Sukses

Bibir Hitam Bikin Kurang Percaya Diri? Atasi dengan Cara Ini

Kondisi bibir hitam akan memengaruhi penampilan Anda hingga melunturkan rasa percaya diri. Jangan cemas, lakukan langkah berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap wanita pastinya ingin memiliki bibir yang merah muda dan lembut. Bibir yang cantik akan memperindah penampilan dan pastinya meningkatkan rasa kepercayaan diri. Sebaliknya, saat bibir hitam, penampilan dan rasa kepercayaan diri akan berkurang.

Bibir hitam menjadi masalah yang sering ditemui akhir-akhir ini. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk konsumsi teh atau kopi yang berlebihan, alergi, kebiasaan merokok, paparan sinar matahari, ketidakseimbangan hormon, dan tidak peduli akan perawatan bibir, sehingga memicu pigmentasi pada area bibir.

Tips mengatasi bibir hitam

Untuk menjaga kecantikan dan kesehatan, perawatan yang dilakukan tak cukup hanya pada tubuh saja. Anda juga perlu melakukan perawatan bibir untuk menunjang penampilan. Beberapa langkah berikut ini dapat Anda lakukan untuk mengatasi bibir hitam:

  1. Berhenti merokok

Nikotin memicu perubahan warna bibir dan menyebabkan bibir menjadi berwarna lebih gelap. Selain itu, merokok juga telah diketahui dapat menyebabkan kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Jadi, mulai sekarang hentikan kebiasaan ini.

  1. Batasi konsumsi teh dan kopi

Konsumsi teh dan kopi secara berlebihan dapat menyebabkan bibir hitam dan gigi berwarna. Oleh sebab itu, batasi konsumsi kafein untuk mencegah bibir menjadi lebih gelap.

  1. Hindari paparan sinar matahari yang terlalu sering

Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan penggelapan bibir. Hal ini disebabkan oleh peningkatan pigmen melanin pada bibir. Pastikan gunakan produk bibir yang mengandung SPF atau pelindung UV, terutama saat ingin menghabiskan waktu di luar rumah.

  1. Hati-hati dalam menggunakan lipstik

Penggunaan lipstik dan kosmetik bibir dalam waktu lama dan berlebihan terutama dengan kualitas yang rendah dapat menyebabkan perubahan warna bibir. Gunakan lipstik dengan bijaksana, aplikasikan hanya saat dibutuhkan dan selalu beli produk bibir dari merek terpercaya.

Pastikan juga Anda mengecek tanggal kedaluwarsa lipstik dan hindari menggunakan lipstik atau produk bibir yang telah kedaluwarsa. Pilihlah produk yang mengandung shea butter, clarified butter, vitamin E dan minyak jojoba.

Berbagai bahan tersebut dapat meningkatkan kelembapan bibir dan mencegah bibir kering. Terakhir, selalu bersihkan bibir dari riasan menggunakan cairan pembersih bibir yang baik. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun, minyak almond atau minyak kelapa untuk membersihkannya.

  1. Lakukan scrub pada bibir menggunakan bahan alami

Setidaknya lakukan scrub pada bibir seminggu sekali untuk membuang sel kulit yang mati dan mengelupas kulit kering dari bibir. Hal ini juga akan membantu meningkatkan peredaran darah.

Anda dapat membuat bahan scrub sendiri dengan mencampurkan minyak zaitun sebanyak 5-6 tetes dengan gula 1 sendok teh. Gunakan campuran ini untuk mengelupas kulit kering di bibir. Setelah dibilas bersih, aplikasikan pelembap pada bibir.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Eksfoliasi (pengelupasan)

Letakkan sejumlah vaselin pada sikat gigi bayi untuk eksfoliasi atau mengelupas kulit bibir dengan lembut. Hal ini boleh Anda lakukan setiap hari.

  1. Minum banyak air

Jaga kelembapan bibir dan hidrasikan sepanjang waktu. Untuk menjaga warna bibir alami, penting untuk menjaga tingkat hidrasi dengan minum banyak air sepanjang hari. Penambahan buah yang mengandung kadar air tinggi seperti timun, semangka, jeruk, anggur dan jeruk nipis juga dapat membantu.

Jaringan kulit pada bibir lebih lembut dibandingkan kulit tubuh bagian lainnya. Oleh karena itu, bibir harus tetap dijaga kelembapannya agar terhindar dari kekeringan dan peningkatan risiko menggelapnya bibir. Gunakan pelembap bibir yang mengandung beeswax atau cocoa butter karena bermanfaat untuk mengunci kelembapan bibir.

  1. Hindari membasahi bibir dengan lidah

Ahli kulit menyarankan agar Anda tidak menjilat bibir seperti yang biasa dilakukan untuk menjaga bibir tetap basah. Sebab, kebiasaan ini malah akan menyebabkan kekeringan lebih lanjut dan memicu penggelapan bibir. Selain itu, kebiasaan menggigit bibir juga harus dihindari karena berisiko merusak bibir.

  1. Pertahankan diet sehat

Kekurangan vitamin dapat menyebabkan perubahan warna bibir. Oleh sebab itu, pertahankan asupan menu diet sehat dan juga perbanyak konsumsi buah serta sayuran hijau. Terlebih lagi, konsumsi vitamin C juga penting untuk mengatasi pigmentasi bibir.

  1. Hindari air yang mengandung klorin

Air yang mengandung klorin juga berpotensi menyebabkan pigmentasi bibir. Biasanya air jenis ini sering ditemui di kolam renang. Sebisa mungkin, bila Anda akan berenang gunakan pelembap dan lakukan perawatan bibir setelah berenang.

Kondisi bibir hitam meski terkesan sepele nyatanya dapat mengganggu penampilan Anda dan mengurangi rasa percaya diri. Lakukan berbagai tips di atas agar Anda terhindar dari berbagai masalah pada area bibir, mulai dari perubahan warna bibir hingga bibir pecah-pecah.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar