Sukses

6 Makanan untuk Bikin Mata Tetap Sehat

Kesehatan bisa diwujudkan dengan pemilihan makanan yang tepat. Konsumsilah makanan ini agar mata selalu sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai salah satu organ vital tubuh, kesehatan mata tak boleh luput dari perhatian. Ada banyak cara untuk merawat mata, baik dari luar maupun dari dalam. Agar mata tetap sehat dari dalam, Anda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata lewat makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Anda mungkin sudah tahu popularitas wortel sebagai jagoan untuk sehatnya mata. Namun, ternyata ada banyak makanan lain yang juga bisa Anda andalkan. Contohnya adalah beberapa makanan di bawah ini.

  1. Makanan yang mengandung antioksidan

Antioksidan tak hanya memberikan manfaat dalam mencegah kanker dan penuaan dini, tetapi juga baik untuk kesehatan mata Anda. Sumber antioksidan untuk mata dapat diperoleh dari buah dan sayur berwarna cerah, seperti wortel, labu, ubi jalar, anggur, jeruk, dan lainnya. Konsentrasi antioksidan juga akan lebih melimpah Anda dapatkan dalam bentuk bahan makanan segar.

  1. Makanan yang mengandung vitamin A

Vitamin A penting untuk membantu menunjang fungsi retina yang bertugas dalam proses adaptasi pada cahaya terang dan gelap. Tak hanya itu, vitamin A juga diketahui dapat mencegah dan menurunkan risiko terjadi katarak dan gangguan degenerasi makular yang terkait dengan pertambahan usia.

Makanan yang mengandung vitamin A adalah hati ayam, produk susu, dan minyak ikan. Sedangkan provitamin A (yang akan dimetabolisme tubuh menjadi vitamin A), terdapat pada telur, sayur berdaun hijau, sayuran berwarna oranye dan kuning (salah satunya wortel), tomat, dan minyak sayur.

Karotenoid juga merupakan provitamin A. Karotenoid terkonsentrasi pada bintik kuning mata (bagian dalam retina yang berfungsi penting dalam penglihatan), dan juga memiliki peran sebagai antioksidan. Pada mata, beberapa bentuk karotenoid (lutein, astaxanthin, dan zeaxanthin) dapat menyerap sinar ultraviolet yang merusak, sehingga mampu melindungi makula dan retina. Ditemukan sebuah penurunan risiko kerusakan bintik kuning (degenerasi makula) saat seseorang memiliki level tinggi karotenoid pada serum darahnya. Karotenoid tinggi pada sayur-sayuran berwarna merah, oranye, dan hijau.

  1. Makanan yang mengandung vitamin C

Vitamin C memiliki sederet manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, termasuk salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan di sini bekerja dalam mencegah terjadinya katarak dan kerusakan mata akibat proses penuaan. Sumber vitamin C bisa didapatkan dari buah, jeruk, jambu biji, buah berry, sayuran bewarna hijau gelap dan brokoli.

  1. Makanan yang mengandung Vitamin E

Vitamin E penting untuk membantu memperlambat perkembangan katarak. Vitamin ini bisa didapat dari kacang-kacangan, alpukat, pepaya, dan sayuran berdaun hijau. Meski tak sebanyak sayuran berdaun hijau, vitamin E juga bisa Anda dapat dari telur, susu, hati ampela, dan minyak zaitun.

  1. Makanan yang mengandung zink dan selenium

Zink dan selenium mempunyai peranan dalam proses metabolisme retina dan mencegah kerusakan mata akibat penuaan.  Selenium dijumpai pada makaroni dan keju. Sementara zink bisa Anda dapatkan lewat makanan seperti keju, yoghurt, daging merah, dan beberapa sereal yang diperkaya dengan mineral zink.

  1. Makanan yang mengandung omega-3

Asam lemak omega-3 berfungsi untuk menunjang perkembangan retina mata. Sumber omega-3 bisa Anda dapatkan dari ikan laut seperti salmon, tuna, dan sarden, atau bisa juga dari minyak canola.

1 dari 2 halaman

Hal lain yang perlu diperhatikan agar mata tetap sehat

Selain asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan mata, Anda juga perlu melakukan beberapa hal berikut agar mata sehat:

  1. Batasi paparan mata dengan layar komputer. Jika Anda bekerja dengan menggunakan komputer terapkan peraturan 20-20-20, yaitu alihkan pandangan setiap 20 menit menatap layar, dengan jarak 20 kaki (sekitar 6 meter), lakukan selama paling tidak 20 detik.
  2. Gunakan kacamata hitam jika berpergian ke luar rumah untuk melindugi mata dari paparan sinar ultraviolet secara langsung.
  3. Berhenti merokok.
  4. Jangan membaca di ruangan gelap dan dengan posisi tidur.
  5. Atur jarak baca dengan mata kurang lebih 30-40 cm.
  6. Menjaga berat badan. Berat badan yang berlebih meningkatkan risiko terjadinya diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Semua penyakit tersebut berkaitan dengan komplikasi mata seperti kerusakan pembuluh darah kecil di mata.
  7. Lakukan pemeriksaan mata secara teratur setidaknya tahun sekali. Lakukan tes penglihatan, tes tekanan mata, dan saraf mata. Pemeriksaan mata secara rutin bisa mendeteksi adanya penyakit seperti glaukoma. Jika diketahui sejak dini, kemungkinan untuk sembuh pun lebih besar.

Mata adalah aset tubuh yang sangat berharga. Karena selama ini mata Anda telah menjadi jendela dunia, berikan perawatan yang dibutuhkan. Dengan mata yang sehat, Anda tetap bisa menyaksikan berbagai momen berharga. Karenanya, mulai sekarang sayangi mata Anda dengan merawat kesehatannya, yang salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk mata.

[RN/ RVS]

1 Komentar