Sukses

Efektifkah Diet Paleo untuk Redakan Psoriasis?

Psoriasis disebut-sebut dapat disembuhkan dengan menjalani diet paleo. Benarkah cara ini terbukti ampuh? Simak penjelasan medisnya ini.

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit kulit seperti psoriasis merupakan penyakit yang sangat kronis dan membutuhkan pengobatan yang intensif. Akan tetapi, ada penelitian terbaru yang menyebutkan bahwa program diet paleo mampu menyembuhkan psoriasis. Benarkah demikian?

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda perlu tahu bahwa gagasan utama diet paleo adalah hanya mengonsumsi asupan seperti yang dimakan nenek moyang pada ribuan tahun silam. Asupan tersebut meliputi daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan, dan sayuran. Secara praktis, diet paleo berarti tidak mengonsumsi makanan olahan.

Diet paleo dan psoriasis

Psoriasis adalah penyakit peradangan pada kulit yang bersifat kronis dan biasanya berlangsung dalam jangka panjang. Kondisi ini membuat penderitanya mengalami pergantian kulit yang telalu cepat.

Tanda dan gejala psoriasis bisa berbeda pada setiap orang, tetapi yang paling sering terjadi adalah bercak merah pada kulit yang tertutup dengan sisik sisa sel kulit sebelumnya, bintik dengan ukuran kecil (sering terlihat pada anak-anak), kulit kering, kulit pecah-pecah yang mudah berdarah, sensasi gatal disertai nyeri sendi, bengkak, dan kaku.

Diet paleo sendiri kini semakin dikenal sebagai gaya hidup sehat yang mengonsumsi gizi baik. Beberapa bakta mengklaim bahwa diet paleo bahkan dapat membantu pasien psoriasis mengurangi keluhan yang dirasakan.

Menurut Dr. April Abernethy, ND, mantan direktur program medis untuk National Psoriasis Foundation, ada kemungkinan bahwa hal tersebut memang benar adanya. Akan tetapi, sampai sekarang belum ada bukti ilmiah yang kuat mengenai efektivitas diet paleo untuk menangani psoriasis.

"Saya pikir salah satu tantangan dengan semua penyakit genetik adalah respons yang berbeda terhadap setiap individu. Secara awam, ada pasien yang merespons dengan baik diet paleo, sehingga menunjukkan efek tertentu. Namun, ada juga pasien lain yang tidak merasakan khasiatnya" kata Dr Abernethy.

Lalu, bagaimana diet paleo akhirnya dapat membantu meringankan gejala psoriasis? Dijelaskan oleh Dr. Abernethy, psoriasis pada dasarnya merupakan penyakit peradangan. Upaya menjauh dari makanan olahan dan mengonsumsi makanan yang terbuat dari bahan alami dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga menghindari radang," kata Abernethy.

1 dari 2 halaman

Asupan yang tepat menjadi kunci terbebas dari psoriasis

Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh atau sarat dengan gula olahan diyakini dapat meningkatkan peradangan dan berkontribusi terhadap segala macam penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan diabetes. Kedua penyakit ini pun dijelaskan Dr. Abernethy berhubungan dengan psoriasis.

Itulah sebabnya menurut Dr. Abernethy mengonsumsi makanan sehat lewat diet paleo dapat mengurangi peradangan serta membantu mengendalikan berat badan. Ia pun menambahkan bahwa orang yang tertarik untuk mencoba mengikuti diet paleo sebagai bagian dari pengobatan psoriasis sebaiknya fokus pada asupan yang meliputi:

  • Sayuran berdaun hijau gelap
  • Makanan kaya minyak alami seperti alpukat
  • Daging tanpa lemak dan ikan
  • Mengurangi produksi susu
  • Memotong atau menghilangkan biji-bijian

Hati-hati melakukan diet paleo

Sebelum menjalani diet Paleo untuk penyembuhan psoriasis, konsultasikan terlebih dahulu keinginan Anda dengan ahli diet terdaftar. Heather Mangieri, RDN, pemilik dan konsultan nutrisi untuk Nutrition CheckUp di Pittsburgh serta juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Dietetik menyarankan hal tersebut.

Diet paleo menuntut Anda untuk menjauhkan asupan seluruh kelompok makanan yang tidak bernutrisi dan menggantinya dengan asupan yang lebih baik.

"Khususnya dalam diet Paleo, saya akan peduli dengan kalsium dan vitamin D. Tentu saja ada cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda tanpa susu. Anda dapat menggantinya dengan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D, sehingga tidak menderita kekurangan dua zat tersebut dalam jangka panjang," jelas Mangieri.

Mangieri pun setuju bahwa ada manfaat potensial dari mengikuti diet paleo jika Anda mengesampingkan makanan yang memicu peradangan dan menurunkan berat badan. Cara ini telah terbukti dapat memperbaiki gejala psoriasis.

"Ketika Anda mulai menghapus semua makanan yang tidak bernutrisi seperti makanan olahan, kemungkinan Anda akan makan lebih sedikit kalori dan lebih mudah dalam menurunkan berat badan. Dengan cara ini, bisa jadi bukan paleo yang membantu mengatasi gejala psoriasis, tapi karena berat badan Anda yang menurun," pungkas Mangieri.

Demikianlah penjelasan mengenai diet paleo yang dianggap dapat mengurangi keluhan penyakit psoriasis. Poin utama dari efek diet paleo adalah asupan tanpa lemak yang dapat menjauhkan Anda dari kondisi peradangan. Jika Anda hendak mencoba program diet ini, pastikan Anda berkomunikasi terlebih dahulu dengan ahlinya agar mendapatkan hasil paling memuaskan.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar