Sukses

7 Manfaat Minum Kopi untuk Wanita

Konsumsi kopi memiliki manfaat pada kesehatan peminumnya. Nah, ada rentetan manfaat spesifik minum kopi untuk wanita. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Tak hanya enak, kopi juga memberikan manfaat kesehatan bagi peminumnya. Kopi mengandung berbagai nutrien penting, termasuk antioksidan, yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan. Sekarang ini, konsumsi kopi telah menjadi gaya hidup yang tak hanya digandrungi pria, tapi juga wanita. Bagi wanita, minum kopi ternyata menyimpan banyak sekali manfaat!

Minum kopi tak hanya kebiasaan, tapi semacam telah menjadi budaya. Jika mengunjungi kedai kopi, kerap melihat sekelompok wanita dengan cangkir dan laptop di sebelahnya atau sekadar mengobrol santai bersama teman-teman wanita lainnya sambil menyesap kopi. Tak hanya obrolan atau gosip hangat yang didapat, tapi wanita yang minum kopi juga bisa merasakan manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

  1. Meningkatkan energi dan meningkatkan mood

Kafein yang terkandung dalam kopi merupakan stimulan yang dapat memompa energi secara instan, yang dibutuhkan untuk bangun dan memulai hari. Kafein dapat meningkatkan detak jantung sehingga darah lebih banyak terpompa ke seluruh tubuh. Selain itu, wanita yang minum kopi juga dapat meningkatkan mood dalam menuntaskan aktivitas harian.

  1. Mencegah kanker

Berdasarkan studi yang dilakukan di Amerika Serikat (AS), kopi terbukti dapat melawan kanker, terutama kanker kulit karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Studi membuktikan, wanita yang yang meminum kopi lebih dari sekali dalam sehari memiliki risiko terjadinya kanker kulit yang lebih rendah. Selain kanker kulit, kopi juga efektif menurunkan risiko kanker payudara dan endometrium pada wanita.

  1. Menjaga memori

Peneliti di Universitas Florida, AS, menemukan bahwa meminum kopi dengan rutin dapat mencegah penyakit Alzheimer. Lewat penelitian tersebut, ditemukan bahwa kopi dapat menurunkan pembentukan beta-amyloid di otak, yang merupakan penyebab terjadinya penyakit Alzheimer. Itulah sebabnya wanita usia 30-50 tahun dianjurkan minum kopi untuk mencegah terjadinya gangguan memori.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Menangkal depresi

Konsumsi kopi juga dapat mencegah depresi pada wanita. Selain itu, minum kopi merupakan cara alami untuk menghindari perasaan sedih dan memperbaiki suasana hati. Khasiat ini merupakan kontribusi dari kandungan kafein yang terdapat dalam kopi. Menurut penelitian dari Universitas Harvard, AS, wanita yang minum 4 gelas kopi atau lebih dalam sehari punya peluang 20 persen lebih rendah untuk terkena depresi.

  1. Mencegah terjadinya berbagai penyakit metabolik

Lebih lanjut lagi, minum kopi juga terbukti dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan penyakit jantung. Meski begitu, jangan sampai minum kopi secara berlebihan karena justri dapat berdampak sebaliknya.

  1. Mencegah penyakit liver

Risiko terjadinya penyakit hati juga menurun pada wanita yang mengonsumsi kopi secara rutin. Sebuah penelitian menemukan bahwa pasien yang terinfeksi virus hepatitis C memiliki respons pengobatan yang lebih baik jika mereka minum kopi secara rutin setiap hari. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa minum kopi dapat mencegah kanker hati.

  1. Mencegah sakit kepala

Ada penelitian yang menemukan bahwa minum kopi dapat meredakan sakit kepala karena kandungan kafein di dalamnya, terutama sakit kepada jenis migrain dan sakit kepada tipe tegang (tension-type headache). Walaupun begitu, bagi orang yang menghentikan kebiasaan ngopi secara mendadak, sakit kepala justru dapat muncul kembali.

Ada banyak manfaat kesehatan minum kopi untuk wanita, tentunya jika dikonsumsi dengan jumlah dan cara penyajian yang tepat. Namun, tetap perlu diingat bahwa kopi juga mendatangkan berbagai dampak negatif, seperti perubahan warna gigi dan nyeri lambung pada sebagian orang. Oleh karena itu, hindari ngopi secara berlebihan, yaitu cukup 1-2 cangkir sehari. Perhatikan pula penggunaan gula dalam kopi. Jika ingin kopi Anda manis, pilih gula rendah kalori untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar