Sehat dan Bugar

Mewujudkan Rumah Sehat dengan Cat Tembok Berkualitas

Krisna Octavianus Dwiputra, 03 Okt 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Demi terwujudnya rumah sehat, diperlukan cat tembok berkualitas. Nippon Spot-Less Plus bisa menjadi jawabannya.

Mewujudkan Rumah Sehat dengan Cat Tembok Berkualitas

Produsen cat dan pelapis nomor 1 di Asia, Nippon Paint meluncurkan terobosan baru yang inovatif, yaitu Nippon Spot-Less Plus yang merupakan cat anti noda dan kuman dengan Silver Ion Technology. Peluncuran ini ditandai dengan terjalinnya kerja sama dengan Ikatan Doker Indonesia (IDI) yang mendukung Nippon Paint mengedukasi masyarakat Indonesia menyediakan rumah sehat untuk keluarga dalam Kampanye Rumah Sehat.

Nippon paint meluncurkan Nippon Spot-Less Plus sebagai tanggung jawab menyediakan cat rumah yang sehat. CEO Nippon Paint Indonesia, Jon Tan Hon Yu menyebut dinding sebagai area terluas di rumah, oleh karena penting dijaga kebersihannya.

"Kami memahami kebutuhan konsumen untuk menghadirkan rumah yang tidak hanya nyaman dan indah tapi juga sehat bagi seluruh anggota keluarga. Dinding sebagai area terluas di dalam rumah mengambil peranan penting untuk kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, kami meluncurkan Nippon Spot-Less Plus yang memberikan perlindungan aktif dan lengkap dalam melindungi kesehatan keluarga," ujar Jon Tan Ho Yun.

Memberi edukasi keluarga

Jon Tan menambahkan bahwa selain untuk menjadi solusi, Nippon Spot-Less Plus juga untuk membantu edukasi keluarga. Biasanya keluarga tidak menyadari dinding sebagai area terbesar dalam rumah juga berpotensi menularkan berbagai penyakit. Ini juga digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Dari survei independen kepada orang tua, sebanyak 76% orang tua setuju bila dinding rumah dijadikan tumpuan ketika anaknya belajar berdiri atau berjalan, dan 80% orang tua juga menyebutkan bahwa anak mereka selalu kontak langsung dengan dinding ketika bermain. Meski demikian, 86% orang tua mengakui tidak memerhatikan kebersihan dinding layaknya lantai," sambung Jon Tan.

Berdasarkan hal itu, Nippon Paint pun mengadakan kampanye RUMAH SEHAT sebagai rangkaian peluncuran Nippon Spot-Less Plus sekaligus edukasi kepada masayarakat. Untuk menyukseskan kampanye tersebut, Nippon Paint bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Kerja sama ini juga mengukuhkan Nippon Paint sebagai perusahaan cat dan pelapis pertama dan satu-satunya yang mendapatkan dukungan dari IDI.

Terkait kerja sama ini, dr. Ulul Albab, SpOG selaku perwakilan Pengurus Besar IDI mengatakan, "Kami mengapresiasi dan mendukung penuh inisiatif Nippon Paint dalam mengedukasi masyarakat menjaga rumah tetap sehat, terutama area dinding. Hal ini penting karena berbagai bakteri, seperti E.coli, MRSA, hingga Staphylococcus aureus dapat bertahan di permukaan mulai dari harian sampai mingguan. Bakteri-bakteri ini bertanggung jawab atas penyakit diare, iritasi kulit, demam, dan infeksi saluran pernapasan. Tanpa perlindubgan maka risiko penyebaran bakteri di dalam rumah akan lebih tinggi," katanya.

Perhatikan faktor kesehatan rumah

Rumah merupakan lingkungan utama keluarga, terlebih bagi anak-anak yang menghabiskan banyak waktu 8-20 jam di rumah tiap harinya. Oleh karena itu faktor keamanan dan kesehatan rumah harus diperhatikan dan dipastikan secara menyeluruh.

"Selain menjadi salah satu medium penularan bakteri, dinding juga memengaruhi kualitas udara di dalam rumah karena polutan beracun sering ditemui pada cat pelapis dinding. Polutan berbahaya yang biasa ditemukan adalah VOC (Volatile Organic Compound) yang merupakan pencetus alergi, iritasi infeksi saluran pernapasan hingga kanker," sambung dr. Ulul.

Jon Tan kemudian menegaskan bahwa Nippon Spot-Less Plus tidak hanya memberikan perlindungan secara lengkap tapi juga mendukung tumbuh kembang anak melalui tiga pilar. "Pertama, Safe Touch, dengan Silver-Ion Technology yang anti kuman. Sehingga anak dapat bebas bereksplorasi secara aman karena telah lulus uji anti bakterial oleh STESCO (badan riset dan sertifikasi Singapura). Kedua, Creativity, melalui formula Stain-Guard anak bebas berkreasi tanpa takut noda. Ketiga adalah Clean Air, bernapas akan lebih aman dan nyaman di dalam ruangan karena rendahnya kandungan VOC."

Kegiatan kampanye RUMAH SEHAT bersama IDI diawali dengan peremajaan Gedung PB IDI Pusat dengan rangkaian cat Nippon Paint, yakni cat eksterior Nippon Weatherboard dan cat interior Nippon Spot-Less Plus. Selain itu, Nippon Paint juga menggandeng komunitas Indonesia Montessori.Com (IMC) untuk memberdayakan orang tua menyediakan rumah yang mendukung tumbuh kembang anak, dan membebaskan anak mengekspresikan dirinya melalui seni menggunakam medium dinding.

"Kami berupaya terus aktif mengadakan berbagai kegiatan Kampanye RUMAH SEHAT bersama lebih banyak lagi mitra agar semakin banyak keluarga Indonesia memahami pentingnya hal ini. Selain itu, juga untuk berperan mewujudkan rumah sehat yang ramah anak sebagai pondasi awal bagi generasi masa depan Indonesia yang lebih baik," tutup Jon Tan.

Sementara itu, Ketua IDI, Prof. Ilham Oetama Marsis menyambut baik kerja sama ini. Jika memang benar Nippon Spot-Less Plus memiliki keunggulan seperti yang disebutkan di atas, bukan tidak mungkin ini bisa dianjurkan untuk pemakaian rumah sakit dan kantor-kantor cabang IDI.

Kesehatan anggota keluarga di rumah, terutama anak adalah hal paling penting untuk dijaga. Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam mewujudkan rumah sehat adalah memilih cat dinding yang tepat. Nippon Paint berusaha mewujudkan hal tersebut melalui pilihan produknya.

[RVS]

liputanrumahAnakCatdinding rumahrumah sehatNippon Paintnippon spot less plus

Konsultasi Dokter Terkait