Sukses

Tips Bugar Sebelum Menonton Pembukaan Asian Para Games

Pembukaan Asian Para Games segera digelar. Anda berencana menyaksikannya? Ikuti tips ini agar tubuh tetap bugar selama acara berlangsung.

Klikdokter.com, Jakarta Tak terasa akhir pekan di minggu pertama bulan Oktober ini sudah di depan mata. Nah, ada yang spesial di hari Sabtu (6/10/2018) besok, karena pembukaan ajang olahraga internasional Asian Para Games akan segera digelar. Tiket sudah di tangan, yang tak kalah penting adalah menjaga agar tubuh tetap bugar selama menyaksikannya.

Tak kalah seru dengan Asian Games yang lalu, Asian Para Games juga menarik untuk disaksikan. Jadi, jangan sampai Anda batal menghadiri acara pembukaan karena badan yang tidak fit, ya. Jaga kondisi tubuh agar tetap bugar dengan tips berikut ini.

1. Tidur cukup dan hindari konsumsi alkohol

Meski sepulang kerja di hari Jumat biasanya Anda nongkrong atau berpesta hingga larut malam, kini cobalah untuk menahan kebiasaan tersebut. Apalagi jika besok Anda berencana menonton pembukaan Asian Para Games 2018 langsung di lokasi.

Sebab, bila Anda kurang tidur atau bahkan mengalami mabuk berat karena konsumsi alkohol yang berlebihan, tubuh menjadi lemas dan Anda rentan terserang penyakit.

"Tidurlah selama 7-9 jam dalam sehari. Karena kebiasaan tidur di bawah 6 jam sering kali dikaitkan dengan beberapa jenis penyakit," ucap dr. Dewi Ema Anindia dari KlikDokter menekankan.

Jika ada pesta di hari Jumat malam yang memang sama sekali tidak bisa dibatalkan, setidaknya hindari mengonsumsi alkohol. Namun apabila Anda sudah telanjur mabuk, redakan dengan cara berikut ini:

  • Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi

Saat Anda muntah karena mabuk akibat mengonsumsi alkohol, banyak cairan yang akan keluar dari tubuh. Untuk itu, penting untuk mengisi ulang cairan tubuh dengan meminum air putih atau jus buah. Jika sudah begini, jangan minum alkohol lebih banyak lagi.

  • Makanlah camilan seperti biskuit ataupun roti

Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kadar gula darah Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sup hangat untuk mengganti garam dan kalium yang hilang, sekaligus membuat perut kembali nyaman seusai mabuk.

  • Jika Anda sakit kepala, minumlah obat sakit kepala dengan dosis standar

Tapi ingat, jika Anda masih berlebihan dalam mengonsumsi alkohol, obat sakit kepala seperti asetaminofen, justru dapat menyebabkan  kerusakan hati.

  • Segera pergi tidur

Hal ini harus Anda lakukan agar efek mabuk berangsur hilang, dan tubuh Anda setidaknya lebih segar pada esok paginya.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Tetap rutin berolahraga dan menjaga tubuh tetap terhidrasi

Nah daripada Anda nongkrong atau berpesta hingga mabuk, ganti saja kebiasaan itu menjadi olahraga. Setelah pulang kerja, Anda bisa pergi ke pusat kebugaran untuk sekadar melakukan yoga, bersepeda statis, joging di atas treadmill, ataupun angkat beban.

Berolahraga dan menghasilkan keringat di malam hari pasti akan membuat tidur lebih nyenyak. Alhasil, keesokan harinya tubuh Anda pun terasa lebih segar.

Bila Anda lebih terbiasa dengan olahraga pagi, di hari Sabtu paginya Anda bisa mengajak teman-teman untuk jogging bersama. Tapi ingat, usahakan tetap menghidrasi tubuh dengan minum air putih atau air kelapa. Untuk melindungi kulit dari paparan cahaya matahari, oleskan juga tabir surya sebelum berolahraga.

Terakhir, jika Anda berolahraga hingga siang hari, jangan lupa mengoleskan gel lidah buaya untuk mendinginkan kulit yang mungkin saja terbakar. Dengan demikian, Anda senantiasa merasa nyaman selama menonton pembukaan Asian Para Games

3. Makan tepat waktu dan menjaga asupan tetap sehat

Meski Anda merasa sudah cukup beristirahat, olahraga, dan menghidrasi tubuh dengan baik, terlambat makan bisa menyebabkan ulu hati Anda nyeri dan mual karena produksi asam di dalam lambung. Oleh sebab itu, usahakanlah makan tepat waktu agar perut Anda tidak bermasalah saat hendak menonton keseruan acara tersebut.

Yang tak kalah penting adalah perhatikan juga menu makanan yang Anda konsumsi sebelum acara berlangsung. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan makanan yang tidak terjamin kebersihannya bisa membuat perut sakit serta diare.

Bagi Anda yang memiliki keluhan anemia, konsumsilah suplemen penambah darah atau makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah tanpa lemak, bayam, kismis, atau produk olahan susu, supaya terbebas dari lemas dan mata tidak berkunang-kunang saat berada di acara yang ramai.

Perhelatan olahraga internasional Asian Para Games sebentar lagi dibuka. Jaga tubuh Anda tetap bugar dengan menerapkan kiat-kiat di atas. Tak hanya menyaksikan acara pembukaan, yuk, dukung para atlet Indonesia yang berlaga di ajang ini!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar