Sukses

Mengenal Daun Stevia, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Daun stevia adalah pemanis alami yang juga memiliki khasiat positif bagi kesehatan tubuh Anda. Apa saja manfaat daun stevia? Cari tahu di sini.

Stevia merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Latin. Karena memiliki rasa  manis alami, daun stevia telah digunakan sebagai pemanis sejak ratusan tahun lalu.

Nama latin dari daun yang termasuk ke dalam keluarga bunga matahari ini adalah Stevia rebaudiana. Daun tersebut kini banyak dibudidayakan di Paraguay, Kenya, Cina, Amerika, Vietnam, Brazil, India, Argentina, dan Kolombia.

Daun stevia umum digunakan sebagai pemanis minuman atau dikonsumsi begitu saja untuk mendapatkan rasa manisnya. Stevia memiliki rasa manis alami karena mengandung senyawa kimia steviol glikosida dengan tingkat kemanisan 250–300 kali lipat dari sukrosa (gula murni).

Karena sangat manis, maka penggunaan stevia sedikit saja sudah cukup untuk memberi rasa di dalam minuman. Meski rasanya jauh lebih manis daripada gula, stevia tidak menambah kalori alias memiliki nol kalori. Oleh karena itu, stevia kini marak digunakan sebagai pengganti gula.

1 dari 3 halaman

Manfaat Daun Stevia

Di balik kegunaannya untuk menggantikan gula konvensional, daun stevia juga menyimpan beragam manfaat sehat. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menurunkan Berat Badan

Karena mengandung nol kalori, maka mengonsumsi stevia sebagai pemanis tidak akan menambah kalori sama sekali ke dalam tubuh Anda. Dengan demikian, Anda tetap dapat menikmati teh dan kopi manis tanpa harus takut mengalami kenaikan berat badan.

Hal ini dapat dimanfaatkan oleh Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan atau siapa pun yang ingin menjaga berat badan ideal.

2. Baik Dikonsumsi untuk Orang Diabetes

Bagi pengidap diabetes yang harus selalu mengontrol kadar gula darahnya agar tetap stabil, dokter umumnya tidak menyarankan konsumsi gula dan minuman manis. Sebaliknya, dokter akan menganjurkan untuk menggantinya dengan pemanis buatan.

Menurut penelitian, stevia tergolong aman untuk digunakan sebagai pemanis buatan oleh orang dengan diabetes. Karena bukan gula dan mengandung nol kalori, maka konsumsi stevia tidak merusak kestabilan kadar gula darah, termasuk untuk pengidap diabetes.

Pada penelitian lain, stevia diketahui dapat menurunkan kadar insulin dan glukosa darah. Tak hanya itu, stevia juga dapat menambah kepuasan makan dan rasa kenyang lebih lama. Manfaat tersebut mampu membuat orang diabetes mengontrol keinginan untuk makan atau ngemil berlebihan.

Artikel lainnya: Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan

3. Bantu Stabilkan Kolesterol

Penelitian menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi stevia selama satu bulan mengalami peningkatan kadar kolesterol baik (HDL), serta penurunan kadar kolesterol total, baik kadar LDL (kolesterol jahat) maupun trigliserida.  

4. Tidak Menyebabkan Gigi berlubang

Tidak seperti gula konvensional yang dapat menyebabkan gigi berlubang atau karies, stevia ramah untuk kesehatan gigi dan rongga mulut. Kendati demikian, Anda tetap disarankan untuk rajin menyikat gigi sebanyak dua kali sehari.

5. Bantu Cegah Kanker Pankreas

Stevia mengandung komponen sterol dan antioksidan. Salah satu zat yang ada  di dalam antioksidan adalah kaemprefol. Studi menyatakan bahwa kandungan kaempferol dapat menurunkan risiko kanker pankreas hingga sebesar 23 persen. Manfaat inilah yang menjadikan stevia unggul dibandingkan pemanis tambahan lainnya.

6. Bantu Kurangi Konsumsi Gula pada Anak

Anak-anak umumnya sangat suka makan makanan manis dengan gula tambahan. Kegemaran tersebut merupakan penyebab tingginya angka anak obesitas serta banyaknya jumlah anak yang mengalami kerusakan gigi.

Penggunaan stevia sebagai pemanis pengganti di berbagai kudapan manis dapat menjadi alternatif agar anak tak alami risiko tersebut.

7. Memelihara Tekanan Darah yang Sehat

Beberapa jenis glukosida di dalam kandungan stevia disinyalir dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Kandungan ini juga dikatakan dapat meningkatkan pembuangan natrium dan frekuensi buang air kecil.

Kondisi tersebut dipercaya dapat membantu cegah tekanan darah tinggi. Kendati begitu, masih dibutuhkan lebih banyak studi untuk membuktikan manfaat ini.

Artikel Lainnya: 8 Manfaat Daun Saga bagi Kesehatan

2 dari 3 halaman

Adakah Efek Samping dari Daun Stevia?

Meski daun stevia tergolong aman untuk kebanyakan orang, namun pemanis ini juga dapat menimbulkan efek samping.

Stevia diduga dapat memengaruhi kondisi keseimbangan flora normal di saluran pencernaan. Flora tersebut memiliki banyak peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia.

Tak hanya itu, flora normal berfungsi untuk mendukung daya tahan tubuh dan memelihara keseimbangan berbagai komponen tubuh.

Gangguan flora normal di saluran pencernaan disinyalir dapat memengaruhi kadar kolesterol dan indeks massa tubuh. Selain itu, beberapa produk pemanis stevia kerap mengandung alkohol gula seperti sorbitol. Bagi orang dengan saluran pencernaan sensitif, kandungan sorbitol dapat menimbulkan keluhan, seperti kembung, mual, dan diare.

Itu dia berbagai informasi seputar manfaat dan efek daun stevia bagi kesehatan tubuh Anda. Apakah Anda tertarik untuk mengganti gula konvensional dengan stevia mulai sekarang? Tetap ingat untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, ya! Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar