Sukses

Tips agar Anda Bisa Tetap Olahraga di Musim Hujan

Musim hujan bukan berarti kita tak berolahraga. Namun, olahraga di musim hujan tak bisa sebebas biasanya. Simak tips olahraga di musim hujan berikut.

Berolahraga secara rutin tentu mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain fisik, kesehatan mental pun ikut terjaga. Namun, saat memasuki musim hujan, rasa mager alias males gerak bisa menghambat Anda berolahraga.

Takut kehujanan, dingin, dan becek jadi sebagian alasan Anda malas olahraga di musim hujan. Terlebih jika Anda cenderung menyukai aktivitas fisik di luar ruangan, misalnya berlari dan bersepeda.

Padahal, meski sedang musim hujan, kebiasaan olahraga tetap harus dijalankan karena penting untuk kebugaran. Cobalah mengikuti beberapa tips olahraga di musim hujan berikut.

1 dari 5 halaman

1. Tetap Jalankan Olahraga Sesuai Jadwal

Jangan sampai musim hujan mengubah jadwal olahraga yang sudah Anda jalankan sebelumnya. Perlu kedisiplinan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari olahraga yang Anda lakukan.

Mengubah jadwal olahraga dapat memengaruhi ritme tubuh yang sudah Anda jalankan. Anda hanya perlu membuat variasi olahraga yang dilakukan.

Lakukan olahraga kadang di luar atau di dalam ruangan tergantung kondisi cuaca di luar rumah.

Artikel lainnya: 5 Jenis Olahraga Ini Bisa Dilakukan Anak Saat Hujan

2. Olahraga Dalam Ruangan

Guyuran hujan yang terjadi hampir setiap hari bukan halangan bagi Anda untuk berhenti berolahraga. Saat ini, begitu banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan.

Menjamurnya boutique fitness yang menyediakan berbagai kelas olahraga juga dapat menjadi pilihan. Anda juga bisa sekadar pergi ke pusat kebugaran.

Jika sedang benar-benar malas keluar, olahraga sederhana sendiri di rumah juga bisa dijalani.

Misalnya, melakukan olahraga kalistenik yang melibatkan beberapa gerakan dengan beban tubuh sendiri (push upsit upplanklunges, dan squat).

Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas olahraga yang ada di rumah, seperti treadmill, mengayuh sepeda statis, lompat tali, atau sekadar naik turun tangga.

2 dari 5 halaman

3. Gunakan Pakaian Khusus

Saat tidak turun hujan, Anda punya pilihan untuk melakukan olahraga di luar ruangan. Yang paling sederhana, Anda bisa berlari di sekitar kompleks rumah.

Artikel lainnya: Bingung Mau Olahraga Apa Saat Musim Hujan, Coba Ini!

Nah, untuk melindungi tubuh dari udara dingin, gunakan pakaian khusus. Tidak perlu pakaian yang tebal, cukup yang berbahan tipis, asalkan dapat menghangatkan tubuh. Bila perlu, gunakan pakaian yang memiliki penutup kepala.

Lalu, pastikan seluruh bagian tubuh Anda terlindung oleh pakaian untuk mencegah terjadinya hipotermia. Peralatan seperti topi, sarung tangan, dan kaus kaki bisa dipakai untuk melindungi tubuh.

4. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Pada prinsipnya, pemanasan harus dilakukan setiap kali memulai olahraga. Justru dengan udara dingin di musim hujan, pemanasan menjadi lebih penting untuk benar-benar “memanaskan” tubuh.

Sebaiknya Anda pemanasan di dalam ruangan terlebih dahulu selama 15 menit, sebelum berolahraga di luar ruangan. Pastikan Anda juga melakukan gerakan peregangan untuk mencegah cedera.

Untuk menutup kegiatan olahraga di musim hujan, Anda tetap harus melakukan gerakan pendinginan. Pendinginan dapat menolong tubuh untuk lebih rileks secara bertahap.

Lakukan pendinginan selama kurang lebih 10 menit. Sesuaikan pendinginan dengan jenis olahraga yang Anda lakukan.

Artikel lainnya: 9 Cara Menghangatkan Tubuh saat Musim Hujan

3 dari 5 halaman

5. Cukupi Kebutuhan Cairan

Meskipun udara dingin, tubuh tetap akan mengeluarkan keringat lebih banyak saat Anda sedang berolahraga. Selama olahraga, cairan yang keluar dari tubuh melalui keringat harus digantikan.

Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa asupan cairan yang dikonsumsi saat berolahraga memenuhi kebutuhan. Cara mudahnya, Anda dapat mengonsumsi air putih setiap 15 menit sekali.

6. Cari Teman Olahraga

Ada kalanya rasa malas untuk berolahraga timbul begitu besar. Terlepas dari musim hujan, rasa malas tersebut bisa saja menghampiri Anda kapan pun. Cobalah cari dukungan orang-orang terdekat untuk tetap menjalankan rutinitas olahraga.

Anda bisa mengajak pasangan, saudara, ataupun sahabat. Bila perlu, buatlah program olahraga bersama, disertai target yang bisa lebih memacu semangat.

4 dari 5 halaman

7. Tetap Gunakan Sunblock

Walau cuaca cenderung mendung atau hujan, bukan berarti kulit tidak membutuhkan perlindungan.

Sunblock sebaiknya tetap digunakan saat berolahraga di luar ruangan agar kulit terlindung dari paparan sinar UV. Gunakan juga pelembap agar kulit tidak kering.

Beragamnya penyakit muncul di musim hujan, justru harus membuat Anda semangat berolahraga. Segera buang jauh-jauh segala alasan yang menghambat Anda berolahraga di musim hujan.

Yuk, tetap konsisten berolahraga selama 150 menit setiap minggu. Jika membutuhkan konsultasi seputar tips olahraga langsung dengan dokter, kontak dokter melalui fitur Live Chat.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar