Sukses

Segudang Manfaat Buah Blueberry untuk Ibu Hamil

Blueberry merupakan salah satu buah yang bisa mendatangkan beragam manfaat sehat pada ibu hamil. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Ibu hamil dituntut untuk melakukan berbagai cara agar dirinya dan janin dalam kandungannya terus sehat. Oleh karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung gizi lengkap dan seimbang setiap hari. Salah satu makanan sehat yang bisa dijadikan pilihan adalah buah blueberry.

Blueberry adalah buah kecil berwarna biru gelap yang terkenal akan kandungan antioksidan, yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil maupun janin di dalam kandungannya.

Blueberry termasuk ke dalam keluarga buah berry yang masih satu keluarga dengan raspberry, strawberry, blackberry, dan cranberry. Buah berwarna biru gelap ini awalnya berasal dari Amerika Utara, yang kemudian dibudidayakan di berbagai negara Eropa dan Asia, termasuk Indonesia.

Meski ukurannya kecil, blueberry dikenal memiliki berbagai macam manfaat sehingga sering dianggap superfood. Pada ibu hamil, buah ini bisa bahkan bisa memberikan manfaat berupa:

  • Tidak meningkatkan berat badan

Blueberry mengandung kadar kalori yang kecil, sehingga bila dikonsumsi sewajarnya tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan yang terlalu signifikan saat hamil.

  • Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Sebanyak 148 gram blueberry dapat memenuhi sebagian kebutuhan berbagai vitamin dan mineral harian ibu hamil, seperti vitamin C, vitamin K, mangan, kalium, dan juga 4 gram serat.

  • Menurunkan risiko preeklamsia

Kalium pada blueberry bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Hal ini membuat risiko preeklamsia - terutama pada ibu hamil yang telah memasuki usia kehamilan 20 minggu atau lebih - menjadi lebih kecil.

  • Menjaga kesehatan saluran cerna

Serat pada blueberry dapat berperan dalam menjaga kesehatan saluran cerna, sehingga konstipasi atau sembelit tidak akan terjadi.

  • Menangkis radikal bebas

Blueberry adalah salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi. Antioksidan utama yang terdapat di dalam blueberry adalah anthocyanin, yang merupakan pigmen biru yang menyebabkan warna biru pada buah ini.

Jika ibu hamil mengonsumsi blueberry pada takaran yang dianjurkan, maka dirinya akan terhindar dari dampak buruk radikal bebas.

Meski manfaatnya nyata, peneliti belum dapat menyebutkan berapa banyak jumlah blueberry yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Kendati begitu, buah ini dinyatakan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil asalkan tidak lebih dari 150 gram dalam sehari.

Selain memperhatikan jumlah, ibu hamil juga disarankan untuk memilih buah blueberry yang organik. Hal ini bertujuan untuk menghindari dampak buruk pestisida yang mungkin ada di buah blueberry non-organik. Hal penting lain, jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu blueberry dengan air matang sebelum dikonsumsi. Simpan blueberry dalam wadah kering yang tertutup di lemari es agar lebih tahan lama.

Jadi, sudahkah Anda makan blueberry hari ini? Tetap ingat untuk memperhatikan jumlah porsi dan jenis blueberry yang dipilih, agar manfaat sehat buah kecil berwarna biru gelap ini bisa benar-benar dirasakan oleh Anda yang sedang hamil.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar