Sukses

Makanan Pendongkrak Stamina untuk Anda yang Sering Lembur

Jika Anda sering lembur, beberapa makanan berikut ini dapat Anda jadikan pendongkrak stamina.

Klikdokter.com, Jakarta Lembur menjadi sesuatu yang lumrah bagi sebagian para pekerja di kota besar. Sayangnya, setelah lembur, rasa lelah dan tidak produktif sering kali hadir pada esok harinya. Adakah makanan yang dapat mendongkrak stamina untuk yang sering lembur?

Tiap jenis makanan sebenarnya memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan energi harian. Secara garis besar, hampir semua jenis makanan dapat menyediakan energi bagi tubuh. Namun, ternyata ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan energi dan membangkitkan semangat selama menjalani hari.

Berikut ini beberapa contoh makanan yang dapat mendongkrak stamina Anda.

1. Pisang

Pisang mengandung karbohidrat, kalium, dan B6 yang cukup tinggi dan dapat membantu mendongkrak stamina Anda. Menurut sebuah penelitian, konsumsi pisang sebelum bertanding dapat meningkatkan performa atlet yang membutuhkan daya tahan panjang, seperti bersepeda 75 km.

2. Asam lemak ikan

Ikan seperti salmon dan tuna merupakan sumber asam lemak, protein, dan vitamin B 12. Tuna dan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan peradangan. Ketika kita sedang merasa lelah, peradangan terjadi di otot sehingga kita mengeluh pegal-pegal. Omega 3 dapat mengurangi peradangan ini.

Selain itu, vitamin B12  yang terkandung di dalam salmon dan tuna membantu pembentukan sel darah merah bersama dengan asam folat dan zat besi. Sel darah merah yang cukup akan menyediakan pasokan oksigen ke seluruh tubuh sehingga dapat menyediakan energi yang cukup. 

1 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Nasi merah

Nasi merah mengandung serat, mangan, dan karbohidrat. Hebatnya, karbohidrat yang dimiliki nasi merah tidak seperti nasi putih. Karbohidrat yang dimiliki nasi merah berjenis indeks glikemik rendah, sehingga mampu menjaga kadar gula darah lebih stabil. Selain itu, nasi merah mampu menyediakan gula lebih lama dibandingkan nasi putih. Makan nasi merah akan membuat Anda kenyang lebih lama dan tidak cepat lapar saat menjalani hari Anda.

4. Kopi

Sebagian besar dari kita pasti mencari kopi ketika butuh konsentrasi lebih. Kopi kaya akan kafein. Kafein ketika sudah masuk ke dalam pembuluh darah dan sampai di otak akan menghambat aktivitas adenosin, sebuah neurotransmiter di otak. Hal ini menyebabkan peningkatan produksi epinefrin. Epinefrin akan meningkatkan efek simpatis pada tubuh, misalnya jantung berdetak lebih cepat sehingga kita merasa “bangun” dan lebih mudah berkonsentrasi.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Telur

Telur merupakan sumber protein yang kaya akan asam amino esensial leusin. Leusin dapat meningkatkan produksi energi di sel dan meningkatkan pemecahan lemak untuk memproduksi lebih banyak energi. Selain itu, telur juga kaya akan vitamin B yang penting sebagai kofaktor proses penyediaan sumber energi dari makanan.

6. Apel

Apel mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi. Kandungan seratnya yang tinggi membantu mempercepat rasa kenyang dan penyediaan energi dalam waktu lebih panjang. Selain itu, apel juga mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan dapat menurunkan laju pemecahan karbohidrat sehingga pelepasan energi dapat berjalan lebih optimal.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

7. Air putih

Banyak yang tidak sadar, air putih yang terlihat sepele memegang peranan penting dalam menyediakan energi. Tidak cukupnya jumlah cairan di dalam tubuh dapat menurunkan fungsi tubuh secara keseluruhan, seperti cepat merasa lesu, lelah, dan sulit konsentrasi. Jadi sebaiknya minum air putih minimal 2 liter per hari harus dipenuhi.

8. Dark chocolate

Dark chocolate memiliki kandungan cocoa lebih tinggi daripada cokelat biasa. Karena itu, sifat antioksidannya lebih tinggi dibandingkan cokelat biasa. Selain itu, dark chocolate juga mengandung theobromine dan kafein yang dapat meningkatkan mood.

Itulah contoh dari makanan yang dapat mendongkrak stamina Anda setelah lembur. Makanan ini mengandung karbohidrat, serat, protein yang cukup sehingga mampu meningkatkan stamina. Selain itu, makanan-makanan ini juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang menyediakan berbagai manfaat kesehatan untuk penambah stamina.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar