Sukses

Segudang Manfaat Buah Blueberry untuk Ibu Hamil

Buah blueberry dapat menjadi salah satu camilan sehat saat masa kehamilan. Ketahui beragam manfaatnya berikut ini.

Masa kehamilan menuntut para calon ibu untuk melakukan berbagai cara agar kesehatan dirinya dan janin tetap terjaga. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang setiap hari. Salah satu makanan sehat yang dapat menjadi pilihan adalah buah blueberry.

Blueberry adalah salah satu buah yang terkenal karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, buah ini sering disebut sebagai superfood. Sebenarnya, apa saja manfaat blueberry untuk ibu hamil? Yuk, kenali kandungan dan manfaatnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Kandungan Buah Blueberry

Blueberry adalah buah yang termasuk dalam keluarga Vaccinium spp. Buah ini berukuran kecil, hanya berdiameter 5 hingga 16 mm dan dapat berwarna biru hingga ungu.

Karena rasanya yang manis, blueberry biasanya dimakan langsung saat masih segar segar, atau dapat pula dibekukan dan dijus. Buah ini juga sering dijadikan sebagai selai yang dikonsumsi bersama roti dan penambah rasa pada jelly.

Kandungan blueberry terdiri atas 57 kalori, 84% air, 0,7 gram protein, 14,5 gram karbohidrat, 10 gram gula, 2,4 gram serat, dan 0,3 gram lemak. Selain itu, blueberry mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Oleh karena itu, buah ini mampu memberikan serat sehat yang cukup bagi tubuh karena mengandung kalori dan lemak yang rendah.

Artikel Lainnya: Kenali Manfaat Aneka Jenis Buah Berry bagi Kesehatan Anda

Karbohidrat pada blueberry berasal dari gula seperti glukosa dan fruktosa, tetapi tetap mengandung cukup serat. Selain itu, blueberry memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu sebesar 53. Indeks glikemik yang rendah tersebut menunjukkan bahwa buah ini tidak menaikkan gula darah secara cepat. 

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Ibu Hamil

Ada berbagai macam khasiat blueberry yang dapat diperoleh oleh ibu hamil, antara lain:

  1. Menjaga Berat Badan

Karena blueberry memiliki indeks glikemik yang rendah, buah ini dapat dimanfaatkan oleh para ibu hamil yang tidak ingin mengonsumsi banyak kalori, mengalami diabetes gestasional, atau yang menderita diabetes sebelumnya.

Oleh karena itu, manfaat blueberry untuk ibu hamil apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar adalah tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan secara signifikan. 

  1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Blueberry kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin K, mangan, kalium, dan serat. Untuk itu, konsumsi buah blueberry untuk ibu hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

  1. Melindungi dari Penyakit

Blueberry mengandung sekitar 16% karbohidrat yang berasal dari serat. Manfaat blueberry untuk ibu hamil diperoleh dari kandungan serat tersebut, sehingga buah ini memiliki kemampuan untuk melindungi dari banyak penyakit.

Artikel Lainnya: Pilihan Makanan Sehat dan Bernutrisi untuk Ibu Hamil

  1. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Serat yang merupakan salah satu kandungan blueberry dapat membantu menjaga saluran cerna. Oleh karena itu, mengonsumsi buah ini dapat meringankan konstipasi yang sering terjadi pada kehamilan.

  1. Membantu Melancarkan Persalinan

Blueberry mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi ibu hamil, seperti vitamin K1 yang juga dikenal dengan nama phylloquinone. Vitamin K ini berfungsi untuk pembekuan darah sehingga mengonsumsi blueberry akan membantu ibu saat melahirkan nanti.

  1. Mencegah Anemia

Manfaat blueberry untuk ibu hamil lainnya adalah mencegah anemia. Berbagai vitamin di dalam blueberry merupakan antioksidan yang berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh. Zat besi sangat penting sebagai salah satu pencegahan anemia defisiensi besi yang sering dialami oleh ibu hamil.

  1. Menurunkan Risiko Preeklampsia

Kalium pada blueberry bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Hal ini menjadikan blueberry sebagai salah satu buah penurun risiko preeklampsia, terutama pada ibu hamil yang telah memasuki usia kehamilan 20 minggu atau lebih.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Blueberry adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan utama yang terdapat di dalam blueberry adalah antosianin, yang merupakan pigmen penyebab warna biru pada buah ini.

Jika ibu hamil mengonsumsi blueberry dengan takaran yang dianjurkan, maka dirinya akan terhindar dari dampak buruk radikal bebas.

Ternyata, terdapat banyak manfaat blueberry untuk ibu hamil dan kesehatan janin. Khasiat ini tak lepas dari banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam buah tersebut. 

Selain rasanya yang enak, blueberry juga memiliki jumlah kalori yang relatif sedikit. Bila dikonsumsi dalam batas wajar, buah ini aman bagi Anda yang takut mengalami kenaikan berat badan berlebih saat hamil. Namun, pastikan untuk memilih buah yang segar dan bersihkan buah terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

[WA/RS]

0 Komentar

Belum ada komentar