Sukses

Ingin Sehat? Yuk, Makan Buah Belimbing!

Tak cuma segar dan lezat untuk rujak, nyatanya belimbing punya sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Meski belimbing tidak sepopuler buah-buahan lainnya, buah yang menjadi ikon kota Demak di Jawa Tengah ini juga kaya akan manfaat. Apalagi, paduan rasa manis dan asam yang segar amat sedap jika dicampurkan ke dalam rujak. Buah lokal ini bisa dijadikan variasi buah harian Anda.

Sumber serat hingga pemutih gigi

Dilansir dari Very Well Fit, belimbing paling banyak ditanam di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Sri Lanka, dan India. Berbagai hal baik dari buah belimbing yang bisa Anda dapatkan antara lain:

1. Kalori dan gula yang rendah

Buah berwarna kuning kehijauan ini memiliki kalori yang rendah dan cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet. Sebab, dalam 1 buah belimbing hanya mengandung sekitar 6 gram karbohidrat. Sedangkan, dalam satu cangkir buah belimbing, terkandung karbohidrat sebanyak 9 gram.

Meski pada belimbing terdapat rasa manis, gula alami yang terkandung hanya sekitar kurang dari 4 gram. Sebab, fruktosa dalam buah tersebut terkombinasikan dengan serat dan vitamin, sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Jadi, bagi Anda yang ingin memenuhi asupan gula tanpa khawatir gula darah naik secara berlebihan, makanlah buah belimbing.

2. Kaya serat tapi rendah lemak

Sebagian dari Anda mungkin tidak mendapatkan asupan serat yang cukup setiap harinya, Namun, mengonsumsi secangkir buah belimbing dapat memenuhi 14 persen kebutuhan serat harian untuk memelihara kesehatan pencernaan dan menurunkan kolesterol jahat.

Tak hanya itu, 1 cangkir buah belimbing hanya mengandung kurang dari 1 gram lemak. Itulah sebabnya, buah belimbing sangat baik untuk Anda yang punya obsesi menurunkan berat badan.

Bahkan, lemak tersebut merupakan lemak tak jenuh ganda yang bisa menghasilkan vitamin E dan antioksidan. Nantinya, kandungan inilah yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh. Saat Anda mengonsumsi lemak tersebut, artinya Anda juga meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dan omega-6.

Kendati demikian, konsumsi buah belimbing sekali saja tidak akan berdampak signifikan. Untuk merasakan manfaat diet sehat dari belimbing, Anda dapat mengonsumsinya secara rutin setiap hari.

3. Mengandung banyak protein dan vitamin

Satu buah belimbing mengandung setidaknya 2 gram protein dan 45 miligram vitamin C atau, sekitar 75 persen dari asupan vitamin C harian yang disarankan.

Vitamin C itu sendiri sangat penting untuk menjaga struktur tulang dan pembuluh darah, membantu penyerapan zat besi, mempercepat proses penyembuhan luka, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, buah belimbing juga kaya akan berbagai zat yang baik untuk tubuh. Zat tembaga (copper) dalam buah belimbing dapat mendukung pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Sedangkan, kalium dan elektrolit yang terkandung dalam belimbing dapat membantu Anda mempertahankan detak jantung yang sehat dan membantu fungsi saraf.

4. Memutihkan gigi

Dilansir dari KlikDokter, ada penelitian yang mengatakan bahwa belimbing berkhasiat untuk memutihkan gigi secara alami. Dalam hal ini, belimbing yang dimaksud adalah belimbing sayur atau lebih populer dengan nama belimbing wuluh. Belimbing wuluh mengandung asam oksalat dan peroksida yang dapat memutihkan gigi. meskipun efeknya belum sehebat karbamida peroksida.

Hati-hati efek sampingnya

Meskipun buah belimbing memberikan banyak manfaat seperti yang telah dijelaskan di atas, konsumsi buah ini juga dapat memberikan efek tertentu bagi beberapa orang. Misalnya saja pada orang yang memiliki masalah ginjal, buah belimbing harus dihindari.

Menurut National Kidney Foundation, konsumsi buah belimbing pada orang yang menderita penyakit ginjal akan menimbulkan reaksi seperti cegukan, kebingungan, dan kejang. Pasalnya, orang berpenyakit ginjal sudah kehilangan kemampuan untuk memproses dan membuang “racun” dari buah belimbing, sehingga dapat merusak otaknya. Cukup, serius, ya?

Selain itu, bagi Anda yang tengah mengonsumsi beberapa obat-obatan, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter jika ingin makan belimbing. Sebab, belimbing dapat mengganggu kinerja beberapa jenis obat.

Pada dasarnya, setiap buah memiliki sejumlah manfaat dan efek sampingnya masing-masing, tak terkecuali buah belimbing ini. Namun, bagi Anda yang tak punya riwayat penyakit ginjal dan tidak sedang mengonsumsi obat-obatan, tak ada salahnya memasukkan buah belimbing ke dalam menu diet Anda. Siapa sangka makan buah belimbing bisa jadi cara menurunkan berat badan yang mudah dan menyenangkan?

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar