Sukses

Bahaya Akibat Sering Mengucek Mata

Mengucek mata merupakan kebiasaan buruk yang harus Anda segera hentikan. Pasalnya, mengucek mata bisa menimbulkan sejumlah bahaya bagi kesehatan mata. Simak penjelasannya.

Jika Anda menatap layar komputer sepanjang hari, tak ada hal yang lebih memuaskan selain mengucek mata. Terlebih ketika mengalami mata gatal. Memang, ada alasan bagus dan efek terapeutik dari mengucek mata, yakni menstimulasi saraf vagus yang dapat memperlambat detak jantung dan mengurangi stres.

Mengucek mata juga merupakan reaksi tubuh untuk melumasi mata saat mata Anda kering. Debu-debu atau partikel yang menempel pada area mata dapat berkurang karena tersapu air mata setelah Anda mengucek mata.

Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, anjuran untuk tidak menyentuh area mata apalagi mengucek mata sedang gencar dilakukan. Walau Anda sedang merasa kelelahan dan ingin sekali mengucek mata, jangan lupa membersihkan tangan terlebih dulu dengan menggunakan sabun agar meminimalkan terjangkit virus corona.

1 dari 3 halaman

Akibat Sering Mengucek Mata

Di sisi lain, mengucek mata juga dapat meningkatkan risiko beragam gangguan kesehatan. Berikut beberapa hal buruk yang dapat muncul akibat sering mengucek mata:

  1. Penyakit Mata yang Serius

Mengucek mata berulang kali dapat mengakibatkan melemahnya kornea dan distorsi kornea yang disebut keratoconus.

Jika kerusakan kornea yang terjadi cukup parah, Anda mungkin memerlukan transplantasi kornea agar kondisi mata bisa kembali seperti semula.

  1. Kornea Tergores

Bulu mata atau debu yang menempel di mata bikin Anda tergoda untuk mengucek mata. Bukannya baik, hal ini justru bisa menyebabkan tergoresnya kornea mata Anda bahkan menyebabkan luka pada kornea. 

Daripada mengucek, lebih baik gunakan air bersih atau tetes mata yang mengandung air mata buatan untuk membilas mata Anda agar bersih seperti sedia kala.

Artikel lainnya: Mata Merah Tanda Gejala Positif Corona, Hoaks atau Fakta?

  1. Infeksi Mata

Meski terlihat bersih dan sudah dicuci, kuman tak akan hilang sepenuhnya dari tangan Anda. 

Menurut American Optometric Association, menyentuh mata dengan tangan dapat mentransfer kuman-kuman jahat. Hal paling ringan yang bisa terjadi sebagai akibatnya adalah konjungtivitis atau mata merah.

  1. Kelopak Mata Menjadi Longgar

Kelopak mata bisa kehilangan elastisitasnya jika Anda sering mengucek mata. Meski tidak menyebabkan keluhan signifikan, bentuk kelopak mata yang longgar tentu bisa sangat mengganggu penampilan.

Artikel lainnya: Mata Anak Kelilipan Debu Saat Lomba 17 Agustus? Ini Solusinya

  1. Mata Merah

Mengucek mata yang dilakukan cukup keras dan berkelanjutan bisa menyebabkan pembuluh darah di mata mengalami kerusakan hingga akhirnya pecah. Kondisi ini disebut dengan subconjunctival hemorrhage

Hal ini bisa menyebabkan darah di sekitar mata mengalir ke jaringan di sekitarnya. Akibatnya, mata merah dan lebam tak bisa dihindari lagi.

Selain kondisi-kondisi tersebut, kebiasaan mengucek mata juga dapat membuat kulit keriput, lho. Pasalnya, mengucek mata dapat meregangkan kulit yang sensitif pada area ini serta merusak kolagen dan elastin. Akibatnya, keriput yang mengganggu pun muncul.

2 dari 3 halaman

Lalu, Apa yang Harus Dilakukan Saat Mata Gatal?

Ketika mata mengalami gatal atau mengganjal, pasti rasanya sangat mengganggu. Hal ini bisa memicu kita untuk langsung mengucek mata. Namun, sebenarnya ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi gatal pada mata:

  • Bilas mata dengan air bersih atau cairan steril yang dibuat khusus untuk membersihkan mata.
  • Kompres menggunakan kapas kosmetik yang direndam di dalam air dingin. Lakukan ini empat kali dalam sehari dengan durasi sekitar 3-5 menit.
  • Gunakan tetes mata yang mengandung air mata buatan.

Jadi, sangat tidak disarankan untuk mengucek mata ketika mengalami gatal karena dapat menimbulkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan mata. Anda dapat menerapkan beberapa tips di atas ketimbang mengucek mata. 

Namun, jika keluhan tak kunjung membaik, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata sehingga dapat diberikan terapi yang tepat. Jika ingin menanyakan tentang informasi kesehatan lainnya, bisa bertanya kepada dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar