Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Operasi Gigi Bungsu

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Operasi Gigi Bungsu

Setelah melakukan operasi gigi bungsu, makanan yang dikonsumsi tak boleh sembarangan. Ketahui makanan yang baik setelah operasi gigi bungsu di sini.

Tindakan operasi pencabutan gigi bungsu disebut dengan odontektomi. Odontektomi umumnya dilakukan ketika gigi bungsu tumbuh tidak normal. 

Posisi gigi bungsu bisa tumbuh hanya sebagian saja atau dengan posisi gigi yang miring. Bahkan, pada beberapa kasus, gigi bungsu bisa tidak muncul ke permukaan sama sekali, melainkan tertanam di dalam tulang. 

Karena odontektomi meliputi tindakan bedah, maka masa penyembuhannya cukup lama, kira-kira sekitar satu minggu atau lebih. Pemulihannya sangat bergantung kepada kepatuhan pasien terhadap anjuran-anjuran yang telah diberikan oleh dokter gigi, termasuk dalam hal makanan. 

Mengonsumsi makanan-makanan yang sehat setelah pencabutan gigi bungsu sangat penting karena nutrisi yang tepat dapat membantu proses penyembuhan luka. Tak hanya itu, makan makanan tepat juga bisa membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak yang akan timbul usai pencabutan gigi bungsu.

Berikut adalah makanan-makanan yang dapat dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu.

1 dari 4 halaman

1. Makanan Cair

Konsumsilah makanan cair seperti sup atau kaldu setelah operasi gigi bungsu. Makanan jenis ini membuat Anda tidak perlu mengunyah dan mengurangi risiko makanan masuk ke dalam soket bekas pencabutan gigi.

Selain sup, Anda juga bisa membuat minuman seperti smoothies dengan campuran buah atau sayuran untuk dapat memberikan nutrisi bagi tubuh.

Ada hal yang perlu diingat, hindari minum menggunakan sedotan karena dapat membuat bekuan darah terlepas dari soket gigi. Akibatnya, darah yang keluar dari area bekas pencabutan bisa bertambah banyak.

Artikel Lainnya: Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Gigi

2. Makanan yang Lembut

Sekitar tiga hari setelah mencabut gigi, Anda bisa menaikkan tekstur makanan menjadi sedikit lebih padat, namun tetap lembut. Misalnya, Anda bisa mengonsumsi makanan lembut, seperti bubur, kentang tumbuk, atau oatmeal

Makanan-makanan tersebut bisa menjadi sumber energi bagi tubuh Anda. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang suhunya panas, tunggulah hingga lebih hangat.

Mengunyah makanan padat dapat membantu melonggarkan otot-otot pengunyahan. Untuk mengonsumsi makanan tersebut, Anda dapat mengunyah pada satu sisi mulut saja selama beberapa hari. 

Setelah rasa sakit berkurang, Anda dapat menaikkan tekstur kembali seperti biasanya. Namun bila rasa sakit muncul lagi, Anda bisa kembali makan makanan yang lembut.

2 dari 4 halaman

3. Greek Yoghurt

Greek yoghurt merupakan produk olahan susu yang tinggi protein. Makanan yang tinggi protein dapat mempercepat penyembuhan luka. Selain itu greek yoghurt juga mengandung vitamin serta mineral seperti kalsium dan zinc.

Asupan zinc yang cukup juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Greek yoghurt punya tekstur lembut, bersuhu dingin, dan dapat menyejukkan rongga mulut sehingga bagus dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu. 

Artikel Lainnya: 6 Hal Ini Harus Dihindari Usai Operasi Gigi Bungsu

4. Es Krim Pisang

Es krim termasuk makanan yang baik untuk dikonsumsi pascaoperasi gigi bungsu. Akan tetapi, sebenarnya es krim termasuk makanan kurang bergizi karena mengandung gula yang tinggi. 

Kendati begitu, Anda bisa mencampurkan es krim dengan buah pisang! Selain rasanya enak, campuran pisang dapat menjadi tambahan nutrisi dan membuat perut menjadi cepat kenyang. Makan es krim campur pisang yang rasanya dingin dapat menenangkan luka bekas operasi cabut gigi. 

3 dari 4 halaman

5. Alpukat

Makan buah alpukat dapat membuat perut terasa kenyang. Tekstur dagingnya yang lembut dan creamy juga memudahkan untuk dimakan setelah operasi gigi bungsu. Alpukat merupakan sumber vitamin K, vitamin C dan kalium yang baik untuk tubuh. Setelah pencabutan gigi, Anda bisa mengonsumsi alpukat yang ditumbuk atau dibuat jus supaya lebih mudah dinikmati. 

6. Ikan Salmon

Ikan salmon bagus dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu karena tekstur dagingnya lembut dan mudah dikunyah. Ikan salmon juga merupakan salah satu jenis ikan dengan gizi paling menyehatkan. 

Salmon merupakan sumber protein dan lemak baik yaitu asam lemak Omega 3. Omega 3 bisa membantu penyembuhan luka dengan mengurangi peradangan setelah pencabutan gigi bungsu.

Dengan mengonsumsi makanan di atas, diharapkan luka bekas operasi gigi bungsu bisa cepat sembuh. Hindarilah makan makanan bertekstur keras, lengket, dan bersuhu panas, sebab itu dapat memperlambat proses penyembuhan.

Jangan lupa untuk tetap membersihkan gigi dengan menyikat lembut daerah bekas pencabutan secara perlahan. Serta lakukan kontrol kembali ke dokter gigi setelah satu minggu pascaoperasi cabut gigi bungsu.

Anda juga harus mengonsumsi obat-obatan yang diberikan sesuai anjuran dokter gigi dan istirahat cukup untuk mempercepat proses penyembuhan. Untuk tahu informasi mengenai kesehatan gigi lainnya, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter gigi melalui Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar