Sukses

Hindari Kebiasaan Ini Agar Gigi Lebih Sehat!

Banyak kebiasaan yang tampak remeh, ternyata bisa merusak gigi. Jika ingin kesehatan gigi tetap terjaga, jauhi kebiasaan-kebiasaan buruk ini.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut secara teratur sangatlah penting. Dengan memperhatikan keduanya sama saja dengan meningkatkan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika gigi dan mulut bebas dari masalah, risiko terjadinya kerusakan gigi serta penyakit serius lainnya dapat dicegah.

Namun sayangnya, kesehatan gigi masih sering disepelekan. Selain perawatan yang tidak teratur, masih banyak orang yang sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang nyatanya bisa berpengaruh terhadap kesehatan gigi mereka.

1 dari 2 halaman

Kebiasaan-Kebiasaan yang Merusak Gigi

Agar gigi sehat, Anda perlu menjauhi kebiasaan yang dapat merusak gigi. Berikut beberapa kebiasaan yang merusak gigi dan mulut Anda:

1. Mengunyah Es Batu

Minuman es yang dikonsumsi saat cuaca terik memang terasa menyegarkan. Namun, es batu yang dihancurkan dengan menggunakan gigi akan berdampak buruk terhadap kesehatan gigi Anda.

Artikel Lainnya: Jangan Sepelekan Sikat Gigi di Malam Hari bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Ya, mengunyah es batu dapat menjadi salah satu kebiasaan yang merusak gigi. Gigi dapat menjadi retak, rapuh bahkan patah.

2. Sering Mengonsumsi Minuman Olahraga (Sport Drink)

Terlalu sering mengonsumsi minuman olahraga dapat memengaruhi kesehatan tubuh Anda, termasuk gigi. Kandungan asam, gula, dan karbonasi yang terdapat di dalamnya mempercepat pertumbuhan bakteri yang dapat merusak gigi.

Selain itu, kandungan dalam minuman olahraga dapat melemahkan lapisan pelindung gigi. Akibatnya, gigi menjadi lebih sensitif.

Jika Anda ingin mengonsumsi sport drink, pertimbangkan untuk minum dengan menggunakan sedotan agar tidak langsung mengenai gigi. Kumur-kumur dengan air setelahnya atau kunyahlah permen karet bebas gula untuk menetralkan asam.

3. Bernapas dengan Mulut

Kebiasaan ini biasanya muncul karena adanya gangguan pada jalan napas atau hidung tersumbat. Misalnya, pada orang yang memiliki kelainan anatomi hidung atau penyakit-penyakit hidung, seperti polip hidung, sinusitis, dan rhinitis kronis.

Artikel Lainnya: Cek, Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gusi

Jika kebiasaan tersebut tidak diatasi, maka bentuk rahang dan gigi akan terpengaruh. Selain itu, peradangan pada gusi serta bau mulut yang tidak sedap juga dapat muncul. Agar gigi sehat, Anda perlu menghindari kebiasaan ini.

4. Menggunakan Gigi Anda Sebagai “Alat”

Gigi sebenarnya tidak dirancang untung menggigit benda-benda atau membawa barang. Mungkin Anda tidak menyadari bahwa tekanan yang diberikan, dapat menyebabkan gigi bergeser dari tempatnya.

Selain itu, menggunakan gigi untuk membuka botol, merobek sesuatu, menggigit kuku atau pensil dapat menyebabkan gigi retak dan kelainan struktur rahang. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan yang merusak gigi ini.

5. Mengonsumsi Makanan Manis Berlebih

Tak sedikit orang yang gemar mengonsumsi makanan manis, seperti kue-kue, permen, cokelat, hingga popcorn. Padahal, kandungan gula yang tinggi pada makanan tersebut bisa merusak kesehatan gigi.

Sisa gula yang tertinggal di dalam mulut akan diubah oleh kuman-kuman plak menjadi asam. Selanjutnya, permukaan gigi yang terkena oleh asam akan larut dan menyebabkan gigi berlubang. Kondisi tersebut bisa makin parah jika Anda tidak rajin menggosok gigi dan memperhatikan kesehatan mulut.

Artikel Lainnya: 5 Makanan Penyebab Gigi Mudah Rusak

6. Merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari. Anda tentu tahu bahwa merokok sangat tidak baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan gigi.

Kandungan dalam rokok seperti tembakau, tar, nikotin, karbon monoksida, amonia, dan lainnya dapat mengiritasi rongga mulut saat dikonsumsi karena adanya pembakaran. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan gigi berubah warna, bau mulut hingga kanker mulut.

7. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Menyikat gigi terlalu keras tidak hanya akan merusak gusi, tetapi juga dapat mengikis lapisan pelindung gigi. Akibatnya, gigi bisa menjadi lebih sensitif terutama ketika terkena rangsangan (misal, saat mengonsumsi minuman dingin).

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan sikat gigi berbulu lembut.

Artikel Lainnya: Malas Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut? Ini Solusinya!

8. Menyikat Gigi pada Waktu yang Salah

Menyikat gigi pada waktu yang salah juga menjadi salah satu kebiasaan yang merusak gigi. Contoh, Anda sebaiknya tidak menyikat gigi tepat setelah mengonsumsi asupan yang asam (seperti jeruk, lemon, dan lainnya).

Setelah Anda makan atau minum sesuatu yang asam, lapisan email gigi akan melemah untuk sementara. Agar gigi sehat, tunggulah sekitar 30 menit sebelum menyikat gigi sehingga dapat memberikan air liur untuk mencairkan keasaman.

9. Tidak Menyikat Gigi Sesuai Anjuran

Sebagian besar masyarakat menyikat gigi dua kali sehari, yaitu saat mandi pagi dan mandi sore.

Padahal, menurut American Dental Association (ADA), waktu yang paling tepat untuk menyikat gigi adalah setiap selesai sarapan pada pagi hari dan sebelum tidur.

10. Tidak Periksa Gigi Secara Rutin

Dokter gigi menganjurkan agar Anda memeriksakan kesehatan gigi dan mulut setiap enam bulan sekali. Akan tetapi, banyak orang yang melewatkannya dan cenderung menyepelekannya.

Itulah beberapa kebiasaan yang sering disepelekan, tetapi dapat berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut agar gigi selalu sehat dan kuat.

Jika memiliki pertanyaan seputar kesehatan gigi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami melalui fitur Live Chat di KlikDokter. Semoga bermanfaat!

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar