Sukses

Manfaat Timun untuk Kulit Anda

Selain bikin kulit cerah, timun juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Intip selengkapnya di sini!

Timun atau mentimun lebih dari sekadar lalapan. Ada banyak sekali manfaat untuk kesehatan, terutama kulit. Jenis sayuran yang berasal dari Asia Selatan ini kaya akan sumber air, serta mengandung zat alami yang disebut lignan dan cucurbitacin.

Lewat sebuah penelitian, kandungan zat lignan dalam timun mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Berita baik lainnya, sayuran yang tergolong murah meriah ini juga mampu menekan perkembangan sel kanker di dalam tubuh manusia.

Lebih lanjut, cucurbitacin pada timun memiliki sifat antitumor pada sel kanker, sehingga zat ini dapat menahan perkembangan hidup sel-sel kanker dan kemampuannya untuk memperbanyak diri. Tak hanya itu, nyatanya timun juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut penjelasan lengkapnya:

1 dari 4 halaman

1. Membantu Mengatasi Iritasi dan Kulit Berjerawat

Mentimun sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit iritasi dan berjerawat. Anda bisa mencampurkan air mentimun sebagai campuran bahan masker wajah, untuk mengatasi kondisi tersebut. 

Untuk kulit berjerawat, jus mentimun dapat membantu mengencerkan essential oil seperti tea tree untuk meringankan jerawat. Dengan cara ini, Anda bisa melawan jerawat tanpa membuat kulit kering atau menyengat. Mentimun juga bisa dioleskan langsung ke kulit, di atas flek jerawat, bahkan diletakkan di balik sheet mask sambil menunggu selesai.

Artikel lainnya: Manfaat Sehat Timun Suri untuk Buka Puasa

2. Menangani Mata Bengkak atau Kantong Mata yang Besar

Tak ada yang ingin matanya terlihat bengkak. Namun, seperti yang didukung oleh Australasian College of Dermatologists, irisan timun dingin yang ditempelkan di mata akan membantu mengempiskan mata bengkak. 

Suhu dingin tersebut dapat mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan di area mata. Meski demikian, efek ini hanya sementara.

Letakkan irisan mentimun dingin di atas mata Anda. Irisan timun tersebut akan bertindak layaknya kantong es batu untuk meredakan bengkak pada kelopak mata. Kandungan flavonoid dan antioksidan pada timun nyatanya efektif mengurangi pembengkakan, kemerahan dan iritasi.

3. Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Paparan Sinar Matahari

Terpapar terik sinar matahari terlalu lama bisa sangat menyakitkan, terutama pada area wajah seperti dahi, hidung, pipi, dan dagu. Timun mengandung banyak nutrisi seperti air, kalium, sulfat, serta vitamin A dan C yang baik untuk kulit terbakar matahari.

Caranya mudah, letakkan irisan mentimun ke wajah Anda dan berbaringlah selama setidaknya 15 menit. Setelah itu, lanjutkan dengan mengoleskan pelembap yang berbahan dasar ringan.

2 dari 4 halaman

4. Mengurangi Peradangan atau Iritasi

Mentimun memiliki efek menenangkan dan mendinginkan kulit, menjadikannya sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau teriritasi. 

Selain itu, timun memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi bengkak ataupun kulit kemerahan.

Artikel lainnya: Kyuri, Timun Jepang dengan Segudang Manfaat Sehat

5. Mencerahkan Warna Kulit

Tidak ada penelitian spesifik yang menunjukkan bahwa mentimun dapat membantu mencerahkan atau memutihkan kulit. Namun, mentimun bisa membantu proses pergantian sel kulit mati pada black spot bekas jerawat atau flek lain. 

Bintik-bintik gelap tersebut akan lebih cerah dengan pergantian sel mati (pengelupasan kulit), dan produksi sel kulit baru.

6. Melembapkan Kulit 

Air saja tidak pernah menjadi pelembap yang cukup, dan hal yang sama berlaku untuk mentimun. Perawatan dengan air atau jus mentimun yang diikuti dengan pelembap wajah sesuai tipe kulit Anda, dipercaya bisa menjadi pelembap yang ideal terutama bagi kulit kering. 

Faktanya, peneliti menemukan bahwa perawatan dengan mentimun tanpa pelembap, justru mengakibatkan penurunan hidrasi kulit.

3 dari 4 halaman

7. Masker Alami untuk Atasi Penuaan Kulit

Timun mengandung vitamin C, K, B, dan asam caffeic yang merupakan antioksidan. Bila diterapkan pada kulit, dapat membantu melawan kerutan, kerusakan akibat sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Semua manfaat di atas adalah bukti bahwa timun memang memiliki manfaat melimpah untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Selain bisa dijadikan lalapan atau jus, timun juga bisa Anda manfaatkan untuk kecantikan kulit wajah. Lakukanlah secara rutin dan kombinasikan dengan pola hidup sehat agar hasilnya optimal.

Ingin mengetahui info kesehatan lainnya? Tanyakan langsung kepada dokter-dokter kami dengan menggunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar