Sukses

Kenali Penyebab Kelelahan Seperti yang Dialami Aa Gym

Aa Gym dikabarkan ambruk kelelahan usai pulang umrah. Apa penyebab kondisi kelelahan semacam ini?

Klikdokter.com, Jakarta Kekelahan bisa dialami siapa saja, baik usia muda maupun tua. Tokoh publik yang bisa dikatakan sudah terbiasa dengan segudang aktivitas pun bisa ambruk, seperti yang dialami oleh pendakwah Aa Gym sepulangnya melayani jemaah umrah. Sekalipun normal terjadi, tapi kelelahan tentunya dapat mengganggu aktivitas Anda. Sebenarnya, apa penyebab kelelahan seperti yang diderita Aa Gym ini?

Ketika tubuh sudah merasa lelah, ritme kerja tubuh biasanya akan melambat. Hal ini sebenarnya kondisi yang wajar. Namun jika Anda sering kelelahan, Anda patut waspada. Jangan-jangan salah satu faktor di bawah ini adalah penyebabnya.

  • Kurang istirahat

Untuk memulihkan stamina setelah seharian beraktivitas, tubuh memerlukan istirahat dalam porsi yang cukup dengan tidur. Untuk menjamin kecukupan tidur ini, Sleep Foundation merekomendasikan setiap dewasa usia 26-64 tahun untuk tidur malam 7-9 jam setiap harinya.

Bila kurang dari durasi yang direkomendasikan, pemulihan energi tubuh tidak dapat berlangsung optimal. Jika kurang tidur, yang dikorbankan adalah sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya, tubuh akan mudah terasa lelah ketika dihadang oleh sederet aktivitas. Ini bisa jadi menjadi penyebab Aa Gym mengalami kelelahan akibat padatnya kegiatan selama berada di Tanah Suci.

  • Tidak tercukupinya asupan air putih

Setiap sel tubuh memerlukan asupan makanan dan oksigen dari darah dalam jumlah cukup untuk dapat bekerja dengan baik. Agar aliran darah ke sel-sel ini tetap lancar, kecukupan cairan tubuh harus diutamakan.

Bagi seorang dewasa sehat, dianjurkan untuk minum air setidaknya 2 liter atau 8 gelas setiap harinya. Kebutuhan cairan ini akan meningkat bila Anda beraktivitas di lingkungan yang panas. Jika asupan cairan tubuh tidak tercukupi, maka seseorang akan mudah mengalami dehidrasi dan penurunan performa harian.

  • Pola makan berantakan

Ketika Anda melewatkan sarapan, makan siang seadanya, lebih sering makan camilan, pola makan yang berantakan seperti ini bisa menjadi biang kerok kelelahan. Setiap harinya, tubuh memerlukan asupan gizi lengkap dan seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh dan regenerasi sel-sel yang rusak.

Daya tahan tubuh akan terjaga bila bahan makanan kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Keseluruhan nutrisi ini banyak terdapat dalam sayur serta buah. Jadi, jangan pernah mengabaikan kecukupan kedua makanan ini dalam menu sehari-hari.

Selain sayur dan buah, protein juga wajib ada dalam piring makan. Setiap sel yang rusak perlu digantikan oleh sel baru yang lebih sehat. Protein memegang peran krusial dalam proses ini. Karenanya, cukupilah kebutuhan protein dengan jenis yang bervariasi seperti daging merah, ayam, ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  •  berolahraga

Padatnya aktivitas sering kali menjadi alasan seseorang untuk tidak berolahraga. Padahal, tubuh perlu bergerak secara aktif demi menjaga stamina, sekaligus memperlancar peredaran darah.

Orang yang rutin berolahraga setidaknya tiga kali seminggu selama 30 menit setiap sesinya, terbukti memiliki antibodi dan leukosit (sel darah putih) yang lebih baik. Keduanya penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari serangan kuman penyakit. Apabila sistem kekebalan tubuh terjaga baik, Anda pun terhindar dari keluhan kelelahan.

  • Stres psikis

Mens sana in corpore sano, yang berarti dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dalam dunia medis, ungkapan tersebut terbukti benar. Kondisi fisik dan psikis adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan—saling memengaruhi satu sama lain.

Jika Anda sedang dalam kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan radikal bebas. Radikal bebas adalah penyebab kerusakan sel dan penurunan daya tahan tubuh. Bila sistem kekebalan tubuh sudah terganggu, rasa lelah dan serangan berbagai kuman penyakit akan mengintai.

Berkaca dari kelelahan yang dialami Aa Gym sepulang umrah, ada baiknya Anda melakukan introspeksi diri. Apakah pola hidup Anda sehari-hari sudah terjaga dengan baik? Kelima faktor yang disebutkan di atas perannya sangat penting untuk menjaga vitalitas tubuh agar terhindar dari kelelahan. Pastikan setiap harinya Anda berolahraga, menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, cukup minum air putih, menjauhkan diri dari stres, dan akhiri hari dengan istirahat cukup. Dengan cara demikian, tubuh akan tetap sehat, kuat, dan tidak mudah capek.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar