HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi15 Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak, Baik untuk Kolesterol dan Imun
Diet dan Nutrisi

15 Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak, Baik untuk Kolesterol dan Imun

Aprinda, 13 Jul 2023

Ditinjau Oleh dr. Gia Pratama

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak cuma enak di lidah, buah sirsak akan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Berikut manfaat buah sirsak yang perlu kamu tahu!

15 Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak, Baik untuk Kolesterol dan Imun

Bisa dibilang, sirsak adalah salah satu buah favorit masyarakat. Daging buahnya berserat dengan rasa sedikit asam tapi segar. Biasanya, buah ini dinikmati secara langsung tapi juga bisa disajikan menjadi jus

Sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2, kalsium, kalium, serat, fosfor, zat besi, zink, dan tembaga.

Dari berbagai kandungan gizi di dalamnya, manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang perlu kamu tahu, di antaranya:

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sirsak merupakan sumber serat yang sangat baik. Disampaikan oleh dr. Gia Pratama, kandungan serat dalam buah sirsak membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Beliau juga menambahkan, “Serat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit pencernaan seperti divertikulitis, wasir, dan kanker usus.”

2. Meningkatkan Sistem Imun

“Kandungan vitamin C dalam buah sirsak bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit”, ujar dr. Gia.

Vitamin C diketahui bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan fungsi sel darah putih. Salah satu fungsi sel darah putih adalah menghasilkan antibodi yang berperan melawan infeksi patogen (bibit penyakit).

3. Menstabilkan Tekanan Darah

Terdapat 14 mg kalium per 100 gram sirsak sirsak. Kalium berfungsi untuk menyaring kelebihan garam (natrium) dalam tubuh. Kadar natrium dapat meningkatkan tekanan darah.

Dengan kata lain, kalium pada buah sirsak memberi manfaat dengan menjaga keseimbangan natrium agar tekanan darah tetap normal. Kalium juga dapat membantu pembuluh darah tetap rileks, sehingga memungkinkan sirkulasi yang lebih baik.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat konsumsi buah atau jus sirsak yang dapat menstabilkan tekanan darah, ternyata berdampak baik untuk jantung.

Hal ini sejalan dengan penuturan dr. Gia, “Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa fitokimia dalam buah sirsak dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan memperbaiki profil lipid, sehingga menjaga kesehatan jantung.”

5. Berpotensi Melawan Kanker

8 Cara Turunkan Faktor Risiko Kanker (Jovan-Vitanovski/Shutterstock)

“Studi in vitro dan pada hewan menunjukkan bahwa senyawa-senyawa dalam buah sirsak memiliki potensi antitumor dan dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker”, papar dr. Gia. 

Manfaat khasiat buah sirsak ini juga berasal dari senyawa graviola dan flavonoid yang punya aktivitas antiradang dan pelindung sel.

“Kendati begitu, dibutuhkan studi lebih lanjut agar hasil ini lebih valid dan dapat diaplikasikan pada pengobatan-pengobatan kanker di masa depan”, tegas dr. Gia.

Artikel Lainnya: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan Anda

6. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas bisa merusak sel-sel tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan peradangan, bahkan meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Buah sirsak diketahui mengandung antioksidan tinggi, seperti asetogenin, flavonoid, dan polifenol.

“Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit”, jelas dr. Gia.

7. Mengurangi Peradangan

Peradangan pada sel-sel tubuh bisa berujung dengan peningkatan risiko penyakit kronis, seperti arthritis (radang sendi).

“Senyawa-senyawa fitokimia dalam buah sirsak memiliki sifat antiradang, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit inflamasi kronis, seperti arthritis”, ucap dr. Gia.

Manfaat buah sirsak ini bisa kamu dapatkan jika dikonsumsi dengan makanan sehat lainnya secara rutin.

8. Memperlambat Penuaan

“Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah sirsak dapat membantu menjaga kesehatan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, serta membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit”, ujar dr. Gia.

Ya, paparan radikal bebas dari polusi, asap rokok, dan sinar ultraviolet menjadi faktor penuaan pada kulit. Kulitmu bisa kering, berkerut, mengendur, dan tampak bintik hitam.

Selain meminimalkan paparan dari berbagai faktornya, konsumsi makanan antioksidan, seperti buah sirsak bisa sangat membantu memperlambat proses penuaan.

9. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Sirsak telah terbukti membantu mengatur kadar gula darah dalam beberapa penelitian pada hewan.

Pada penelitian yang diterbitkan pada Journal of Ethnopharmacology, pemberian ekstrak sirsak pada tikus diabetes mengurangi kadar gula darah hingga 75 persen.

Namun, penelitian pada hewan ini menggunakan jumlah ekstrak sirsak yang terkonsentrasi. Itu artinya, jumlah buah sirsaknya cukup banyak jika dikonsumsi sebagai makanan.

Meskipun diperlukan penelitian pada manusia, temuan ini menunjukkan bahwa buah sirsak matang punya manfaat bagi penderita diabetes jika dipasangkan dengan diet sehat dan gaya hidup aktif.

10. Melancarkan Diet

Kandungan serat pada buah sirsak cukup tinggi. Nutrisinya bisa kamu manfaatkan sebagai camilan saat diet. Serat membuat perut kenyang lebih lama. Efeknya ini menahan keinginan kamu untuk ngemil makanan tidak sehat.

Kamu bisa menikmati buah sirsak ini dengan dimakan langsung, dibuat jus buah, atau smoothies. Jangan lupa untuk imbangkan dengan aktivitas fisik yang optimal.

Artikel Lainnya: 17 Jenis Sayuran untuk Diet yang Bisa Anda Coba

11. Menjaga Kesehatan Tulang

Sel-sel tulang membutuhkan kalsium dan vitamin D agar bisa berfungsi secara optimal. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut, kamu bisa mengonsumsi buah sirsak.

Buah ini dilengkapi dengan kalsium, yang menjadi komponen utama tulang. Mineral ini memberikan kekuatan dan struktur kerangka tubuh. Kamu bisa mengoptimalkan manfaat buah sirsak ini dengan berjemur di pagi hari dan mengonsumsi produk susu.

12. Mencegah Sembelit

Ilustrasi manfaat bengkoang untuk mencegah sembelit

Sembelit adalah kondisi yang umum dikeluhkan. Untungnya, masalah pencernaan ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan berserat, seperti buah sirsak.

Serat pada buah sirsak menjaga tekstur feses tetap lunak. Feses jadi lebih mudah melewati usus besar dan dikeluarkan oleh tubuh. Khasiat buah sirsak ini perlu kamu dapatkan dengan mencukupi juga kebutuhan cairan per harinya.

13. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol memang dibutuhkan tubuh kamu. Akan tetapi, jumlah yang dibutuhkan tidaklah banyak. Jika kamu sering mengonsumsi makanan tinggi lemak, kadar kolesterol bisa meningkat.

Seiring waktu, kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko kadar kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Menurut penelitian yang dilakukan mahasiswa Universitas UPN Veteran, ekstrak sirsak dapat menurunkan kadar kolesterol pada tikus putih.

14. Mempercepat Pemulihan Tubuh dari Flu atau Pilek

Khasiat buah sirsak ini berhubungan dengan manfaatnya dalam meningkatkan sistem imun. Jadi, kandungan vitamin C dapat mendorong tubuh lebih cepat pulih dari infeksi virus, seperti flu maupun pilek.

Nah, vitamin C dapat kamu temukan dalam berbagai macam buah, seperti sirsak, jeruk, mangga, dan jambu biji. Sirsak yang bertekstur lembut, manis, dan harum cukup meningkatkan nafsu makan kamu saat terserang pilek.

15. Mendukung Kesehatan Ibu Hamil

Beragam nutrisi dari buah sirsak memberi banyak manfaat untuk wanita hamil. Pasalnya, sirsak mengandung asam folat, zat besi, zink, dan mineral serta vitamin lainnya.

Selain sebagai perlindungan terhadap ibu hamil, zat besi dan asam folat bisa mendukung perkembangan janin di dalam kandungan.

Artikel Lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Sudah tahu apa saja manfaat buah sirsak untuk kesehatan? Jadi, jangan lagi melewatkan buah ini sebagai camilan atau pencuci mulut saat makan, ya.

Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi seperti ini untuk bantu #JagaSehatmu di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Yuk, download dan gunakan fitur-fiturnya!

(NM)

sistem kekebalan tubuhKesehatanKolesterolantioksidanvitamin CantikankerSirsakManfaat SirsakHipertensi

Konsultasi Dokter Terkait