Tips Parenting

Anak Sering Pakai Tangan Kiri, Haruskah Dilarang?

dr. Dyah Novita Anggraini, 26 Jan 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anak sering melakukan aktivitas menggunakan tangan kiri alias kidal? Lakukan hal ini agar tidak salah langkah.

Anak Sering Pakai Tangan Kiri, Haruskah Dilarang?

Sebagian besar orang menggunakan tangan kanan untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, seperti makan, menulis, dan menyapu. Penggunaan tangan kanan ini dianggap lebih ‘baik’ ketimbang tangan kiri.

Namun demikian, beberapa orang justru melakukan hal sebaliknya. Mereka lebih dominan beraktivitas dengan menggunakan tangan kiri alias kidal. Apakah anak Anda juga termasuk anak yang kidal?

Jika memang anak lebih dominan menggunakan tangan kiri, Anda tak perlu langsung panik. Faktanya, kebiasaan menggunakan tangan kiri pada anak tidak memberikan pengaruh buruk terhadap hal apa pun.

Kebiasaan anak sering menggunakan tangan kiri sebenarnya menunjukkan bahwa ia akan lebih dominan menggunakan otak kanan.

Anak Sering Pakai Tangan Kiri, Haruskah Dilarang?

Perlu Anda ketahui, otak besar manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu kiri dan kanan. Masing-masing bagian mempunyai fungsi yang berbeda.

Otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ) yang berkaitan dengan logika, rasio, kemampuan menulis, membaca, dan menghitung. Sementara, otak bagian kanan adalah pusat Emotional Quotient (EQ) yang berhubungan dengan perkembangan emosi berupa komunikasi, bahasa, sosialisasi, dan kreativitas.

Artikel Lainnya: Mengapa Seseorang Bisa Bertangan Kidal?

Dengan kata lain, kelebihan anak yang menggunakan tangan kiri, yakni lebih kreatif, memiliki bakat istimewa di bidang seni, serta memiliki imajinasi yang tinggi dibandingkan dengan anak yang lebih dominan menggunakan tangan kanan.

Apabila anak kidal, jangan pernah melarang atau mencoba untuk mengubahnya menjadi pengguna tangan kanan. Ini karena hal tersebut bisa memberikan dampak negatif bagi perkembangan anak secara psikologis.

Faktanya, anak kidal yang dipaksa menggunakan tangan kanan akan menjadi pribadi yang lebih berisiko untuk mengalami gangguan cemas, tidak percaya diri, sulit berkonsentrasi, dan mengalami gangguan tidur. Tak menutup kemungkinan bahwa dirinya juga bisa mengalami gangguan bicara seperti gagap ketika dewasa nanti.

Apa yang Harus Orang Tua Lakukan?

Daripada memaksa anak kidal untuk menggunakan tangan kanan, akan lebih baik bila Anda melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Ajarkan untuk Menggunakan Tangan Kanan di Saat-Saat Tertentu

Kebiasaan anak sering menggunakan tangan kiri memang sulit untuk ditinggalkan. Namun, memaksa anak untuk menghilangkan kebiasaan tersebut juga tidak disarankan.

Artikel Lainnya: Benarkah Orang Kidal Lebih Cerdas?

Nah, cara yang bisa dilakukan adalah tetap mengajari dan melatih anak untuk menggunakan tangan kanan di saat-saat tertentu, seperti saat makan dan berjabat tangan, maupun saat menerima atau memberi barang.

Meski hal tersebut bukanlah sebuah keharusan, Anda tetap dianjurkan untuk mengajarkannya demikian. Hal ini berkaitan dengan budaya di Indonesia yang menganggap penggunaan tangan kanan lebih sopan daripada tangan kiri.

Namun ingat, jangan memaksa anak Anda. Lakukanlah secara bertahap dan perlahan-lahan agar anak benar-benar terbiasa dan merasa percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain.

  • Komunikasikan dengan Pihak Sekolah

Jika anak Anda memang kidal, jangan lupa untuk memberitahu dan mengomunikasikan hal tersebut dengan pihak sekolah. Hal ini dilakukan agar guru dan seluruh pihak sekolah dapat memberi dukungan dan menerima kondisi anak Anda.

Artikel Lainnya: Ini Dia 5 Fakta Menarik tentang Kidal

  • Membantu Anak Berlatih

Tidak bisa dimungkiri, berbagai peralatan anak maupun rumah tangga didominasi oleh peralatan yang dikhususkan bagi pengguna tangan kanan. Oleh sebab itu, di sini peran orang tua diperlukan.

Selain melatihnya menggunakan barang yang didesain untuk pengguna tangan kanan, Anda juga bisa memfasilitasi kebutuhan anak yang lebih sering menggunakan tangan kiri atau kidal dengan barang khusus pengguna tangan kiri.

Dengan dukungan dari orang tua, keluarga di rumah dan lingkungan di sekitarnya, anak yang kidal dapat tumbuh dengan optimal layaknya anak lainnya. Jangan biarkan keunikan yang ada pada diri anak sebagai suatu hal yang membuatnya dikucilkan dari lingkungan.

Demikian penjelasan mengenai cara Anda menyikapi anak yang sering menggunakan tangan kiri. Ingatlah untuk tidak memaksa anak Anda menggunakan tangan kanan. Sebaliknya, Anda dapat mengajarkan anak untuk menggunakan tangan kanan pada saat-saat tertentu secara perlahan.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar pola asuh anak dan masalah kesehatan lainnya, tanyakan secara langsung kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA]

AnakKidal

Konsultasi Dokter Terkait