Sukses

Sering Malas Beraktivitas? Atasi dengan Cara Ini!

Jangan sampai rasa malas beraktivitas mendominasi diri Anda. Agar tidak berlanjut, lakukan berbagai upaya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Anda memiliki segudang kegiatan yang harus dilakukan namun malas beraktivitas? Kalau sudah begini, rasanya segala sesuatu pasti enggan untuk dilakukan. Bahkan jika sudah terlalu parah, bergeser tempat atau beranjak dari kasur saja bisa begitu sulit untuk dilakukan.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter rasa malas yang disertai badan lemas bisa disebabkan oleh sejumlah faktor.  Hal tersebut antara lain kekurangan oksigen di otak, anemia (kekurangan sel darah merah), penyakit kronis, kurang olahraga, hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hipotensi (tekanan darah rendah), dan banyak lagi.

“Asupan makanan yang kurang menyebabkan defisiensi atau kekurangan mineral tertentu bagi tubuh, sehingga dapat menimbulkan rasa malas yang berlebihan,” ujar dr. Vita, menambahkan penjelasan.

Lawan rasa malas!

Sementara kehidupan terus berjalan, Anda tak boleh terlena dan bermalas-malasan. Ingin menciptakan diri yang lebih produktif lagi? Dilansir dari Verywellmind.com, ikuti tips hindari rasa malas di bawah ini:

  1. Buat daftar tujuan yang sederhana dan realistis untuk dicapai

Anda masih berharap untuk mencapai puncak? Pecahkan tujuan besar itu menjadi lebih sederhana yang akan membantu Anda merasa lebih termotivasi untuk terus meraih seluruh pencapaian secara bertahap.

Ketika Anda mempertimbangkan tujuan yang besar, lakukan langkah-langkah kunci yang akan diperlukan untuk sampai ke sana. Jika diperlukan, pecahkan semuanya menjadi target sederhana dan kecil, namun lebih mungkin untuk diraih.

  1. Luangkan waktu untuk menyusun rencana

Duduklah sejenak untuk mempertimbangkan langkah-langkah kecil yang harus dicapai untuk sampai ke tujuan. Bersikaplah realistis tentang jumlah usaha, waktu, uang, bantuan, atau faktor lain yang terlibat dalam pencapaian tujuan ini.

Dengan demikian, Anda akan merasa lebih tenang dan percaya diri, tanpa harus merasa putus asa secara berlebihan.

  1. Fokus pada kekuatan diri

Jika terbiasa dengan kritik batin yang fokus pada kekurangan diri, Anda akan menemukan manfaat besar dalam memetakan kekuatan pribadi. Ingat, Jika Anda masih kesulitan mengidentifikasi kekuatan, tanyakan pada teman atau keluarga terkait apa yang mereka lihat sebagai kekuatan terbesar Anda.

  1. Rayakan kemenangan kecil

Mengadakan perayaan kecil saat berhasil mencapai sebuah tujuan kecil, dapat membantu Anda terus bergerak maju. Sebab, kebanggaan saat mencapai tujuan dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda.

  1. Dapatkan semangat dari teman-teman sekitar

Tidak ada salahnya meminta bantuan selama perjuangan melawan rasa penasaran Anda terus berlanjut. Orang biasanya akan berkembang ketika terhubung dengan orang-orang terdekat yang bersikap positif.

Biarkan hal tersebut menjadi bagian dari pendongkrak semangat Anda. Mendapatkan dukungan dari orang-orang terpenting dalam kehidupan Anda dapat membantu mengembangkan diri Anda menjadi pribadi yang kuat dan bersemangat.

Rasa malas dapat berkelanjutan sesuai kondisi tiap individu. Bila memiliki gangguan kesehatan, Anda disarankan untuk melakukan kiat sehat di bawah ini:

  • Penuhi asupan nutrisi yang kaya akan zat besi dan folat sebagai sumber utama pembentukan sel darah merah.
  • Istirahat atau tidur teratur 6-8 jam sehari.
  • Berolahraga 3-5 kali dalam sehari, dengan durasi 30 menit setiap sesinya.
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin 1 tahun sekali.

Cegah rasa malas beraktivitas dari sekarang! Jika keluhan ini terus berlanjut, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter secara langsung untuk mencari tahu penyebabnya. Dengan demikian, pekerjaan atau kegiatan Anda pun tak terbengkalai.

[NP/ RVS]

4 Komentar