Seks

Perut Kembung Setelah Berhubungan Seks, Apa Penyebabnya?

dr. Sara Elise Wijono MRes., 14 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Beberapa orang mengalami perut kembung setelah bercinta. Apakah hal tersebut disebabkan oleh aktivitas seks itu sendiri, atau berkaitan dengan kondisi kesehatan?

Perut Kembung Setelah Berhubungan Seks, Apa Penyebabnya?

Bercinta adalah momen yang dapat dijadikan pasangan suami istri untuk mempererat ikatan yang telah terjalin. Sayangnya, hubungan seks tidak selalu berjalan sesuai rencana. 

Salah satu kondisi yang mungkin dialami dan cukup mengganggu adalah keluhan perut seperti kembung setelah berhubungan. 

Tentu saja, adanya keluhan perut kembung usai bercinta bisa mengganggu momen kamu untuk menikmati ‘jerih payah’ di atas ranjang. 

Sebenarnya, apa yang jadi penyebab perut kembung setelah berhubungan seksual? Apakah keluhan ini terjadi akibat penyakit?

Perut Kembung Usai Bercinta, Normal atau Tidak?

Mengalami perut kembung usai berhubungan seksual memang mengganggu. Namun, kamu perlu tahu bahwa perut kembung dan aktivitas seks bukanlah kondisi yang saling berhubungan. 

Dengan kata lain, perut kembung yang terjadi pasca berhubungan seks bukanlah kondisi yang normal dan bisa disebabkan oleh hal lain. 

Jika demikian, apa yang sebenarnya menjadi penyebab perut kembung setelah berhubungan intim? Apakah merupakan tanda dari kondisi kesehatan yang berbahaya?

Artikel Lainnya: Perut yang Terasa Panas? Apa Sebabnya?

Penyebab Perut Kembung Setelah Berhubungan Seks

Berikut adalah beberapa faktor yang kemungkinan menjadi penyebab perut kembung setelah berhubungan: 

1. Masalah Pencernaan

Kondisi perut kembung usai berhubungan intim bisa jadi karena adanya gangguan pencernaan yang serius. Misalnya, asam lambung tinggi dan konstipasi.

Itu sebabnya, kamu yang memiliki riwayat gangguan pencernaan harus lebih memperhatikan konsumsi makanan sebelum berhubungan seks. Contoh makanan yang bisa tingkatkan asam lambung adalah yang pedas, asam, dan tinggi lemak.

2. Rahim Terbalik (Rahim Retrofleksi)

Jika kamu memiliki rahim yang terbalik (menghadap anus atau tulang belakang), hal ini juga bisa menjadi pemicu perut kembung pasca hubungan seks.

Aktivitas seks bisa menyebabkan rahim bergerak dan melakukan kontak dengan organ lain di sekitarnya. Akibatnya, kamu akan merasakan perut kembung dan tak nyaman setelah hubungan intim.

3. Sedikit Lagi Akan Haid 

Saat mendekati waktu haid, biasanya gairah seks juga meningkat. Sayangnya, ini berbarengan dengan munculnya keluhan perut kembung

Itu semua disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh wanita. Nah, selesai berhubungan seks, barulah rasa kembung itu akan semakin terasa.

4. Ejakulasi di Dalam Vagina

Melakukan hubungan seks tanpa kondom dan ejakulasi di dalam vagina akan menyebabkan perut wanita kram dan terasa agak sakit.

Saat air mani memasuki vagina, zat prostaglandin yang ditemukan dalam air mani dapat memicu kontraksi rahim dan ketidaknyamanan.

Artikel Lainnya: Kenali Penyebab Perut Kembung pada Bayi

5. Makan Sebelum Berhubungan Intim

Perut seperti kembung setelah berhubungan intim bisa jadi dikarenakan waktu makan yang berdekatan dengan sesi bercinta.

Jenis makanan dan minuman tertentu yang dikonsumsi dapat menimbulkan kesan kembung pada beberapa orang. Makan berlebihan pun bisa mencetuskan keluhan kembung.

6. Menelan Udara

Kebiasaan tertentu saat makan, seperti cara mengunyah yang cepat, dapat menyebabkan udara tertelan sehingga perut kembung. Tidak hanya itu, merokok dan mengunyah permen karet pun bisa membuat udara tertelan.

Jika aktivitas ini dilakukan sebelum bercinta, akhirnya perut menjadi kembung setelah berhubungan. 

7. Faktor Psikologis

Ini bisa menjadi alasan mengapa setelah berhubungan perut terasa kembung. Ya, keluhan kembung dapat disebabkan oleh faktor psikologis, seperti kecemasan atau depresi.

Rasa cemas sebelum bercinta sering kali dialami baik pria maupun wanita. Pada pria dapat berupa performance anxiety, yaitu rasa cemas akan performa seksualnya.  

Cara Mengatasi Perut Kembung Setelah Berhubungan Intim

Jenis Obat untuk Mengatasi Perut Kembung

Untuk mengatasi perut kembung setelah berhubungan intim, perlu disesuaikan dengan penyebabnya. 

Jika penyebabnya adalah asam lambung yang naik, sebaiknya kamu mengonsumsi obat penetral asam lambung, misalnya antasida. 

Kamu juga tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gas tinggi. Terlebih lagi konsumsi tersebut dilakukan sebelum mulai berhubungan seks. Selain itu, cobalah untuk minum teh jahe hangat. 

Lalu apabila pemicunya adalah rahim terbalik, kamu bisa melakukan senam Kegel, menggunakan cincin pesarium, operasi, dan sebagainya. Ini wajib dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Artikel Lainnya: Beragam Perubahan pada Badan Setelah Berhubungan Seks

Melakukan pijatan juga dapat diandalkan ketika kamu merasa kembung setelah berhubungan. Kamu bisa tidur telentang dan gunakan benda ringan untuk memijat perut secara berputar. Namun, pastikan perutmu kosong ketika melakukan ini.

Untuk meminimalkan risiko perut kembung setelah berhubungan seks di kemudian hari, kamu mesti menghindari posisi bercinta yang terlalu memberikan tekanan pada perut.

Jangan dibawa stres. Sangat dipahami bahwa pengalaman perut tak enak setelah bercinta bikin kepikiran. Fokus dalam kegiatan seksual kamu saja.

Karena semakin dipikirkan, hal itu justru bisa membuat kamu stres. Kalau sudah stres, asam lambung dapat naik dengan cepat sehingga perut semakin kembung. 

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan tetapi tidak kunjung berhasil meredakan perut kembung, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter. 

Untuk langkah awalnya, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Tanya Dokter. Baca juga artikel kesehatan yang terbaru hanya di aplikasi KlikDokter. Mari #JagaSehatmu selalu!

[RS]

Hubungan seksPerut Kembung

Konsultasi Dokter Terkait