Sehat dan Bugar

Manfaat Olahraga Angkat Beban untuk Pria

dr. Arina Heidyana, 14 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Olahraga angkat beban cukup populer di kalangan pria. Sebenarnya apa manfaat angkat beban untuk pria? Yuk, simak ulasannya di sini.

Manfaat Olahraga Angkat Beban untuk Pria

Melakukan olahraga angkat beban dianggap menjadi salah satu cara tepat untuk membentuk otot, terutama bagi kaum pria. Apalagi, saat ini mudah sekali menemukan pusat kebugaran yang menyediakan fasilitas angkat beban.

Tidak dimungkiri, banyak pria memulai angkat beban karena ingin memperoleh bentuk tubuh yang ideal. Tidak sekadar membentuk tubuh, sebenarnya ada banyak manfaat angkat beban untuk pria. Apa saja keuntungan yang didapat pria dari melakukan latihan fisik ini?

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Olahraga angkat beban diketahui dapat meningkatkan hormon yang berperan dalam pembentukan sel otak baru, yaitu brain-derived neurotrophic factor.

 Tidak hanya itu, manfaat olahraga angkat beban bagi pria dipercaya dapat menambah daya ingat. Syaratnya, dilakukan secara rutin dan intens. Pada akhirnya, fungsi otak yang baik dapat meningkatkan kualitas berpikir Anda.

2. Meningkatkan Kadar Hormon Testosteron

Testosteron adalah hormon yang berfungsi membantu mempertahankan kepadatan tulang, kekuatan otot, massa otot, distribusi lemak, produksi sperma, dan dorongan seks.

Setelah pria berusia di atas 30 tahun, hormon testosteronnya akan menurun sebanyak satu persen per tahun sehingga dapat menurunkan fungsi-fungsi tersebut. Olahraga angkat beban bisa saja menjadi salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut.

Artikel Lainnya: Bahaya Olahraga Angkat Beban yang Perlu Anda Tahu

3. Memperbaiki Kualitas Tidur

Waktu tidur sangat diperlukan tubuh untuk mengisi energi kembali setelah seharian beraktivitas. Faktanya, melakukan olahraga angkat beban diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur.

Pada sebuah hasil penelitian ditemukan bahwa pria yang rutin angkat beban sebanyak 3 kali dalam seminggu, mengalami peningkatan kualitas tidur hingga 65 persen.

4. Menurunkan Berat Badan

Olahraga angkat beban dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Sebab, saat melakukan angkat beban, seseorang butuh energi yang lebih banyak dan kecepatan metabolisme tubuh akan meningkat. Alhasil, latihan angkat beban dapat berkontribusi dalam menyingkirkan timbunan lemak di dalam tubuh.

Mengombinasikan olahraga angkat beban dan olahraga kardio dapat membakar lebih banyak kalori sehingga merupakan pilihan yang tepat untuk program penurunan berat badan.

Artikel Lainnya: Turunkan Berat Badan, Pilih Latihan Kardio atau Angkat Beban?

5. Mencegah Penyakit Jantung

Seiring bertambahnya usia, kadar hormon testosteron pria dapat menurun. Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Sementara itu, olahraga angkat beban diyakini dapat memompa kadar hormon testosteron dalam tubuh. Dengan begitu, risiko mengalami penyakit jantung dapat diturunkan.

6. Mengurangi Stres

Selain kesehatan fisik, olahraga angkat beban juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Faktanya, menurut The International Journal of Sport Medicine, orang yang olahraga angkat beban selama dua minggu mengalami penurunan hormon kortisol.

Hormon kortisol merupakan hormon yang berperan menyebabkan stres. Di sisi lain, saat melakukan angkat beban, terbukti terjadi peningkatan kadar hormon yang mengatur rasa senang, motivasi, dan percaya diri, yaitu endorfin.

Artikel Lainnya: 5 Kesalahan Saat Olahraga yang Bikin Anda Cepat Tua

7. Meningkatkan Keseimbangan

Mungkin beberapa dari Anda berpikir hanya latihan yoga yang mampu meningkatkan keseimbangan. Nyatanya, keseimbangan serta stabilitas tubuh juga dapat meningkat apabila Anda berlatih angkat beban.

Selama melakukan olahraga angkat berat, otot-otot Anda akan menjadi lebih kuat dan stabil, sehingga Anda pun akan lebih kokoh dan tidak mudah jatuh.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang dapat menurun karena berbagai penyebab. Akan tetapi, orang yang teratur melakukan latihan angkat berat akan memiliki kepadatan tulang yang lebih baik. Jadi tidak hanya bisa meningkatkan pertumbuhan otot, tapi tulang pun menjadi lebih kuat.

Oleh karena itu, lakukanlah latihan angkat beban secara teratur agar tulang kuat dan mendukung kesehatan tubuh  di masa tua nanti.

Artikel Lainnya: Kiat Mudah Cara Membakar Lemak Sekaligus Bangun Otot

9. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Siapa sangka, latihan angkat beban punya manfaat untuk menurunkan risiko diabetes, Bahkan, dalam sebuah penelitian di tahun 2019 menyatakan bahwa orang dengan kekuatan otot yang sedang memiliki risiko 32 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 daripada orang dengan kekuatan otot yang rendah.

10. Menjadi Lebih Kuat

Semakin bertambahnya kekuatan otot Anda, maka kekuatan tubuh secara keseluruhan pun pasti akan meningkat. Dengan melakukan latihan yang konsisten, aktivitas fisik sehari-hari pun jadi terasa lebih mudah karena kekuatan tubuh Anda juga telah meningkat.

Nah, kini Anda sudah tahu, kan, bahwa begitu banyak manfaat angkat beban bagi pria? Melakukan latihan angkat beban secara rutin dapat meningkatkan kebugaran sekaligus memperoleh bentuk tubuh yang Anda dambakan.

Pada akhirnya, hal tersebut tentu dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.Apabila mau tahu tips kebugaran atau manfaat olahraga lainnya, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter, ya.

(OVI/JKT)

OlahragaPriaAngkat Beban

Konsultasi Dokter Terkait