Sukses

Ingin Tampak Awet Muda dan Sehat, Lakukan Tips Ini!

Ingin selalu tampak awet muda dan sehat? Ini tips yang perlu Anda terapkan dengan saksama!

Klikdokter.com, Jakarta Tampak awet muda dan sehat dengan kondisi kulit kencang meski usia kian bertambah adalah impian banyak orang. Akan tetapi, manusia terkadang tidak bisa melawan hukum alam, dimana setiap orang pasti akan menjadi tua.

Ya, menjadi tua adalah proses mutlak dan tidak dapat ditolak. Kendati begitu, Anda tetap bisa melakukan siasat agar penuaan tidak datang bersamaan dengan penurunan kondisi tubuh.

Beberapa siasat yang bisa Anda terapkan agar tampak awet muda dan sehat meski umur terus bertambah, antara lain:

  • Perhatikan postur tubuh Anda

Postur tubuh yang buruk tidak hanya dapat menyebabkan sakit kepala, sakit leher, dan masalah pernapasan, tetapi juga dapat membuat Anda terlihat lebih tua.

Duduk tegak dan memeriksa postur tubuh Anda sepanjang hari adalah dua cara mudah untuk terlihat muda dan lebih percaya diri.

  • Berolahraga rutin dan teratur

Berolahraga rutin dan teratur dapat membantu Anda terlihat lebih muda. Aktivitas positif tersebut memang telah terbukti dapat memperlambat laju penuaan sel-sel di dalam tubuh Anda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Preventative Medicine, orang yang melakukan olahraga rutin dan teratur memiliki telomere yang lebih panjang. Telomere adalah untaian “tali” genetik DNA manusia yang diduga berhubungan dengan laju penuaan manusia. Semakin panjang telomere, semakin lama laju penuaan tubuh Anda.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Tidur yang cukup

Ingin awet muda dan sehat? Pastikan Anda tidur selama tujuh sampai delapan jam per hari. Pastikan pula Anda tidur di waktu yang tepat dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Agar Anda bisa tidur yang cukup dan berkualitas, jauhkan gawai atau benda elektronik lain ketika Anda hendak tidur. Sebab, cahaya biru pada gawai dan perangkat elektronik lain bisa mengganggu produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu mengatur siklus tidur.

Selain menjauhkan gawai, pastikan pula Anda tidur pada posisi telentang. Dengan demikian wajah tidak akan membengkak, garis halus tidak muncul, dan tubuh Anda bisa lebih relaks. Selain itu, posisi tidur telentang juga bisa meningkatkan proses pergantian sel di dalam tubuh, lho!

  • Jaga kebutuhan cairan tubuh

Konsumsi air putih sekiranya delapan hingga sembilan gelas per hari. Tindakan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya dehidrasi, yang beberapa gejalanya adalah kulit kering dan tampak kusam.

  • Gunakan pelembap

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis dan kehilangan kemampuan untuk mempertahankan kelembapan. Itulah mengapa, Anda perlu mengoleskan pelembap secara berkala ke kulit, khususnya setelah mandi. Kulit yang kelembapannya tidak terjaga akan lebih mudah kering dan pecah-pecah, sehingga akan tampak lebih tua.

  • Tingkatkan konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung beragam zat gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dari luar dan dalam. Dengan mengonsumsi keduanya pada porsi yang tepat setiap hari, kerutan dan beragam tanda penuaan lainnya tidak akan muncul dalam waktu dekat.

  • Hindari rokok dan alkohol

Rokok mengandung beragam zat beracun, yang beberapa di antaranya dapat menganggu kesehatan dan mempercepat proses penuaan. Sementara itu, alkohol yang dikonsumsi berlebihan dapat membuat tubuh Anda dehidrasi sehingga kulit tampak lebih kusam. Bahkan, alkohol juga bisa mengikis kadar zat besi di dalam tubuh, yang memicu terjadinya kerontokan rambut.

  • Kelola stres dengan baik

Menurut The Jed Foundation, stres memiliki beberapa dampak negatif pada kesehatan, termasuk risiko depresi, kelelahan, kecemasan, bahkan penyakit jantung. Keadaan itu juga berkontribusi pada terjadinya kerutan dan menyebabkan rambut rontok.

Maka itu, jika ingin awet muda dan sehat, Anda wajib mengelola stres dengan baik. Untuk hal ini, Anda bisa bermeditasi, melakukan hobi yang disenangi, atau hal-hal positif lain.

Itu dia tips yang bisa Anda lakukan agar bisa tampil awet muda dan sehat setiap saat. Ingatlah untuk melakukan tips tersebut secara konsisten dan saksama, agar hasilnya benar-benar maksimal.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar