HomeIbu Dan anakKehamilanCara Mengatasi Perut Kembung pada Ibu Hamil, Apa Saja?
Kehamilan

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Ibu Hamil, Apa Saja?

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 20 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ibu hamil sering mengalami perut kembung. Awas, jangan sampai kondisi ini mengganggu kenyamanan. Berikut cara mengatasi kembung pada ibu hamil dengan aman dan efektif!

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Ibu Hamil, Apa Saja?

Perut kembung merupakan keluhan yang sering dialami oleh banyak orang, termasuk ibu hamil. Sensasi yang dirasakan, mulai dari perut terasa penuh, begah, sering sendawa, atau perasaan tidak nyaman. 

Meski demikian, perut kembung saat hamil sebenarnya tidak selalu berarti ada penyakit serius. Pasalnya, kondisi ini bisa terjadi akibat perubahan saat hamil, seperti peningkatan hormon progesteron.

Selain itu, ukuran rahim yang makin membesar dan salah mengonsumsi makanan juga dapat memicu timbulnya perut kembung saat hamil. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi kembung pada ibu hamil? Berikut beberapa trik yang dapat diterapkan:

1. Minum Air Putih dalam Jumlah Cukup

Selain mencegah dehidrasi, air putih juga berperan dalam menurunkan risiko konstipasi atau sembelit

Konstipasi itu sendiri merupakan salah satu penyebab perut kembung pada ibu hamil. 

Oleh karena itu, pastikan selalu mencukupi kebutuhan cairan setiap hari dengan mengonsumsi air putih setidaknya 8–10 gelas. 

Saat minum, usahakan untuk menghindari penggunaan sedotan. Sebab, penggunaan sedotan memungkinkan terjadinya aerofagia (menelan udara) sehingga perut akan terasa semakin kembung. 

Lebih baik minum air putih secara langsung dari gelas atau cangkir. 

2. Makan dalam Porsi Kecil dan Lebih Sering

Salah satu cara mengatasi kembung pada ibu hamil yang efektif adalah dengan makan dalam porsi kecil, tetapi lebih sering. Dalam medis aktivitas ini disebut dengan istilah small frequent feeding

Makan dalam porsi besar akan membuat saluran pencernaan bekerja lebih berat. Hal ini pun mempengaruhi proses pembentukan gas di saluran pencernaan. 

Jadi, daripada makan sekaligus banyak di satu waktu, lebih baik untuk mengonsumsi makanan sebanyak enam kali dalam sehari dengan porsi lebih kecil. 

3. Hindari Konsumsi Makanan Mengandung Gas

Beberapa bahan makanan dapat meningkatkan produksi gas dalam saluran pencernaan. Makanan yang dimaksud, yaitu kubis, brokoli, kol, asparagus, gandum, ubi, dan kentang. 

Untuk menghindari perut kembung saat hamil, batasi konsumsi makanan-makanan tersebut, ya.

4. Hindari Makanan Tinggi Lemak

Cara mengatasi kembung pada ibu hamil berikutnya adalah dengan menghindari makanan tinggi lemak, khususnya lemak jenuh. 

Makanan yang tinggi lemak akan lebih lambat dicerna, sehingga meningkatkan risiko perut kembung. 

Artikel Lainnya: Makanan dan Minuman Ini Bisa Sebabkan Perut Kembung

5. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Pilihlah makanan dengan kandungan serat yang tinggi, seperti buah dan sayuran. Serat dapat menyerap air di saluran pencernaan, melunakkan kotoran, serta melancarkan pembuangan feses. 

Hal tersebut akan membantu menghilangkan keluhan kembung pada ibu hamil. 

6. Minum Air Jahe Hangat

Jahe memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat membantu mengatasi perut kembung. Selain itu, jahe juga dapat menjaga daya tahan tubuh ibu hamil. 

Anda dapat mengonsumsi jahe dengan cara direbus dalam air yang mendidih dan dicampur dengan gula merah atau madu.  

7. Kelola Stres

Kecemasan dan stres juga berpengaruh pada produksi gas dalam saluran pencernaan. Selama hamil, cobalah untuk menghindari stres dan cemas. 

Luangkan waktu sejenak untuk bermeditasi setiap hari, lakukan pengaturan napas, serta relaksasi.

8. Pijat Ringan pada Perut

Cara mengatasi perut kembung saat hamil berikutnya adalah dengan melakukan pijatan lembut pada bagian perut. 

Anda dapat melakukannya sendiri di rumah menggunakan minyak telon atau baby oil. Oleskan di bagian perut dan buat gerakan memutar. Lakukan secara lembut dan perlahan tanpa menekan terlalu berlebihan. 

Artikel Lainnya: Perut Kembung Setelah Berhubungan Seks, Apa Penyebabnya?

9. Gunakan Pakaian Longgar

Pakaian yang terlampau ketat dapat memicu timbulnya perut kembung. Maka dari itu, gunakanlah pakaian yang sedikit lebih longgar dan nyaman saat hamil agar terhindar dari keluhan perut kembung. 

10. Tetap Aktif Bergerak

Aktivitas fisik dapat membantu mencegah konstipasi dan melancarkan gerakan saluran pencernaan. 

Lakukanlah olahraga ringan, misalnya jalan kaki setidaknya 30 menit per hari selama hamil. Pastikan juga untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum memulai olahraga di masa kehamilan. 

Perut kembung adalah keluhan yang umumnya wajar terjadi pada ibu hamil. Meski demikian, jangan biarkan kondisi ini mengganggu kenyamanan Anda selama kehamilan. 

Lakukanlah beberapa trik di atas untuk mengurangi keluhan kembung saat hamil. Apabila keluhan tak membaik atau semakin berat, segera periksakan diri ke dokter kandungan untuk penanganan lebih lanjut.

Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter secara daring dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

KehamilanPerut Kembung

Konsultasi Dokter Terkait