Diet dan Nutrisi

Manfaat dan Efek Samping Granola yang Perlu Diketahui

dr. Devia Irine Putri, 18 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Granola dipercaya sebagai asupan sehat terutama untuk kamu yang ingin diet. Ketahui 11 manfaat granola dan efek sampingnya di sini.

Manfaat dan Efek Samping Granola yang Perlu Diketahui

Granola adalah campuran rolled oats, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dan terkadang ditambahkan gula atau madu, rempah-rempah, dan buah kering. Saat ini granola tengah naik daun dan populer sebagai salah satu asupan sehat.

Nilai gizi granola berbeda-beda tergantung kandungannya. Kandungan granola sebanyak ½ cup (50 gr) dapat terdiri atas 200 kalori, protein 4,4 gr, lemak 29 gr, karbohidrat 40,5 gr, serat 3,5 gr, dan gula 14,2 gr. 

Manfaat Makan Granola

Berikut beberapa manfaat granola bagi kesehatan kamu:

1. Sumber Serat yang Mengenyangkan

Granola adalah salah satu sumber protein dan serat yang membantu membuat kamu merasa lebih kenyang. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, tubuh akan lebih lambat mencerna makanan sehingga kamu bisa mengontrol nafsu makan. 

Artikel lainnya: Ingin Ngemil Lebih Sehat? Perhatikan Waktunya

2. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Kandungan serat di dalam granola tak hanya mengenyangkan, tapi juga membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. 

Buah kering yang kerap ditemukan di dalam granola juga mengandung kalium dan elektrolit. Kalium dan elektrolit diketahui dapat menjaga kesehatan pembuluh darah serta jantung.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat makan granola lainnya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. 

Sama seperti produk gandum lainnya, granola adalah sumber beta glucan yang bekerja mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan manfaat granola tersebut, kamu dapat terhindar dari risiko penyakit jantung.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Gandum utuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan sumber makanan yang memiliki kadar indeks glikemik (IG) rendah. Mengonsumsi granola yang mengandung IG rendah bisa menjadi salah satu cara mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. 

5. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Salah satu cara menjaga kesehatan saluran pencernaan adalah memenuhi kebutuhan serat harian. Kamu bisa memperoleh cukup asupan serat dengan makan granola. 

Saluran cerna yang sehat akan membebaskan kamu dari masalah sembelit maupun keluhan lainnya.

6. Sumber Antioksidan 

Kacang-kacangan di dalam granola merupakan sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas dan membantu menurunkan peradangan di dalam tubuh. 

Artikel lainnya: Manfaat Bibit Gandum bagi Kesehatan

7. Sumber Tenaga

Granola mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber tenaga bagi tubuh. Bagi kamu yang aktif dan gemar berolahraga di pagi hari, menyantap granola sebagai sumber karbohidrat dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh. 

Meski mengandung karbohidrat, granola tidak memicu peningkatan kadar gula atau menyebabkan lemas setelah mengonsumsinya.

8. Membantu Mencegah Anemia

Di dalam ¼ cangkir granola, terdapat berbagai kandungan nutrisi penting seperti zat besi, folat, vitamin D, dan zinc

Kandungan granola yaitu zat besi dan folat bisa mencegah anemia atau kekurangan darah. Zat besi juga dapat membantu proses pemulihan tubuh dari kondisi anemia. 

9. Menjaga Kesehatan Kulit 

Kandungan vitamin E (antioksidan) di dalam granola juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit. Vitamin E membantu meregenerasi sel dan menjaga kulit agar tetap lembap. 

Namun, jangan hanya mengandalkan vitamin E dari granola. Kamu perlu merawat kulit dari luar, misalnya memakai skincare agar kesehatannya tetap terjaga. 

10. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Granola mengandung nutrisi lengkap seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk mendukung daya tahan tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dan melakukan pola hidup sehat lainnya, kamu bisa memiliki tubuh kuat dan sehat!

11. Meningkatkan Fungsi Kognitif 

Kamu mungkin sering dengar, makan pagi adalah waktu makan paling penting dalam sehari. Hal ini dikarenakan makan dapat membuat otak berfungsi dengan baik seharian. 

Kemampuan itu bisa kamu peroleh salah satunya dengan sarapan granola. Granola kaya akan potassium dan rendah sodium, yang dapat membantu meningkatkan aliran oksigen dan darah ke otak. 

Artikel lainnya: Makanan Manis Ini Aman untuk Penderita Diabetes Melitus

Risiko Efek Samping Makan Granola

Granola (Fascinadora/Shutterstock)

Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, tetapi granola tetap memiliki efek samping. Efek samping tersebut bisa didapatkan jika granola yang kamu konsumsi dilapisi gula atau ada tambahan lemak dan perasa.

Gula maupun tambahan lemak bisa meningkatkan jumlah kalori. Alhasil, bukan tubuh sehat yang didapat, justru obesitas yang bisa mengintai kamu.

Obesitas bisa menjadi faktor risiko penyakit lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung. Untuk menghindari efek samping tersebut, pastikan kamu membaca label kemasan untuk mengetahui komposisi dan nutrisinya. 

Perhatikan kandungan gula granola dan pilih yang sesuai jenis diet. Hindari kandungan lemak trans dan lemak jenuh, serta perhatikan porsinya (jangan berlebihan).

Agar manfaat granola bisa didapat optimal, kombinasikan dengan makanan bergizi seimbang lainnya dan rutin berolahraga. 

Cari tahu informasi camilan bergizi lainnya di aplikasi KlikDokter. Di aplikasi, kamu juga bisa tanya dokter dan mengetahui berat badan ideal dengan kalkulator BMI.  

(FR/JKT)

Makanan Sehatlemak jenuh SerealGranola

Konsultasi Dokter Terkait