantu membuang kotoran dan kelebihan minyak dari kulit. Bagi kamu yang berjerawat, pemakaian lidah buaya bisa membantu regenerasi kulit sehingga mencegah munculnya bekas luka.

8. Berpotensi Melawan Kanker Payudara

Sebuah penelitian yang dimuat Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine mengungkapkan bahwa senyawa dalam lidah buaya, yaitu aloe emodin memiliki sifat terapeutik.

Manfaat senyawa lidah buaya ini diklaim berpotensi memperlambat pertumbuhan kanker payudara. Namun, penelitian lanjutan diperlukan untuk membuktikan hal tersebut.

9. Mengatasi Kerontokan Rambut

Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Kulit Berjerawat (Pixel Shot/Shutterstock)

Kerontokan rambut dapat menyebabkan kebotakan alias alopecia. Riset tahun 2010 menemukan penggunaan lidah buaya pada rambut dapat membantu mengatasi kebotakan.

Bahkan, tanda awal pertumbuhan rambut dapat diamati dalam lima hari pemakaian lidah buaya.

Artikel lainnya: Lidah Buaya Dapat Melebatkan Rambut, Mitos atau Fakta?

10. Melancarkan Pencernaan

Walaupun kebanyakan manfaat lidah buaya didapatkan dari gel atau cairan yang terkandung dalam tanaman, masih ada bagian lain yang berkhasiat.

Lateks, yaitu residu berwarna kuning dan lengket yang ditemukan di bawah area terluar daun lidah buaya diketahui dapat membantu mengatasi sembelit. Hal ini disebabkan kandungan aloin atau barbaloin di dalamnya memiliki efek pencahar alami.

11. Menurunkan Tekanan Darah 

Lidah buaya bukanlah pengganti makanan sehat, obat-obatan, ataupun olahraga untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Meski begitu, lidah buaya diduga bisa membantu mengatasi hipertensi.

Sebuah studi menemukan bahwa penggunaan bubuk lidah buaya dapat membantu mengurangi tekanan darah sistolik maupun diastolik setelah 3-6 bulan pemakaian. Penelitian melibatkan 90 pengidap diabetes yang tidak memakai insulin.

12. Memperbaiki Fungsi Hati 

Hati berfungsi menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan fitonutrien yang tinggi dalam jus lidah buaya dapat membantu menjaga kesehatan hati. 

Lidah buaya juga bisa menghidrasi organ pencernaan tersebut.

Artikel lainnya: Manfaat Daging Lidah Buaya untuk Kesehatan Anak

13. Mengatasi Peradangan

Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Molecules, menemukan bahwa ekstrak bunga dan daun lidah buaya memiliki sifat antioksidan. Antioksidan terutama ditemukan pada kulit daun lidah buaya. 

Antioksidan berperan penting dalam melawan berbagai reaksi peradangan akibat stres oksidatif yang disebabkan oleh sel radikal bebas di dalam tubuh.

Wah, ternyata manfaat lidah buaya untuk kesehatan sangat banyak, ya! Apabila kamu tertarik menggunakan lidah buaya untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Biar lebih cepat, pakai fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter aja! 

Tak lupa, #JagaSehatmu selalu dengan menerapkan pola hidup aktif dan sehat untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. 

(ADT/JKT)

Lidah Buaya

Konsultasi Dokter Terkait