Sukses

Olahraga Sambil Hujan-hujanan, Apa Efeknya bagi Paru?

Olahraga adalah aktivitas yang baik untuk tubuh. Namun, jika dilakukan sambil hujan-hujanan, adakah efeknya bagi paru-paru?

Klikdokter.com, Jakarta Karena banyak manfaatnya, pegiat olahraga tentu tak akan rela absen olahraga meski sudah masuk musim hujan. Bahkan, berolahraga sambil hujan-hujanan pun ayo saja! Semangatnya, sih, pantas ditiru. Namun, apakah berolahraga sambil hujan-hujanan ini memiliki efek terhadap kesehatan paru-paru?

Jangankan berolahraga, banyak orang yang percaya bahwa paparan hujan sedikit saja bisa mengakibatkan seseorang rentan sakit. Namun, jika Anda pernah melihat pertandingan yang disiarkan secara langsung di TV, sepak bola misalnya, meski hujan mereka tetap terus bermain hingga peluit akhir pertandigan ditiup. Lantas, apakah kondisi tersebut bisa membahayakan kesehatan paru-paru?

"Tidak, olahraga hujan-hujanan tidak bikin infeksi atau gangguan di paru. Harus ada penyebab seperti bakteri atau virus untuk dapat memicu penyakit tersebut. Hujan sendiri tidak menyebabkan penyakit. Namun, saya menyarankan lebih baik untuk tidak berolahraga sambil hujan-hujanan,” kata dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter.

Meski kata dr. Sara berolahraga sambil hujan-hujanan tidak akan menimbulkan infeksi atau gangguan pada paru-paru, tapi Anda tetap harus berhati-hati saat beraktivitas kala hujan. Ini karena membuat Anda jadi rentan terkena flu.

“Ya, hujan-hujanan bikin seseorang rentan terkena flu. Namun, ini bukan karena kehujanan, ya! Ini lebih karena saat hujan, suhu tubuh menjadi lebih dingin dan tubuh pun jadi rentan sakit,” kata dr. Sara lagi.

Lantas, apakah olahraga sambil hujan-hujanan ada manfaatnya?

Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa manfaat yang bisa didapat saat Anda berolahraga di kala hujan.

  • Berolahraga pada cuaca dingin dapat membuat hati Anda lebih kuat

Cuaca dingin dapat membuat arteri menyempit, sehingga jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah yang dibutuhkan tubuh. Pada orang-orang yang memiliki sistem kardiovaskular yang sehat, kondisi ini bisa menguatkan jantung (dan otot tubuh). Namun, pada orang-orang yang memiliki masalah kardiovaskular, peningkatan beban kerja pada jantung ini bisa berbahaya. Jika Anda memiliki masalah pada jantung, lebih konsultasikan dengan dokter mengenai olahraga yang sebaiknya dilakukan atau dihindari saat musim hujan atau musim dingin.

  • Olahraga pada cuaca dingin dapat meningkatkan suasana hati Anda

Berolahraga pada cuaca yang dingin dapat membantu Anda memerangi suasana hati yang cenderung buruk kala hujan (atau musim gugur atau musim dingin), yang kerap disebut sebagai winter blues.

“Semua olahraga dapat meningkatkan kadar hormon perasaan-baik Anda, endorfin. Namun, karena tubuh Anda harus bekerja lebih keras di udara dingin, produksi endorfin Anda semakin meningkat, sehingga membuat pikiran menjadi lebih bahagia,” ujar Dr. Kevin Plancher,  Plancher Orthopaedics & Sports Medicine, Amerika Serikat, kepada Women’s Health.

Olahraga outdoor—meski cuaca sedang dingin—bisa memberikan pelakunya ekspos terhadap sinar matahari, yang nantinya manfaat terhadap perbaikan mood bisa Anda rasakan. Sebelum melangkah ke luar, jangan lupa untuk tetap mengaplikasikan tabir surya, ya!

Jangan lewatkan pemanasan!

Menurut ahli terapi fisik ortopedi Vivian Eisenstadt asal AS kepada CNN, cuaca yang dingin membuat otot kehilangan lebih banyak panas dan kontraksi, mengakibatkan ketegangan di seluruh tubuh. Sendi pun menjadi lebih kencang, otot pun bisa saja kehilangan jangkauan geraknya, ini pun juga bisa memengaruhi kondisi saraf. Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk lakukan pemanasan agar otot-otot jadi relaks dan lentur.

Olahraga adalah aktivitas fisik yang memiliki jutaan manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengingat sudah masuk musim hujan, bukan berarti aktivitas fisik ini harus dihentikan. Tetap lakukanlah olahraga secara rutin—pada semua musim. Meski demikian, olahraga sebaiknya tidak dilakukan sambil hujan-hujanan. Memang tak ada kaitannya olahraga sambil hujan-hujanan dan paru-paru, tapi kondisi ini bisa membuat Anda rentan terkena flu. Olahraga saat musim hujan sangat dianjurkan, tetapi bukan berarti dilakukan sambil hujan-hujanan, ya!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar