Sukses

Manfaat Makan Malam bersama Keluarga

Zaman serba sibuk seperti sekarang, kebiasaan makan malam bersama perlahan mulai ditinggalkan. Padahal, makan malam bersama memiliki banyak manfaat.

Makan malam bersama keluarga tak hanya sekadar makan bersama. Sayangnya, kini kebiasaan ini mulai terkikis dan sering dilewatkan karena alasan kesibukan. Selain berkumpul bersama, ada banyak manfaat makan malam bersama keluarga yang terlalu berharga jika dilewatkan.

Dilansir dari Psychology Today, makan malam bersama menawarkan kenyamanan untuk setiap anggota keluarga, khususnya anak. Bahkan, kebiasaan ini mampu membantu setiap anggota keluarga untuk tetap bisa berpikir positif dan melewati masa-masa sulit.

Tak dilakukan setiap malam sebenarnya tak masalah. Namun, jika Anda bisa menjadikan ini sebagai prioritas, meski hanya sekali dalam seminggu, akan bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga.

Berikut adalah manfaat makan bersama keluarga yang bisa Anda dapatkan:

1 dari 4 halaman

1. Mencegah Obesitas

Tanpa disadari, makan malam sendirian berdampak negatif. Kita tidak tahu apa yang kita makan. Yang penting makan secepat mungkin dan sekenyang mungkin. Ketika makan malam bersama, orang tua dapat menyajikan makanan sehat dan bergizi, sehingga ini turut membantu Anda terhindar dari obesitas

Artikel Lainnya: Makan Bersama Keluarga Membentuk Pola Makan Remaja Lebih Baik

2. Terbiasa Makan Makanan Sehat

Sajikan makanan sehat ketika makan malam, seperti buah atau sayur yang mengandung kaya vitamin dan gizi. Orang tua pun bisa mengajarkan anak tentang pentingnya makanan sehat agar anak terbiasa. Jadi, manfaat makan bersama keluarga juga berhubungan dengan pola makan yang sehat. 

3. Jauh dari Junk Food

Makan malam bersama hendaknya dilakukan di rumah. Supaya makanan yang disajikan di meja bisa diperhatikan gizinya. Terbukti dari sebuah penelitian bahwa anak-anak dari keluarga yang memiliki makan malam bersama jarang makan junk food dan soft drink.

2 dari 4 halaman

4. Meningkatkan Keterampilan dan Perilaku Sosial Anak

Manfaat makan bersama keluarga lainnya adalah meningkatkan keterampilan sosial anak. Anak yang sering duduk makan bersama keluarga dan saudara-saudaranya memiliki kecenderungan lebih ulet serta memiliki sifat sopan dalam berbicara kepada orang yang lebih tua, dibanding anak yang tidak punya kebiasaan makan bersama. 

5. Belajar Bertanggung Jawab

Sekilas, hal-hal kecil seperti menata piring, gelas, sendok dan alat makan lainnya mungkin tidak penting untuk dilakukan. Namun, di sisi lain hal tersebut justru mengajarkan anak pentingnya mempersiapkan sesuatu hal dengan baik dan menyelesaikannya dengan rasa tanggung jawab

Artikel Lainnya: 3 Alasan Mengapa Anda Tak Boleh Melewatkan Makan Malam

6. Anak Merasa Aman dan Mendapatkan Dukungan 

Anak yang sering makan bersama keluarga akan cenderung merasa aman. Karena, di satu meja tersebut lengkap bersama orang-orang terdekatnya bahkan dengan kerabat. 

Hal ini membuat anak merasa apabila ke depannya mendapatkan masalah atau rintangan dalam hidup, mereka akan mencoba berdiskusi dan menyelesaikan masalah tersebut dengan baik. Jadi, manfaat makan bersama keluarga sangat penting untuk kehidupan anak di masa mendatang. 

3 dari 4 halaman

7. Memperbaiki Kualitas Pola Makan

Jenis makanan dan waktu makan akan ditentukan apabila Anda sering makan Bersama. Hal ini akan menjauhkan Anda dari kebiasaan jajan dan makan makanan yang nutrisinya kurang begitu menyehatkan.

8. Meningkatkan Rasa Kualitas dalam Berkeluarga

Manfaat makan bersama keluarga berhubungan dengan kualitas hubungan antara anggota keluarga. Karena rasa kebersamaan akan timbul seiring dengan waktu, apalagi bila seseorang dapat makan bersama keluarganya. Mereka akan merasa lebih dihargai dan dicintai.

Beberapa manfaat makan malam bersama keluarga yang disebutkan di atas tampak sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

Meski sibuk, sempatkanlah menjadwalkan rutinitas ini, paling tidak seminggu sekali. Dengan berkumpul bersama sambil makan, kehangatan hubungan keluarga pun menguat.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar