Kulit

Khasiat Gliserin untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit Anda

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 21 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Gliserin terbukti mampu memberikan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Apa saja fungsi gliserin? Simak kegunaan gliserin di sini.

Khasiat Gliserin untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit Anda

Ketika membeli produk kecantikan kulit, Anda mungkin akan menemukan kata “gliserin” jika memerhatikan komposisinya. Ya, manfaat gliserin atau gliserol memang telah terbukti dalam kesehatan dan kecantikan kulit.

Gliserin bekerja dengan menarik uap air dari udara ke kulit, sehingga membantu menjaga kelembapan alami kulit. Fungsi gliserin tersebut dapat berperan sebagai humektan atau disebut juga hidroskopis.

Penelitian membuktikan gliserin meniru apa yang dikenal sebagai faktor pelembap alami kulit (nature moisturizing factor). Oleh sebab itu, gliserin dapat digunakan pada semua jenis kulit dan segala usia.

Berikut adalah beragam kegunaan gliserin untuk kulit:

 

1. Melembapkan Kulit

Manfaat gliserin yang utama adalah bekerja sebagai pelembap yang sangat efektif untuk kulit. Senyawa ini membuat kulit menyerap air dari udara, sehingga mengurangi kekeringan dan bercak kusam pada kulit.

Selain itu, gliserin dapat menyembuhkan kulit kering, kasar, dan iritasi. Anda hanya perlu mengaplikasikan langsung ke kulit. Kulit akan terasa lembut, kenyal, dan terhidrasi seketika.

Artikel Lainnya: Ini Kandungan Lotion untuk Melembapkan Kulit

2. Menenangkan Kulit

Penggunaan gliserin secara rutin dapat membuat kulit halus dan mencegah masalah lain yang berkaitan dengan kekeringan. Bahan ini pun membantu menenangkan kulit dengan mengisi celah-celah kecil di kulit yang kering.

3. Mempertahankan Keseimbangan Air

Fungsi humektan pada gliserin menarik air dari udara dan membantu mempertahankan kadar air di kulit. Selain itu, humektan juga dapat menjaga keseimbangan air di kulit (antarsel).

4. Menutrisi Kulit

Gliserin dapat digunakan setiap hari karena sifatnya mampu memberi nutrisi pada kulit. Penggunaan secara rutin dan teratur terbukti membuat kulit tetap lembap, terhidrasi, lembut, segar, dan tampak muda.

5. Menjaga Kekenyalan

Fungsi gliserin bertindak sebagai emolien. Tidak hanya menjaga kelembapan kulit, tapi perannya juga membuat lembut dan kenyal ketika disentuh.

Bahan ini membuat kulit terhindar dari pecah-pecah dan tidak terlihat bersisik.

6. Melembutkan Kulit

Karena fungsinya sebagai emolien, gliserin juga dapat membantu melembutkan kulit yang teksturnya kasar, misalnya setelah kambuh eksim atau psoriasis.

Maka itu, penggunaan produk perawatan mengandung gliserin kerap dianjurkan pada orang dengan eksim untuk membantu menghaluskan kulit kasar.

Artikel Lainnya: Tips Memilih Micellar Water yang Aman untuk Kulit

7. Membantu Penyembuhan Kulit

Kegunaan gliserin mampu membimbing sel untuk bertumbuh dan berkembang lebih efektif, sehingga membantu penyembuhan kulit.

Bahan ini juga bekerja sebagai obat alami untuk infeksi jamur, eksim, dan psoriasis. Caranya dengan mengurangi memar serta membantu jaringan dan sel yang terinfeksi untuk memperbaiki diri lebih cepat.

8. Melindungi dari Paparan Dunia Luar

Manfaat gliserin dapat meningkatkan ketebalan lapisan epidermis dan fungsi penghalang pada kulit. Bahan ini membantu menjaga kulit dari dampak buruk bahan kimia berbahaya dan elemen lingkungan penyebab iritasi.

9. Mencegah Timbulnya Jerawat

Banyak produk kulit untuk jerawat yang ternyata terlalu keras untuk kulit, terutama yang memiliki kulit sensitif. Akibatnya, wajah menjadi lebih kering.

Fungsi gliserin bisa digunakan untuk menyembuhkan dan mencegah jerawat. Gliserin bebas minyak dan non-komedogenik, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori.

Lalu, gliserin dapat melembapkan kulit sehingga tidak membuat iritasi menjadi lebih parah.

Artikel Lainnya: Ciri-ciri Kulit Sensitif dan Cara Perawatannya

10. Membantu Eksfoliasi Kulit

Adanya penumpukan kulit mati dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak bercahaya.

Gliserin memang tidak secara langsung memicu pengelupasan kulit mati. Namun gliserin dapat membantu melembutkan lapisan kulit terluar. Jadi, saat kulit mengelupas, tidak menyebabkan rasa perih ataupun serpihan mengganggu di permukaan kulit.

11. Memiliki Efek Anti Aging

Manfaat gliserin yang penting juga adalah mencegah penuaan dini pada kulit. Kurangnya kelembapan memengaruhi aktivitas protease di kulit. Hal ini menyebabkan kulit mengelupas dan mempercepat penuaan kulit.

Dengan menggunakan gliserin, kadar air di kulit dapat terjaga dan meningkatkan kelembapan. Proses penuaan pun akan terhambat.

Itulah beragam manfaat gliserin untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun hati-hati, gliserin juga memiliki kemungkinan efek samping misalnya alergi.

Jika setelah menggunakannya Anda merasakan gatal atau kemerahan pada kulit, segera hentikan pemakaian. Gunakan Live Chat dokter kulit untuk konsultasi lebih lanjut.

(FR/AYU)

kulitKecantikanSkincare

Konsultasi Dokter Terkait