Sukses

Yuk, Konsumsi 5 Makanan Ini agar Terhindar dari Stroke!

Mencegah terkena penyakit stroke ternyata tidak sulit. Kuncinya adalah cukup dengan mengonsumsi deretan makanan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Stroke merupakan salah satu perenggut nyawa terbesar di dunia. Penyakit ini disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah di otak (iskemik), atau bisa juga terjadi karena pecahnya pembuluh darah di otak, yang dikenal juga dengan stroke hemoragik.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, masa golden period seseorang yang mengalami stroke adalah tiga jam setelah stroke mulai menyerang. Karena pada masa ini penderita masih sangat mungkin terhindar dari stroke, bila langsung ditangani dengan benar.

“Stroke atau serangan otak bisa terjadi akibat sumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik) yang menyebabkan perdarahan pada organ otak. Kondisi ini menyebabkan kerusakan sel otak, sehingga otak tidak dapat berfungsi dengan semestinya,” ujar dr. Astrid.

Kenali gejala stroke yang mungkin menyerang

Lebih lanjut, dr. Astrid menjelaskan bahwa gejala stroke bisa diiringi dengan tanda-tanda seperti:

  • Rasa kebas atau sensasi abnormal pada lengan, tungkai atau salah satu sisi tubuh
  • Kelemahan atau kelumpuhan lengan, tungkai atau salah satu sisi tubuh
  • Berkurangnya penglihatan atau pendengaran
  • Penglihatan ganda
  • Rasa pusing yang sering menyerang
  • Kesulitan dalam mengucapkan kata-kata yang tepat
  • Sulit menggerakkan bagian tubuh tertentu dan pergerakan tubuh yang tergolong tidak normal
  • Sulit mengendalikan kandung kemih, misalnya tak bisa menahan kencing
  • Ketidakseimbangan tubuh yang membuat Anda mudah terjatuh
  • Pingsan secara tiba-tiba
1 dari 2 halaman

Cegah stroke dengan makanan ini

Ada banyak cara untuk mencegah stroke, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini adalah deretan makanan yang bisa Anda konsumsi agar terhindar dari risiko serangan stroke.

  1. Salmon

Makan ikan salmon tiga kali atau lebih dalam seminggu dapat menurunkan risiko stroke sebesar 6-12 persen. Sebab, kandungan omega-3 dalam ikan dapat mengurangi peradangan di arteri, membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi kemungkinan pembekuan darah.

Makan lebih banyak ikan juga bisa menjadi kiat ampuh meminimalkan asupan daging merah dan daging olahan yang mengandung lebih banyak lemak jenuh. Cobalah makan setidaknya dua porsi ikan sebanyak 8-12 ons setiap minggunya.

  1. Oatmeal

Ya, oatmeal juga baik untuk mencegah penyakit stroke. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah sekitar otak dan meningkatkan risko stroke. Atasi dengan mengonsumsi satu porsi cangkir oatmeal yang mengandung sekitar 15 persen serat larut. Takaran ini adalah rekomendasi untuk asupan harian Anda.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu asupan terbaik Anda untuk karbohidrat yang kaya serat saat makan malam. Setengah cangkir ubi jalar tanpa kulit mengandung 1,8 gram serat larut yang penting untuk tubuh. Selain itu, ubi jalar juga kaya akan antioksidan yang efektif membantu mencegah penumpukan plak.

  1. Pisang

Makan pisang yang mengandung potasium dapat menurunkan tekanan darah, bahkan bagi Anda yang menderita hipertensi. Sebuah studi menemukan bahwa makan lebih banyak potasium dapat membantu Anda mengurangi risiko stroke hingga 24 persen.

Kandungan dalam buah pisang dapat meningkatkan sensitivitas insulin sebagai pengontrol gula darah, sehingga membantu mengoptimalkan aliran darah serta mengurangi tekanan darah.

  1. Dark chocolate

Dark chocolate alias cokelat hitam sangat baik untuk kesehatan otak Anda. Jumlah kakao dalam cokelat hitam memberikan berbagai khasiat yang ampuh untuk melawan stroke, yaitu flavonoid.

Sebuah studi yang tertera pada jurnal Nutrition menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi tiga porsi cokelat per minggu berhasil mengurangi risiko stroke. Meski demikian, Anda tidak boleh berlebihan saat mengonsumsi jenis coklat yang satu ini.

Yuk, konsumsi berbagai jenis makanan di atas agar Anda tidak terhindar dari penyakit stroke. Sebagai alternatif, Anda pun bisa mengonsumsi kale, bayam, beragam biji-bijian, almond, hingga bawang putih. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat, ubahlah gaya hidup Anda mulai sekarang menjadi lebih sehat dan hindari kebiasaan buruk seperti merokok atau mengonsumsi alkohol.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar