Sukses

Anak Sering Pakai Tangan Kiri, Haruskah Dilarang?

Anak sering melakukan aktivitas menggunakan tangan kiri alias kidal? Lakukan hal ini agar tidak salah langkah.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian orang percaya bahwa tangan kanan lebih baik daripada tangan kiri. Tak heran, aktivitas sehari-hari seperti makan, dan menulis dilakukan dengan tangan kanan. Akan tetapi, beberapa orang justru melakukan hal sebaliknya. Mereka beraktivitas dengan menggunakan tangan kiri alias kidal. Apakah anak Anda juga demikian?

Jika memang si Kecil lebih dominan menggunakan tangan kiri, Anda tak perlu langsung panik. Faktanya, kebiasaan menggunakan tangan kiri pada anak tidak memberikan pengaruh buruk terhadap hal apapun. Namun, memang, anak yang cenderung menggunakan tangan kiri akan lebih dominan menggunakan otak kanan.

Perlu Anda ketahui, otak besar manusia terbagi menjadi dua bagian: kiri dan kanan. Masing-masing bagian mempunyai fungsi yang berbeda. Otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ) yang berkaitan dengan logika, rasio, kemampuan menulis, membaca, dan menghitung. Sedangkan otak bagian kanan adalah pusat Emotional Quitient (EQ) yang berhubungan dengan perkembangan emosi berupa komunikasi, bahasa, sosialisasi, dan kreativitas.

Dengan kata lain, anak yang kidal akan lebih kreatif, memiliki bakat istimewa di bidang seni, serta memiliki imajinasi yang tinggi dibandingkan dengan anak yang lebih dominan menggunakan tangan kanan.

Anak sering pakai tangan kiri haruskah dilarang?

Apabila si Kecil kidal, jangan pernah melarang atau mencoba untuk mengubahnya menjadi pengguna tangan kanan. Ini karena hal tersebut bisa memberikan dampak negatif bagi perkembangan anak secara psikologis.

Faktanya, anak kidal yang dipaksa menggunakan tangan kanan akan menjadi pribadi yang lebih berisiko untuk mengalami gangguan cemas, tidak percaya diri, sulit berkonsentrasi, dan mengalami gangguan tidur. Tak menutup kemungkinan bahwa diriya juga bisa mengalami gangguan bicara seperti gagap ketika dewasa nanti.

Daripada memaksanya untuk menggunakan tangan kanan, akan lebih baik bila Anda melakukan hal berikut ini:

  • Ajarkan untuk menggunakan tangan kanan di saat tertentu

Memaksa anak untuk menghilangkan kebiasaan menggunakan tangan kiri memang tidak disarankan. Namun, Anda tetap dianjurkan untuk mengajari dan melatih anak untuk menggunakan tangan kanan di saat-saat tertentu, seperti saat makan dan berjabat tangan, maupun saat menerima atau memberi barang.

Meski hal tersebut bukanlah sebuah keharusan, Anda tetap dianjurkan untuk mengajarkannya demikian. Hal ini berkaitan dengan budaya di Indonesia, di mana penggunaan tangan kanan dianggap lebih sopan daripada tangan kiri.

Ingat, jangan dipaksa. Lakukanlah secara bertahap dan perlahan-lahan, agar si Kecil benar-benar terbiasa dan merasa percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain.

  • Komunikasi dengan pihak sekolah

Jika anak Anda memang kidal, segera beritahu dan komunikasikan dengan pihak sekolah. Hal ini dilakukan agar guru dan seluruh pihak sekolah dapat memberi dukungan dan menerima kondisi anak Anda.

Dengan dukungan dari orang tua, keluarga di rumah dan lingkungan di sekitarnya, si Kecil yang kidal dapat tumbuh dengan normal dan optimal layaknya anak lainnya. Jangan biarkan keunikan yang ada pada dirinya sebagai suatu hal yang membuatnya dikucilkan dari lingkungan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar