Sukses

Manfaat Makan Malam Bersama Keluarga

Selain menciptakan kebersamaan, makan malam bersama keluarga ternyata memiliki banyak manfaat lainnya. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Makan malam bersama keluarga tak hanya sekadar makan bersama. Sayangnya, kini kebiasaan ini mulai terkikis dan sering dilewatkan karena alasan kesibukan anggota keluarga. Selain berkumpul bersama, ada banyak manfaat dari makan malam bersama keluarga yang terlalu berharga jika dilewatkan.

Dilansir dari Psychology Today, makan malam bersama menawarkan kenyamanan untuk setiap anggota keluarga, khususnya anak. Bahkan, kebiasaan ini mampu membantu setiap anggota keluarga untuk tetap bisa berpikir positif dan melewati masa-masa sulit.

Tak dilakukan setiap malam sebenarnya tak masalah. Namun, jika Anda bisa menjadikan ini sebagai prioritas, meski hanya sekali dalam seminggu, akan bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga.

Manfaat makan malam bersama

Menurut Julia Linker, Ph.D., asisten profesor di Departemen Psikiatri di Universitas Commonwealth Virgina, Amerika Serikat, kepada Psychology Today, makan malam bersama keluarga juga bisa jadi ajang belajar.

“Bagi orang tua, inilah waktu untuk mempelajari pikiran anak-anak. Meja makan adalah tempat yang natural untuk memulai perbincangan,” kata Julia.

Orang tua juga punya kesempatan untuk membantu anak tumbuh dan berkembang. Pertama-tama, Anda bisa mengajarkan anak tentang keterampilan dan perilaku sosial. Tidaklah mudah untuk anak duduk diam dalam waktu lama, atau menunggu giliran kapan mereka bisa terlibat dalam percakapan. Mereka pun harus berlatih, dan makan malam bersama keluarga menjadikan mereka belajar hal-hal ini ketika mereka merasa aman dan mendapatkan dukungan.

Sebagai tambahan, makan malam bersama keluarga memberikan kesempatan bagi anak untuk memikul tanggung jawab lewat pekerjaan rumah. Bahkan, anak bisa membantu melipat serbet untuk diletakkan di atas meja atau membawa piring kotor ke tempat cucian piring. Seiring bertambahnya usia, Anda bisa mendampingi anak dengan tanggung jawab yang lebih “berat” seperti mengatur meja makan, membantu memasak, atau bersih-bersih.

Ada penelitian dalam “Journal of Nutrition Education and Behavior” tahun 2009 yang membahas mengenai keuntungan dari makan rutin bersama-sama keluarga dengan kualitas pola makan remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang sering makan bersama keluarganya memiliki pola makan lebih baik. Makanannya pun lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang jarang makan bersama dengan keluarga.

Manfaat lain makan malam bersama keluarga untuk kesehatan anak

Ditambahkan oleh dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, ada beberapa manfaat lain untuk anak jika ia terbiasa makan malam bersama keluarga, yaitu:

1. Mencegah obesitas

Tanpa disadari, makan malam sendirian berdampak negatif. Kita tidak tahu apa yang kita makan. Yang penting makan secepat mungkin dan sekenyang mungkin. Ketika makan malam bersama, orang tua dapat menyajikan makanan sehat dan bergizi.

2. Terbiasa makan makanan sehat

Sajikan makanan sehat ketika makan malam, seperti buah atau sayur yang mengandung kaya vitamin dan gizi. Orang tua pun bisa mengajarkan anak tentang pentingnya makanan sehat agar anak terbiasa.

3. Jauh dari junk food

Makan malam bersama hendaknya dilakukan di rumah. Supaya makanan yang disajikan di meja bisa diperhatikan gizinya. Terbukti dari sebuah penelitan bahwa anak-anak dari keluarga yang memiliki makan malam bersama jarang makan junk food dan soft drink.

Beberapa manfaat dari makan malam bersama keluarga yang disebutkan di atas tampak sayang untuk dilewatkan begitu saja. Meski sibuk, sempatkanlah menjadwalkan rutinitas ini, paling tidak seminggu sekali. Dengan berkumpul bersama sambil makan, kehangatan hubungan keluarga pun menguat.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar