Sukses

Liburan Natal dengan Anak, Bawa 7 Barang Ini

Liburan Natal telah tiba. Jika akan melakukan perjalanan dengan anak, pastikan bawa deretan barang berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Liburan Natal menjadi salah satu momen yang dinantikan banyak orang, terutama anak-anak. Selain karena bersamaan dengan libur tahun baru, liburan kali ini juga merupakan periode liburan sekolah anak, sehingga Anda bisa berlibur dengan seluruh anggota keluarga. Bagi Anda yang ingin berlibur dengan si Kecil, pastikan Anda tahu barang apa saja yang mesti dibawa agar bebas drama selama di perjalanan.

Berlibur bersama seluruh anggota keluarga adalah satu momen yang dinantikan setelah hampir satu tahun penuh Anda menyibukkan diri dengan pekerjaan. Anak-anak juga pasti senang setelah setiap harinya harus bergulat dengan bangun pagi, tugas-tugas di sekolah, dan belajar mempersiapkan ujian.

Hanya saja, berlibur dengan anak-anak tidak sesederhana bila Anda berlibur sendiri. Sebab, Anda sebagai orang tua juga harus melakukan banyak persiapan, termasuk memastikan barang-barang yang diperlukan masuk ke dalam tas.

Yang perlu Anda ingat, berlibur bersama anak artinya Anda juga harus mempersiapkan apa saja yang menjadi kebutuhan si Kecil. Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid dari KlikDokter, berikut barang bawaan yang wajib dibawa saat liburan di Hari Natal dengan anak Anda:

1. Obat-obatan

Ini merupakan salah satu yang wajib dibawa, sebagai antisipasi ketika anak sakit saat berlibur atau dalam perjalanan. Menurut dr. Resthie, obat-obatan yang perlu dibawa adalah obat penurun panas (parasetamol atau ibuprofen), oralit, minyak telon, anti mabuk, minyak kayu putih, dan perlengkapan P3K. Perlengkapan P3K yang dimaksud adalah kasa, perban, povidon iodine atau antiseptik lainnya, serta plester untuk luka.

2. Topi dan jaket

Topi wajib dibawa untuk melindungi anak-anak dari matahari yang menyengat. Sementara itu, jaket bisa dibawa untuk melindungi anak saat berlibur di daerah dingin. Karena liburan kali ini jatuh di musim hujan, bawakan si Kecil jaket dengan bahan yang tahan air.

3. Payung dan jas hujan

Akhir tahun seperti ini Indonesia mengalami musim hujan. Jangan sampai liburan Anda terganggu hujan. Oleh karena itu selalu bawa serta payung dan jas hujan. Jadi, Anda dan si Kecil tetap bisa beraktivitas meski hujan turun.

4. Tabir surya (sunblock)

Bila tujuan wisatan Anda adalah daerah bercuaca panas seperti pantai, tabir surya dapat mencegah kulit anak terbakar dan terasa perih akibat paparan sinar matahari berlebihan. Pastikan untuk mengoleskan krim tabir surya 15 menit sebelum anak Anda beraktivitas, termasuk saat ia akan berenang.

5. Termometer

Demam saat berlibur sering menimpa anak. Maka dari itu, sediakan termometer untuk membantu Anda memeriksa suhu tubuh anak saat dia mulai merasa tak enak badan.

6. Obat antinyamuk

Bila berlibur di lokasi yang bertemakan alam seperti glamping (glamorous camping), Anda wajib membawa obat antinyamuk. Anak-anak sangat berisiko tergigit nyamuk saat di area perkemahan yang dikelilingi dengan tumbuhan. Untuk menghindarinya, oleskan pada kulit anak di saat pagi dan malam hari atau saat sedang beraktivitas.

7. Tisu basah dan hand sanitizer

Tisu dan hand sanitizer wajib dibawa untuk membersihkan tangan yang kotor dengan cepat. Sebab, air mengalir tidak selalu tersedia di destinasi wisata Anda. Jadi, pastikan Anda selalu membawa kedua benda ini untuk menjaga kebersihan tangan si Kecil, baik sebelum makan atau selama beraktivitas.

Mungkin barang-barang tersebut terkesan sepele. Tapi, dengan membawa semua barang di atas, liburan Natal Anda bersama anak akan menjadi lebih menyenangkan dan bebas dari gangguan kesehatan. Selamat berlibur!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar