Sukses

Waspada, Langsung Sikat Gigi Setelah Makan Bikin Gigi Ngilu!

Sikat gigi setelah makan memang penting. Namun, bila dilakukan dalam waktu dan teknik yang salah, justru dapat merusak kesehatan gigi.

Klikdokter.com, Jakarta Menyikat gigi setelah makan bertujuan untuk menghilangkan bakteri atau sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi. Tetapi, sikat gigi dilakukan segera setelah mengonsumsi sesuatu yang mengandung gula tinggi atau bersifat asam, akan menyebabkan gigi ngilu.

Hal ini bisa terjadi karena terkikisnya bagian enamel pada gigi. Enamel gigi merupakan lapisan paling luar gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi Anda. Sayangnya, asam yang dihasilkan oleh makanan bisa mengikis lapisan pelindung tersebut. Hal ini yang kemudian membuat sikat gigi berbahaya.

Bahaya sikat gigi langsung setelah makan

Pada saat makan, pH air liur atau saliva akan turun dari nilai normal berubah menjadi asam. Hal ini disebabkan oleh gula yang terkandung dalam makanan akan bereaksi dengan bakteri yang terdapat pada plak. Hasilnya, terbentuklah asam yang dapat melarutkan permukaan lapisan enamel, hingga kemudian mengalami erosi.

Bila setelah makan Anda langsung sikat gigi, maka struktur alami saliva tersebut akan rusak dan memengaruhi fungsinya terhadap proses pencernaan.

Selain itu, penyikatan akan memperparah erosi yang terjadi pada gigi. Jika ini dibiarkan terus, lapisan email akan menipis dan lapisan dentin akan terbuka. Hal inilah yang akan mengakibatkan gigi terasa ngilu (dentin hipersensitif).

Waktu dan jenis sikat gigi yang tepat

Sebaiknya tunggu kurang lebih 30 menit sampai 1 jam setelah Anda makan, baru lakukan kebiasaan baik sikat gigi. Selama waktu tersebut, air liur atau saliva diberi kesempatan untuk menetralisir asam yang terbentuk setelah makan, sehingga pH saliva kembali normal.

Gunakan Sikat gigi dengan ujung kepala yang kecil dan berbulu lembut, serta gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Cara ini dapat membantu air liur atau saliva menghilangkan asam, dan pasta gigi yang mengandung fluoride dapat membantu memperkuat gigi Anda.

Bila Anda ingin tetap membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel setelah makan, lakukan flossing dengan menggunakan dental floss. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sisa makan di sela-sela gigi agar gigi tetap bersih. Jangan lupa untuk berkumur dengan air setelah makan agar pH saliva di dalam mulut dapat segera normal kembali.

Hindar konsumsi ini!

American Dental Association menjelaskan, paparan asam fosfat yang berkepanjangan dapat ditemukan dalam minuman ringan berkarbonasi seperti soda dan diet soda. Minuman ini dapat mengikis jaringan keras dari permukaan gigi.

Tak hanya itu, erosi asam dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi Anda. Untuk menjaga agar gigi tidak mengalami erosi, batasi camilan di antara waktu makan dan hindari konsumsi minuman dan makanan ringan yang mengandung gula tinggi.

Tips menyikat gigi

Agar gigi tidak semakin terasa ngilu, menggosok gigi juga harus dilakukan dengan cara yang tepat. Gunakan metode bass dalam menggosok gigi dengan cara meletakkan ujung sikat gigi pada sudut 45 derajat terhadap sumbu gigi.

Lalu tempatkan kepala sikat gigi agar tetap berkontak dengan gigi. Kemudian getarkan dan gosok dengah perlahan.

Selanjutnya, arahkan bulu sikat gigi menghadap perbatasan antara gigi dan gusi, lalu gerakkan ke arah atas. Lakukan kegiatan ini minimal 2 menit agar sisa-sisa makanan dapat hilang.

Sikat gigi memang baik untuk menjaga kesehatan gigi. Meski demikian, Anda juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukannya agar terbebas dari gigi ngilu dan masalah gigi lainnya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar