Sukses

Tahapan Tumbuh Gigi pada Anak

Setiap anak pasti akan mengalami tumbuh gigi. Yuk, kenali apa saja tahapannya!

Klikdokter.com, Jakarta Gigi sebenarnya sudah terbentuk sejak janin masih di dalam kandungan. Hanya saja, gigi tersebut belum muncul ke permukaan sehingga banyak orang yang tidak mengetahuinya. Tahapan tumbuh gigi pada anak terjadi secara bervariasi dalam berbagai ukuran, bentuk, fungsi, dan lokasi untuk tumbuh di lengkung rahang.

Perbedaan-perbedaan inilah yang dapat membuat gigi dapat bekerja sama dalam membantu Anda untuk tersenyum, berbicara, dan mengunyah makanan.

Saat lahir, setiap orang memiliki gigi sebanyak 20 buah yang umumnya mulai muncul pertama kali pada usia 6 bulan. Gigi-gigi ini biasa disebut dengan gigi primer atau gigi susu. Selanjutnya, seiring bertambahnya usia, gigi akan berganti menjadi gigi permanen yang berjumlah 32 buah pada umur 21 tahun.

Jenis-jenis gigi

Gigi setidaknya dapat diklasifikasikan ke dalam empat jenis, yaitu:

  • Gigi Incisive : biasa disebut juga dengan gigi seri. Terdapat pada daerah depan bagian atas dan bawah. Gigi ini berfungsi untuk menggigit atau memotong makanan.
  • Gigi caninus: atau yang biasa disebut dengan gigi taring. Letaknya terdapat di sudut mulut dengan ujung yang tajam. Gigi ini berfungsi untuk merobek dan menghancurkan makanan.
  • Gigi premolar: gigi ini terletak di belakang gigi caninus/taring yang berfungsi juga sebagai penghancur makanan.
  • Gigi molar: gigi ini disebut juga dengan gigi geraham. Ukurannya merupakan yang paling besar di antara gigi yang lain. Tumbuhnya terletak  di belakang gigi premolar. Gigi molar berfungsi untuk mengunyah atau menghaluskan makanan di dalam mulut.

Lapisan Gigi

Pada setiap gigi terdapat empat lapisan yang berbeda, di antaranya:

  • Enamel, merupakan lapisan terluar pada gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi geligi.
  • Dentin, merupakan lapisan yang berada di bawah lapisan enamel.
  • Pulpa, yaitu merupakan suatu rongga di dalam gigi dengan bentuk yang lunak. Rongga pulpa ini yang berisi syaraf-syaraf dan pembuluh darah.
  • Akar gigi, merupakan bagian dari gigi yang menempel dengan tulang rahang.
1 dari 2 halaman

Tahapan Pertumbuhan Gigi

Gigi umumnya muncul ke permukaan pertama kali pada usia 6 bulan setelah lahir. Gigi tumbuh secara lengkap di usia 2-3 tahun. Diawali dengan gigi incisive depan bagian bawah pada usia 6 bulan. Namun pada beberapa anak, pertumbuhan bisa lebih cepat atau lebih lambat.

Kemudian pada usia 8 bulan akan muncul gigi incisive depan bagian atas. Diikuti pada usia 9-16 bulan, gigi incisive ke-2 akan tumbuh dan berjumlah 4 pada masing-masing rahang.

Pada usia 19 bulan akan muncul gigi molar pertama dikuti dengan gigi molar ke-2 yang akan tumbuh pada usia 23-33 bulan. Adapun untuk gigi caninus akan mulai muncul pada usia 16-22 bulan.

Dimulai sekitar 6-7 tahun, gigi primer atau gigi susu akan mulai tanggal satu per satu. Bersamaan itu pula gigi permanen akan mulai tumbuh ke permukaan. Gigi permanen yang akan muncul pertama kali biasanya adalah gigi molar pertama. Selanjutnya gigi incisive primer depan bagian bawah akan copot diikuti munculnya gigi incisive permanen bagian bawah depan. Umumnya, gigi primer akan tergantikan seluruhnya pada usia 13 tahun.

Anda tidak perlu khawatir bila pertumbuhan gigi si kecil tidak sama seperti anak yang lain. Itu karena masing-masing anak memiliki variasi berbeda dalam tahapan pertumbuhan giginya. Yang perlu diperhatikan adalah jika anak tidak menunjukkan gejala pertumbuhan pada giginya pada usia 16 bulan. Kalau ini terjadi, segera periksakan anak ke dokter gigi.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar