Sukses

Redakan Stres dengan Latihan Pernapasan

Stres sedang melanda dan mengganggu pikiran maupun kondisi hati Anda? Lakukan latihan pernapasan untuk meredakannya!

Klikdokter.com, Jakarta Mengalami stres yang tak kunjung reda setelah beberapa waktu? Awas, kondisi tersebut bisa membuat Anda semakin tertekan hingga akhirnya depresi dan mengalami berbagai masalah kesehatan.

Pada awalnya, masalah yang muncul hanyalah stres semata. Selanjutnya, kondisi itu akan berubah dan membuat orang yang mengalaminya sering merasa murung, kinerja menurun, susah konsentrasi, sulit tidur, dan hilang nafsu makan. Pada keadaan lebih lanjut, keinginan untuk menyakiti diri hingga mengakhiri nyawa sendiri bisa muncul kapan saja.

Atas alasan itu, stres harus segera diatasi dengan cara yang tepat. Salah satu cara yang terbukti efektif untuk itu adalah latihan pernapasan.

Latihan pernapasan untuk redakan stres

Latihan pernapasan adalah salah satu strategi pelepas stres yang dapat dilakukan secara praktis, dan terbukti efektif untuk hampir semua orang. Manfaat latihan ini, antara lain mampu mengatasi stres dalam waktu cepat, tidak butuh banyak teknik, gratis, dan dapat dilakukan di mana saja.

Jika tertarik mencoba, berikut adalah beberapa latihan pernapasan yang bisa Anda jadikan pilihan:

  • Mindful diaphragmic breathing

Masuklah ke posisi yang nyaman, tutup mata, dan mulai perhatikan laju napas Anda. Sebelum mulai mengubah ritme, perhatikan kecepatan dan kedalaman napas yang Anda lakukan. Apakah Anda mengambil napas dalam-dalam atau yang dangkal? Apakah Anda bernapas dengan cepat atau lambat?

  • Bernapas seperti balon

Dapatkan posisi yang nyaman, tutup mata, dan mulailah bernapas melalui hidung untuk kemudian dikeluarkan secara perlahan melalui mulut. Saat Anda menarik napas, bayangkan bahwa perut Anda memompa udara seperti balon.

Latihan pernapasan ini dapat membantu Anda untuk bernapas dalam-dalam dari diafragma, dengan tujuan melatih tarikan pernapasan dangkal yang disebabkan oleh kondisi stres.

  • Bernapas untuk membuang stres

Cari posisi yang nyaman, tutup mata, dan lakukan pernapasan diafragma. Saat Anda menarik napas, bayangkan bahwa semua tekanan di tubuh Anda berasal dari dalam diri. Kemudian, ketika Anda mengembuskan napas, bayangkan bahwa stres ikut keluar bersama napas tersebut.

  • Napas dalam-dalam

Tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Hirup udara sebanyak yang Anda mampu, kemudian lepaskan secara perlahan. Ketika melakukannya, fokuslah untuk mengosongkan paru-paru Anda. Ulangi latihan pernapasan ini hingga beberapa kali, dan lepaskan ketegangan di punggung, bahu, dan di mana pun rasa berat penyebab stres tersebut berada.

  • Pernapasan hidung

Jenis latihan pernapasan ini telah dilakukan selama ribuan tahun. Untuk melakukannya, letakkan jari Anda di atas lubang hidung sebelah kanan dan bernapaslah hanya melalui lubang hidung sebelah kiri. Saat mengembuskan napas, ganti lubang hidung dan hanya bernapas melalui kanan lubang kanan.

Pastikan latihan pernapasan yang dipilih sesuai dengan kondisi tubuh dan kesehatan Anda. Jangan lupa untuk melakukannya dengan saksama, agar manfaatnya untuk mengusir stres bisa benar-benar optimal. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar