Gigi Mulut

Waspada, Langsung Sikat Gigi Setelah Makan Bikin Gigi Ngilu!

drg. Callista Argentina, 27 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Rajin sikat gigi memang baik. Tapi hati-hati, sikat gigi setelah makan justru merusak gigi, lho! Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Waspada, Langsung Sikat Gigi Setelah Makan Bikin Gigi Ngilu!

Pasti kita pernah menjumpai orang-orang yang selalu membawa sikat gigi kecil kemana pun mereka pergi. Hal ini dilakukan agar mereka bisa sikat gigi setelah makan. 

Menyikat gigi setelah makan memang bisa menghilangkan bakteri atau sisa makanan yang baru menempel pada permukaan gigi. Namun, langsung sikat gigi setelah makan justru bisa menjadi penyebab gigi ngilu, terutama kalau kamu baru sajaa mengonsumsi makanan mengandung ataupun bersifat asam serta soda.

Bagaimana Sikat Gigi Setelah Makan Menyebabkan Gigi Ngilu?

Saat makan, pH air liur (saliva) akan turun dari nilai normal dan berubah menjadi asam. Hal ini disebabkan oleh gula yang merupakan hasil dari proses pengolahan makanan, yang kemudian mengundang bakteri untuk bersarang pada plak gigi. 

Suasana rongga mulut yang asam tersebut dapat melunakkan permukaan lapisan enamel gigi. Akhirnya terjadilah proses demineralisasi yaitu hilangnya mineral gigi. 

Namun, setelah makan, biasanya produksi air ludah akan meningkat. Suasana mulut pun dapat netral dan kembali normal.

Nah, menyikat gigi setelah makan malah menghentikan proses remineralisasi alami dari saliva. Akibatnya mineral-mineral akan larut dan membuat gigi lama-kelamaan keropos, serta berisiko menyebabkan rasa ngilu pada gigi.

Selain itu, penyikatan akan memperparah erosi gigi, yaitu proses pengeroposan permukaan email gigi yang tidak melibatkan kuman. 

Jika dibiarkan terus-menerus, lapisan email akan menipis dan lapisan dentin terbuka. Hal inilah yang akan mengakibatkan bertambahnya rasa ngilu di gigi (dentin hipersensitif). Tak hanya itu, erosi asam dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi. 

Artikel lainnya: Makanan dan Minuman yang Sering Menjadi Penyebab Gigi Ngilu

Waktu Menyikat Gigi yang Tidak Menyebabkan Ngilu

Waktu yang paling baik untuk menyikat gigi adalah kurang lebih 30 menit sampai 1 jam setelah makan. Selama waktu tersebut, air liur menetralisir asam yang terbentuk setelah makan, sehingga pH-nya kembali normal.

Gunakan sikat gigi dengan ujung kepala yang kecil dan berbulu lembut, serta pasta gigi mengandung fluoride. Cara ini dapat membantu air liur menghilangkan asam. Pasta gigi mengandung fluoride juga dapat membantu memperkuat gigi.

Lalu, durasi menyikat gigi yang benar adalah dua menit. Tujuannya agar sisa-sisa makanan ikut terangkat. Kamu disarankan menyiikat gigi pada pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Bila ingin tetap membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel setelah makan, lakukan flossing pakai dental floss dengan teknik yang benar. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sisa makanan di sela-sela gigi agar tetap bersih. 

Jika ingin membersihkan gigi setelah makan, kamu disarankan untuk berkumur dengan air dahulu. Cara ini dapat membantu pH saliva di dalam mulut untuk segera normal kembali.

Artikel lainnya: Gigi Sering Ngilu, Haruskah Pakai Pasta Gigi Khusus?

Gigi kamu sudah terlanjur ngilu? Cara menggosok gigi yang tepat harus dilakukan agar gigi tidak semakin ngilu. Gunakan metode bass dalam menggosok gigi: 

  • Mulai dari bagian dalam permukaan gigi, kemudian permukaan kunyah dan bagian luar gigi 
  • Posisikan kepala sikat gigi pada sudut 45 derajat terhadap sumbu gigi 
  • Arahkan bulu sikat gigi menghadap perbatasan antara gigi dan gusi (leher gigi)
  • Gosok gigi perlahan sampai semua bagian tersikat 

Sikat gigi memang cara menjaga kesehatan gigi yang efektif. Meski demikian, kamu harus memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukannya agar terbebas dari gigi ngilu dan tidak menimbulkan masalah lainnya. 

Punya gangguan gigi ngilu atau sensitif? Tanya dokter gigi online untuk konsultasi cepat dan praktis. Download aplikasi KlikDokter untuk tahu beragam tips menjaga kesehatan gigi lainnya!

(FR/JKT)

Sikat GigiGigi NgiluFluoride Gigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait