Sukses

Benarkah Sarapan Bisa Turunkan Berat Badan?

Siapa Bilang Sarapan Bikin Gemuk? Sarapan Justru Bisa bantu turunkan berat badan, lho!

Sebagian orang sering melewatkan sarapan untuk menurunkan berat badan. Banyak yang mengira sarapan akan membuat berat badan bertambah dan menyebabkan tubuh menjadi lebih lapar pada siang harinya. 

Kenyataannya, anggapan tersebut tidak tepat karena sarapan justru bisa membantu menurunkan berat badan. Ketahui manfaat sarapan pagi untuk diet lewat uraian berikut ini. 

1 dari 3 halaman

Manfaat Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan

Banyak yang belum tahu kalau sarapan merupakan waktu terpenting dibandingkan makan siang atau makan malam. 

Sarapan akan memberikan energi bagi tubuh untuk memulai aktivitas di awal hari sekaligus menunda lapar. Oleh karena itu, bila sudah sarapan di pagi hari, Anda tidak akan kalap saat makan siang. 

Artikel Lainnya: Sarapan Sebelum atau Setelah Olahraga, Mana yang Terbaik?

Melewatkan sarapan membuat tubuh bekerja di pagi hari tanpa pasokan energi dan menggunakan sisa energi yang ada. Akibatnya, kebutuhan akan energi akan membengkak saat jam makan siang. 

Tidak jarang, melewatkan sarapan membuat seseorang menjadi “lapar mata” sehingga makan siang dalam porsi yang berlebihan.

Sarapan juga membantu memelihara kadar gula darah agar tidak anjlok. Kondisi gula darah rendah akibat tidak sarapan akan membuat tubuh lemas, mengganggu kerja otak, menyebabkan sulit berkonsentrasi, bahkan perasaan cemas. Dampaknya, aktivitas seharian pun menjadi terganggu.

Beberapa studi juga membuktikan bahwa mereka yang melewatkan sarapan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami obesitas.

Studi lain juga menemukan, melewatkan sarapan berhubungan dengan kenaikan berat badan. Hal ini berlaku ketika dibandingkan dengan kebiasaan makan sebelum tidur yang juga dapat meningkatkan risiko kegemukan. 

Artikel Lainnya: Tingkatkan Konsentrasi Anda dengan Menu Sarapan Ini

2 dari 3 halaman

Tips Sarapan yang Bisa Turunkan Berat Badan

Sarapan, terutama dengan mengonsumsi makanan yang tepat, menjadi salah satu hal krusial dalam program diet Anda. 

Dalam program menurunkan berat badan, tentu tak signifikan maknanya jika Anda sarapan namun dengan makanan yang kurang sehat seperti junk food atau makanan tinggi lemak jenuh.

Berikut adalah tips memilih sarapan untuk menurunkan berat badan.

  1. Pilih Menu Sarapan dengan Karbohidrat Kompleks

Hindari sarapan dengan makanan berat, misalnya nasi dilengkapi lauk-pauk. Nasi putih mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini cepat dicerna dan diubah menjadi energi. 

Sayangnya, pasokan energi ini cepat menanjak, tetapi cepat juga menurunnya. Akibatnya, Anda akan lemas dan mengantuk setelah mengkonsumsinya.

Artikel Lainnya: Kreasi Menu Sarapan yang Sehat dan Praktis 

  1. Konsumsi Serat dalam Jumlah Cukup

Disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan berserat yang Anda sukai, misalnya, alpukat, pisang, atau apel. 

Anda dapat menyajikan buah-buahan bersama roti gandum, yoghurt rendah lemak dan  bubur gandum. 

Serat dapat menunda lapar. Menu sarapan tersebut, Anda juga dapat mengurangi porsi makan siang dengan lebih mudah. Pasalnya, Anda tidak akan merasa terlalu lapar di siang hari. 

Artikel Lainnya: Menu Sarapan Sehat Sebelum Main Sepak Bola 

  1. Jangan Melupakan Makanan yang Mengandung Tinggi protein

Salah satu cara mengatasi penurunan gula darah adalah dengan mengonsumsi sumber protein saat sarapan. 

Contoh makanan tinggi protein adalah telur dan keju. Protein dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Konsumsi protein terlebih dahulu juga dapat mengurangi lonjakan gula darah. 

  1. Konsumsi Makanan Mengandung Lemak Baik

Lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh. Namun, pilihlah makanan yang mengandung lemak baik, contohnya alpukat. Hindari makanan yang digoreng. Pasalnya, lemak baik akan lebih lambat dicerna, sehingga membantu Anda kenyang lebih lama. 

Jadi, ketika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, tetap jangan tinggalkan sarapan. Sarapan justru membantu berat badan turun sepanjang dilakukan dengan menu tepat. Jangan lupa tunjang pula diet Anda dengan olahraga .teratur 

Cari tahu informasi kesehatan lain dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

Referensi

Healthline. Diakses 2021. Breakfast Is the Most Important Meal. But Why? 

EatThis. Diakses 2021. The 15 Best Tips for a Healthy Breakfast, According to Dietitians

0 Komentar

Belum ada komentar