Sukses

Yuk, Lebih Sehat dengan Menari

Tak sekadar menyenangkan, menari juga dapat membuat tubuh Anda lebih sehat. Simak selengkapnya.

Klikdokter.com, Jakarta Anda sedang bosan? Gundah gulana? Atau ingin tubuh tetap ideal? Menari saja! Tak sekadar menyenangkan, nyatanya menari bisa menyehatkan organ-organ tubuh Anda.

Dilansir TIME dan sumber lainnya, berikut ini adalah sejumlah manfaat menari untuk kesehatan:

  • Memperbaiki keseimbangan tubuh

Jika Anda merasa sudah terlalu tua dan sakit untuk menari, singkirkan pikiran seperti itu. Banyak studi yang menyebutkan bahwa menari dapat memperbaiki keseimbangan, bahkan pada seseorang yang berusia lanjut dan mengalami Parkinson maupun penyakit gangguan gerak lainnya.

  • Memengaruhi suasana hati

Menari dengan iringan musik memang menyenangkan. Hal ini bisa dibuktikan dengan berkurangnya rasa stres setelah Anda selesai menari. Rasanya beban jadi sedikit terangkat, bukan? Nah, sebuah studi tahun 2007 juga menemukan bahwa menari dapat menurunkan stres dengan cara yang mirip dengan latihan aerobik.

  • Membantu pasien depresi dan kecemasan

Sebuah studi yang dipublikasikan di The Arts in Psychotherapy menyebutkan bahwa menari bisa menjadi salah satu pilihan terapi bagi para pasien depresi dan kecemasan. Ini termasuk tarian tradisional seperti tari Kecak atau Jaipong, dimana keduanya dapat membuat pikiran lebih fokus dan lepas dari segala macam penat.

  • Meningkatkan kemampuan otak

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Aging Neuroscience melihat bahwa menari dapat meningkatkan integritas otak orang dewasa. Menari disebut-sebut mampu meminimalkan risiko terjadinya masalah ingatan di kemudian hari.

  • Terapi untuk gangguan kecemasan sosial (social anxiety disorder)

Manfaat psikologis dari menari juga mengesankan. Sejumlah ahli mengatakan, menari merupakan salah satu terapi yang efektif bagi orang dengan gangguan kecemasan sosial atau mereka yang takut berbicara di depan umum.

  • Mengasah kemampuan problem solving

Ternyata menari juga bisa mengasah kemampuan problem solving. Ketika seseorang terlibat dalam sebuah tarian improvisasi, maka ini bisa membantu mereka berpikir divergen (kemampuan menemukan banyak solusi untuk sebuah permasalahan).

Sementara itu, ketika seseorang terlibat dalam sebuah tarian yang terstruktur, aktivitas tersebut membantu dirinya mengembangkan cara berpikir konvergen (kemampuan untuk mendapatkan satu jawaban dalam sebuah masalah).

  • Menguatkan kerja otot jantung dan paru-paru

Tahukah Anda, gerakan-gerakan yang dilakukan ketika menari berpengaruh baik pada ketahanan kerja otot jantung dan paru? Karena itu, menari bisa menjadi pilihan olahraga jenis aerobik yang bagus untuk kesehatan jantung.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa pada orang-orang dengan gagal jantung yang stabil, menari waltz dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah sekaligus kualitas hidup.

  • Menjaga berat badan tetap ideal

Menari juga baik untuk menjaga berat badan ideal Anda. Pasalnya, menari dapat membakar hingga 240 kalori. Pada umumnya, seseorang bisa membakar hingga 200 kalori saat menari. Contohnya pada orang yang melakukan gerakan tarian tango, maka jumlah kalori yang terbakar dapat mencapai 200 kalori.

Banyak sekali, bukan, manfaat dari menari? Jika Anda ingin menurunkan berat badan hingga meningkatkan kemampuan otak, cobalah untuk menari secara rutin. Tapi jangan lupa juga untuk melakukan gaya hidup sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, menghindari stres yang berlarut, menghindari rokok dan membatasi alkohol, dan lainnya.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar