Sukses

Tips Atasi Badan Lemas Usai Nonton Pembukaan Asian Para Games

Badan lemas setelah menyaksikan keseruan pembukaan Asian Para Games? Kenali dulu penyebabnya dan atasi dengan cara berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Keriuhan pembukaan Asian Para Games kemarin (06/10) masih terekam dalam ingatan. Sayangnya, tiba-tiba Anda merasakan badan lemas. Canda tawa dan ulasan dari teman-teman yang turut menyaksikan acara pembukaan pun tidak Anda tanggapi dengan antusias karena terlalu lelah untuk membahasnya.

Alhasil, saat teman-teman mengajak Anda menyaksikan pertandingan di hari berikutnya, Anda terpaksa menolak dan memilih untuk merebahkan badan di tempat tidur. Sebelum berupaya untuk mengatasinya, kenali dulu penyebab badan lemas yang Anda alami agar bisa diatasi dengan lebih cepat dan tepat.

Sekilas penyebab badan lemas

Coba Anda ingat-ingat lagi, apakah Anda terlalu heboh saat acara pembukaan kemarin? Jika iya, bisa jadi Anda terlalu lelah dan kekurangan energi, sehingga tubuh Anda pun terasa lemas.

Selain itu, rasa tak berdaya yang Anda alami bisa juga karena efek dari menstruasi. Pasalnya, menstruasi pada wanita memang bisa membuat tubuh lebih lemas dari biasanya.

Namun, jika keduanya bukan alasan yang menyebabkan Anda merasa lemas, bisa jadi badan lemas yang Anda alami adalah tanda adanya penyakit tertentu seperti infeksi saluran kemih, gangguan pernapasan, gangguan pada kelenjar tiroid, ataupun anemia.

1 dari 3 halaman

Tips mengatasi badan lemas usai menonton Asian Para Games

Untuk mengatasi badan lemas, tentunya Anda harus berkonsultasi dulu ke dokter agar rasa lemas yang dirasakan bisa segera hilang. Sebaliknya, bila rasa lemas Anda timbul akibat dari kelelahan atau anemia ringan, lakukanlah tips berikut ini untuk mengusir lemas pada tubuh:

  1. Hindari konsumsi makanan siap saji

Nyatanya, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan siap saji dan mengandung pengawet dalam jangka panjang dapat menyebabkan badan lemas. Hal ini dijelaskan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Lebih baik, penuhi nutrisi harian Anda dengan asupan makanan yang menggunakan bahan alami, seperti biji chia, quinoa, pisang, gandum utuh, dan oatmeal untuk mengembalikan energi tubuh Anda.

Jika memiliki anemia ringan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen penambah darah untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Selain itu, olahlah daging merah tanpa lemak dan sayuran hijau seperti bayam untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.

  1. Istirahat dengan cukup

Saat badan terasa lelah, sebenarnya tidak ada obat yang paling mujarab selain tidur dan beristirahat. Jadi, tebuslah kelelahan Anda dengan tidur malam minimal 6 jam. Pastikan juga kamar tidur Anda memiliki cahaya yang redup dan cukup sunyi, untuk menjaga kualitas tidur. Untuk menambah ketenangan, tak ada salahnya Anda memasang aromaterapi di kamar saat tidur.

  1. Dengarkan musik yang dapat meningkatkan semangat

Psikolog dari University of Cambridge bernama David M. Greenberg menciptakan daftar lagu khusus yang dirancang secara ilmiah untuk memulai pagi hari yang lebih bersemangat. Nah, salah satu lagu yang dimasukkannya ke dalam daftar tersebut ialah Viva La Vida milik band asal Inggris, Coldplay.

Hasilnya, ketukan pada lagu tersebut dapat membuat denyut jantung responden berdetak antara 100 dan 130 setiap menit. Lagu tersebut pun cukup efektif untuk membuat tubuh bergerak dan memperbaiki suasana hati. Kisaran denyut jantung ini sangat ideal untuk menghasilkan efek motivasi. hingga dapat mengatasi badan lemas.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc., dari KlikDokter, bahwa mendengarkan melodi yang disukai dapat meningkatkan produksi hormon dopamin. Dengan demikian, mood pun ikut meningkat, sehingga Anda pun kembali bersemangat.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

  1. Berlatih yoga

Studi tahun 2017 dari Universitas Waterloo Kanada melaporkan bahwa berlatih hatha yoga dan meditasi dapat menambah energi dan meningkatkan fungsi otak. Sementara itu, berlatih yoga terbukti mampu melepaskan endorfin, meningkatkan aliran darah ke otak, dan mengurangi ingatan-ingatan buruk yang tersimpan di otak.

  1. Perbanyak cairan tubuh

Badan lemas yang Anda alami mungkin saja diakibatkan oleh kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh. Keluarnya laktat, asam amino, lemak, dan sodium lewat keringat pun akan menimbulkan rasa lemas di tubuh.

Oleh sebab itu, gantilah cairan tubuh yang keluar dengan memperbanyak minum air putih, jus buah, air kelapa, ataupun minuman olahraga yang mengandung ion. Berbagai jenis minuman tersebut dapat mengganti cairan keringat yang keluar saat Anda beraktivitas di hari sebelumnya.

Demikianlah berbagai hal yang bisa Anda lakukan saat mengalami badan lemas usai menyaksikan acara pembukaan Asian Para Games. Namun perlu diingat, tips di atas hanya boleh dilakukan ketika Anda tidak dalam kondisi sakit, ya. Pasalnya, cara mengatasi lemas akibat penyakit tertentu membutuhkan konsultasi dengan dokter.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar