Sukses

5 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga

Tak melulu harus diet dan olahraga, berat badan ternyata juga bisa diturunkan dengan cara lainnya. Apa saja cara yang dimaksud?

Klikdokter.com, Jakarta Bila ditanya soal cara menurunkan berat badan, tentu jawaban yang paling relevan adalah diet dan olahraga. Memang betul bahwa dua hal tersebut terbukti dapat memangkas lemak pada tubuh, asalkan dilakukan dengan baik dan benar.

Hal itu dikonfirmasi oleh dr. Reza Pahlevi dari KlikDokter, yang mengatakan bahwa pengaturan pola makan serta olahraga merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan jika Anda ingin menurunkan berat badan.

“Menurunkan berat badan paling baik dilakukan dengan kombinasi diet sehat dan olahraga. Artinya, Anda harus tetap melakukan olahraga bersamaan dengan pengaturan pola makan. Jika hanya diet saja dan tidak diimbangi dengan olahraga, Anda akan cenderung merasa lemas,” ujarnya.

Jika memang seperti itu aturannya, bagaimana dengan menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga? Apakah hal ini mungkin untuk diwujudkan? Jawabannya: ya. Berikut lima cara yang bisa diterapkan untuk menurunkan berat badan tanpa harus diet dan olahraga:

  1. Memenuhi kebutuhan tidur

Istirahat malam yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mengoptimalkan berat badan. Sebab, kualitas tidur yang buruk dapat mengganggu hormon penting dalam metabolisme. Selain itu, tidur kurang dari enam jam setiap malam juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kelebihan berat badan atau obesitas.

  1. Kendalikan stres

Kadar stres yang terus meningkat dapat mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh. Ini karena tubuh akan menghasilkan hormon yang disebut glukokortikoid saat merasa tertekan. Terlalu banyak glukokortikoid dapat meningkatkan nafsu makan, yang berdampak pada kenaikan berat badan.

Tak berhenti di situ, stres juga bisa memicu emotional eating. Ini adalah kondisi ketika seseorang mengonsumsi makanan tidak sehat untuk mencoba mengendalikan dan memperbaiki suasana hati yang negatif.

  1. Makan dengan piring yang lebih kecil

Ketika menuang makanan ke piring, Anda mungkin akan menghabiskan semua yang ada di piring tersebut. Jadi, agar berat badan tidak naik, akan lebih baik bila Anda

Studi pada tahun 2017 menemukan bahwa makan dengan piring yang lebih kecil dapat mengurangi hasrat Anda mengambil banyak makanan, juga tersugesti untuk makan lebih kenyang.

  1. Makan lebih banyak serat

Serat dalam buah, sayur, kacang-kacangan, dan gandum utuh dapat membantu menurunkan berat badan. Itu karena serat dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama, mengoptimalkan proses penyerapan nutrisi, serta mencegah sembelit.

  1. Kunyah lebih lama

Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengunyah makanan lebih lama akan membuat makanan benar-benar hancur sehingga mudah dicerna. Keuntungan lainnya, makanan yang benar-benar hancur tidak akan membuat tubuh lebih gemuk. Di samping itu, mengunyah makanan secara saksama juga dapat membantu Anda menikmati makanan yang sedang dikonsumsi.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga. Perlu diketahui bahwa cara-cara tersebut baru akan efektif jika disandingkan dengan penerapan gaya hidup sehat, juga dilakukan dalam waktu lama dan secara konsisten. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar