HomeInfo SehatKulitCara Mudah Singkirkan Kutu Rambut
Kulit

Cara Mudah Singkirkan Kutu Rambut

dr. Adeline Jaclyn, 20 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kutu rambut bisa menyebabkan gatal yang mengganggu. Bagaimana cara menghilangkan kutu rambut? Simak cara membasmi kutu rambut yang ampuh di sini.

Cara Mudah Singkirkan Kutu Rambut

Kepala diserang kutu rambut? Menggelikan pastinya. Kutu rambut menyebabkan rasa gatal di area kepala. Tak cuma itu, kalau tak segera diatasi, kutu rambut bisa berkembang biak yang ditandai dengan banyaknya telur kutu rambut di kulit kepala Anda.

Kutu rambut merupakan jenis serangga yang hidup di kepala. Serangga ini bertahan hidup dengan mengisap darah manusia. Biasanya, kutu rambut tidak bisa bisa hidup lebih dari 48 jam di luar tubuh manusia.

Kutu rambut paling sering menyerang anak-anak, meski orang dewasa juga bisa terkena. 

Kutu rambut menular karena adanya kontak langsung dengan orang yang terlebih dahulu jadi “inang”. Jadi, jangan bayangkan kutu rambut itu melompat dari satu kepala ke kepala lain.

Kontak langsung yang dimaksud adalah bisa lewat pemakaian topi, sisir, handuk, atau tidur satu ranjang dengan orang yang terkena. 

Olahraga yang memerlukan kontak fisik juga bisa membuat orang tertular, tapi kutu rambut tidak dapat ditularkan dari hewan peliharaan. 

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan kutu rambut

1. Memakai Sisir Kutu

Menurut Alejandra Perotti, asisten profesor di Fakultas Biologi, University of Reading, dua bentuk kutu rambut yang harus dipastikan sebagai target utama adalah betina dan telur yang baru lahir. 

Untuk menghilangkan kedua bentuk itu, sisir halus yang sejak zaman dahulu kala disebut sebagai sisir kutu telah terbukti efektif dalam hal perawatan dan pencegahan kutu.

2. Memakai Obat Kutu

Kutu bisa dibasmi dengan cara menggunakan obat kutu yang dijual bebas. Namun, jangan berikan ini kepada penderita yang masih berusia 2 tahun ke bawah. 

Selain itu, orang yang tidur seranjang dengan penderita juga harus diberikan obat kutu tersebut.

Obat-obatan tradisional bisa pula diberikan kepada penderita kutu rambut. Salah satunya adalah infus herbal yang masih banyak digunakan di Eropa. 

Infus ini terbuat dari campuran tanaman kacang panjang dan kacang kering, kemudian disemprotkan ke kepala.

Artikel Lainnya: Tanda Kutu Rambut yang Tak Boleh Diabaikan

3. Menggunakan Panas

Mengingat suhu spesifik yang diperlukan untuk telur kutu berkembang dan perubahan suhu drastis dapat membunuh mereka, metode baru juga sekarang sedang dikembangkan. 

Caranya adalah dengan memanaskan kepala sebagai bagian dari perawatan rutin. Perangkat rambut yang menghasilkan udara panas, seperti hair dryer dan alat pelurus rambut, dapat memberikan hasil maksimal ketika diterapkan dengan benar secara teratur.

4. Memperhatikan Kebersihan Benda Penular Kutu

Anda juga perlu memperhatikan kondisi kebersihan benda yang mungkin bisa menularkan kutu rambut. 

Cucilah sarung bantal, seprai, topi, dan benda yang terkena kontak dengan kepala penderita selama dua hari menggunakan air panas. Benda yang sulit dicuci, seperti karpet, dapat dibersihkan dengan mesin vacuum.

5. Menjaga Kebersihan Rambut

Agar kutu rambut berkurang, tetaplah jaga kebersihan rambut dengan keramas. Selain itu, hindari memakai barang pribadi secara bergantian, seperti handuk, sisir, dan bantal. 

6. Gunakan Minyak Esensial

Sejumlah minyak esensial telah terbukti efektif untuk menghilangkan kutu rambut.  Campurkan 15-20 tetes minyak esensial dengan 2 ml minyak zaitun. 

Oleskan campuran ini ke kulit kepala menggunakan kapas. Biarkan di kulit kepala sampai 12 jam. Sisir dan keramaslah untuk membilasnya. 

Artikel Lainnya: Benarkah Kutu Lebih Suka Rambut Bersih? Ini 4 Cara Penularannya

7. Gunakan Minyak Zaitun

Lapisi rambut dengan minyak zaitun secara merata, kemudian sisir. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun di sisir sesuai dengan kebutuhan. Setelah disisir, cuci rambut dengan sampo dan keringkan. 

Lakukan setiap hari selama seminggu. Kemudian, selama 2 minggu setelahnya, lakukan pengecekan dengan menyisir setiap malam untuk memastikan kutu sudah hilang. 

Pastikan pula Anda mencuci semua handuk dan sisir yang telah digunakan. Rendam dalam larutan pemutih 10 persen atau larutan lisol selama 30 menit. 

Cara-cara di atas bisa membantu menyingkirkan kutu rambut. Meski begitu, tetap perlu dibarengi dengan perawatan atau konsultasi ke dokter. 

Ini karena Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa belum ada bukti perawatan rumahan bisa sepenuhnya singkirkan kutu rambut. 

Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai kesehatan rambut, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter dengan mudah melalui aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

Referensi: 

  • Healthline. Diakses 2022. How to Kill Head Lice.
  • Healthline. Diakses 2022. Home Remedies for Head Lice: What Works?
  • WebMD. Diakses 2022.  Lice Treatment.
RambutKutu Rambut

Konsultasi Dokter Terkait