Sukses

Efek yang Timbul pada Gigi Jika Sering Minum Soda

Anda gemar mengonsumsi minuman soda? Hati-hati, berikut ini adalah kerusakan gigi yang mungkin terjadi akibat minum soda.

Klikdokter.com, Jakarta Hampir semua orang pernah mengonsumsi minuman bersoda. Kian hari, penikmat minuman ini pun semakin bertambah. Tidak hanya orang dewasa, minuman ini juga banyak diminati oleh anak-anak dan remaja. Padahal, kerusakan gigi akibat minum soda mengancam di depan mata.

Soda memang paling enak dikonsumsi saat hari sedang terik. Rasanya yang unik dapat membuat seseorang ingin menikmatinya lagi, apalagi jika diminum dalam keadaan dingin. Namun, American Dental Association memperingatkan Anda sebaiknya tidak mengonsumsi minuman bersoda.

Minuman soda atau yang biasa disebut dengan minuman berkarbonasi, maupun yang berlabel diet soda ternyata dapat membahayakan kesehatan gigi. Kandungan asam, gula dan karbonasi dalamnya dapat mempercepat pertumbuhan bakteri, sehingga gigi pun menjadi rusak.

Kerusakan gigi akibat minum soda

Bila Anda sering mengonsumsi minuman soda, berikut ini adalah efek yang dapat terjadi pada gigi:

  1. Erosi gigi

Hal ini dapat terjadi ketika asam dan gula di dalam minuman soda berkontak langsung dengan enamel gigi. Enamel sendiri merupakan lapisan luar yang berfungsi untuk melindungi gigi. Suasana asam yang terjadi di dalam mulut dalam jangka waktu lama akan menyebabkan terkikisnya lapisan enamel, sehingga gigi akan terasa lebih sensitif dari biasanya.

  1. Gigi berlubang

Lapisan enamel yang terkikis lama-kelamaan akan membuat gigi Anda berlubang. Kerusakan ini dapat berkembang seiring berjalannya waktu pada Anda yang rutin mengonsumsi minuman soda. Kondisi gigi berlubang bahkan dapat diperparah oleh kesehatan mulut yang buruk.

  1. Noda pada gigi

Gula yang menempel pada gigi dapat mengakibatkan plak. Bila dibiarkan saja, lama-lama gigi akan berubah menjadi berwarna kuning. Hal ini tentu dapat mengurangi rasa percaya diri Anda saat berbicara dengan orang atau tertawa.

Tips agar terhindar dari kerusakan gigi

Cara terbaik untuk menghindari berbagai masalah gigi di atas adalah dengan berhenti mengonsumsi minuman soda. Namun, bila Anda merasa sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut, ikuti beberapa tips berikut ini agar kerusakan gigi setidaknya dapat berkurang.

  1. Kurangi jumlah minuman soda yang biasa Anda minum.
  2. Gunakan sedotan agar soda tidak berkontak langsung dengan gigi geligi. Cara ini akan membantu melindungi gigi dari asam dan gula yang akan merusak gigi Anda.
  3. Perbanyak konsumsi air putih, terutama setelah mengonsumsi minuman bersoda.
  4. Menggosok gigi setelah minum soda bukanlah hal yang baik. Hal ini justru dapat membahayakan kesehatan gigi karena gigi baru saja terkena cairan asam. Tunggu setidaknya sekitar 30 hingga 60 menit setelahnya.
  5. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride atau fluorida agar gigi dapat terlindungi dari kerusakan.
  6. Hindari mengonsumsi minuman ini sebelum tidur. Gula tidak hanya akan membuat Anda terjaga, tetapi gula dan asam akan bertahan sepanjang malam untuk merusak gigi.

Selain merusak gigi, minuman soda dengan kadar gula yang tinggi dapat berpotensi merusak organ hati sebagai pemicu diabetes. Tidak hanya organ hati saja yang dapat dirusak, namun organ tubuh lainnya juga bisa. Untuk itu, hindari minum soda dan sayangi tubuh Anda sebelum terlambat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar