Sukses

Ini Waktu yang Tepat untuk Minum Vitamin

Vitamin sangat bermanfaat bagi tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus tahu kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian orang menganggap mengonsumsi vitamin sama seperti obat biasa, yaitu dikonsumsi sehabis makan. Padahal, waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin tergantung jenisnya. Ada deretan vitamin yang harus diminum pagi dan ada juga vitamin yang harus diminum pada malam hari.

Selain itu, makan vitamin juga harus memPerhatikan efek kesehatan yang diharapkan dari vitamin tersebut. Belum lagi, ada vitamin-vitamin tertentu yang harus dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang mengandung lemak.

Hal ini karena ada beberapa tipe vitamin yang larut dalam lemak. Artinya, vitamin tersebut hanya larut dan diserap dengan baik oleh tubuh ketika disertai dengan asupan lemak. Jika Anda meminum vitamin di pagi hari dengan sereal bebas lemak misalnya, manfaat dari vitamin tersebut tak bisa diperoleh secara optimal.

Tak hanya vitamin, hal yang sama juga berlaku untuk suplemen tertentu. Dilansir Very Well Fit, berikut ini adalah rangkuman waktu serta cara terbaik untuk mengonsumsi vitamin dan mineral berdasarkan jenisnya. Ikuti panduan di bawah ini agar vitamin atau suplemen yang Anda konsumsi dapat bekerja dengan baik.

  • Vitamin A

Merupakan jenis vitamin yang membantu menjaga penglihatan, organ, dan sistem reproduksi Anda tetap dalam kondisi baik. Karena tidak ada bukti yang menyebutkan waktu terbaik untuk mengonsumsinya, Anda dapat memilih waktu yang menurut Anda paling aman dan nyaman untuk mengonsumsi vitamin A. Satu hal yang perlu diperhatikan, banyak vitamin A yang mengandung beta-karoten. Artinya, Anda harus meminumnya bersamaan dengan lemak.

  • Vitamin B

Termasuk tiamin, asam folat, dan riboflavin, vitamin B membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik dan tetap sehat. Ketika kadar vitamin ini terlalu rendah, Anda mungkin merasa lebih lelah dari biasanya, meski aktivitas tak terlalu padat.

Meskipun jenis vitamin ini larut dalam air, hasil terbaik dari vitamin B bagi pencernaan adalah jika Anda meminumnya bersamaan dengan makanan. Cara paling mudah mendapatkan hasil luar biasa dari vitamin B adalah mengonsumsinya di pagi hari bersamaan dengan sarapan.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

  • Vitamin C

Vitamin ini dibutuhkan untuk membantu fungsi sistem kekebalan tubuh agar lebih efektif. Vitamin C juga memainkan peran penting dalam membantu melindungi sel-sel tubuh Anda dari bahaya radikal bebas. Karena jenis vitamin ini larut dalam air, Anda tidak perlu mengonsumsinya dengan makanan.

Beberapa orang telah melaporkan bahwa dosis vitamin C yang lebih besar ternyata mengganggu tidur mereka. Mengenai hal ini memang belum ada bukti medis yang mendukung. Tetapi jika Anda khawatir mengalami gangguan tidur akibat asupan vitamin C, cobalah untuk mengonsumsi vitamin C di pagi hari. Selain itu, kurangi dosis Anda ke jumlah harian yang disarankan, yaitu 75 miligram untuk wanita dewasa dan 90 miligram untuk pria dewasa.

  • Vitamin D

Jenis vitamin ini biasanya didapatkan dari paparan sinar matahari. Akan tetapi, pemenuhan akan vitamin D juga bisa dibantu lewat mengonsumsi suplemen. Vitamin ini memiliki banyak peran dalam tubuh, salah satunya adalah membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi yang baik.

Karena termasuk vitamin yang larut dalam lemak, vitamin D sebaiknya diminum dengan makanan yang mengandung sedikit lemak, bisa berupa sarapan, makan siang, atau makan malam. Sebab, sejauh ini belum ada bukti yang menyatakan bahwa penyerapan vitamin D lebih baik pada waktu tertentu.

  • Vitamin E

Sebagai pelindung sel tubuh dari kerusakan, vitamin E dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan membantu memperlebar pembuluh darah dan mencegah pembekuan darah. Bila tubuh kekurangan vitamin D, akan terjadi kerusakan saraf, masalah penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Untuk hasil yang optimal, Anda perlu mengonsumsi vitamin E dengan makanan yang mengandung lemak. Sebab, jenis vitamin E memang larut dalam lemak. Di luar saran itu, tidak ada bukti bahwa meminumnya pada waktu tertentu lebih baik atau lebih buruk bagi kesehatan.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya (2)

  • Vitamin K

Untuk membantu pembekuan darah, diperlukan asupan vitamin K. Tak hanya itu, vitamin K juga membantu dalam membangun tulang yang kuat, melindungi Anda dari kanker, dan memerangi diabetes dengan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin.

Untuk mengonsumsi vitamin K, Anda bebas memilih waktu yang dirasa aman dan nyaman, serta makanlah bersamaan dengan asupan lemak.

  • Multivitamin

Multivitamin menggabungkan apa yang dianggap para peneliti sebagai vitamin dan mineral paling dibutuhkan tubuh dalam satu pil harian yang mudah dikonsumsi. Meskipun banyak orang mengonsumsi multivitamin di pagi hari, terutama bagi orang-orang yang mengonsumsi obat lain, sebenarnya tidak ada waktu terbaik untuk mengonsumsi multivitamin.

Namun, konsumsi multivitamin harus disertai dengan makanan, karena beberapa vitamin di dalamnya kemungkinan besar larut dalam lemak. Selain itu, beberapa suplemen multivitamin yang berukuran lebih besar dapat menyebabkan sakit perut jika diminum saat perut kosong.

Asupan vitamin memang sangat diperlukan untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian untuk tubuh. Namun, jika asal dalam mengonsumsinya, usaha Anda makan vitamin bisa sia-sia. Oleh sebab itu, ikuti panduan cara dan waktu makan vitamin serta suplemen di atas untuk mendapatkan hasil terbaik. Jika Anda masih kurang yakin, tidak ada salahnya bertanya kepada dokter untuk menemukan solusi yang tepat.

[NP/ RVS]

1 Komentar

  • FreNdy Winata Thunderbolt

    Ini ada sebuah media pembelajaran berbasis android tentang vitamin semoga bermanfaat Salam sehat ini link download nya https://www.dropbox.com/s/hwvjtc88gjkvmwv/media_pembelajaran_vitamin.apk?dl=0