Sukses

Malas Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Apa Solusinya?

Masih banyak orang yang malas menyikat giginya, padahal hal ini berdampak buruk pada kesehatan gigi dan mulut.

Semua orang pasti ingin punya gigi dan mulut yang sehat, tapi kenapa masih saja ada yang malas untuk memperhatikan kesehatannya? Apa ada solusi lain bagi si pemalas?

American Dental Association menyarankan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi sebanyak dua kali sehari. 

Meski demikian, tak sedikit juga orang dewasa yang mengaku masih tidak menyikat giginya di malam hari karena terlalu lelah atau lupa. Bahkan menurut penelitian, sebanyak 45 persen dari 10.000 orang kerap kali tidur tanpa membersihkan mulut dan gigi.

1 dari 4 halaman

Dampak Malas Membersihkan Gigi

Malas dan lupa memang menjadi alasan utama saat seseorang tidak menyikat gigi. Selain itu, anggapan bahwa tidak menyikat gigi sesekali saja tidak masalah, biasanya adalah awal mulai terjadi kemalasan yang berlanjut.

Padahal, malas gosok gigi dapat merugikan diri kita sendiri. Berikut ini beberapa dampak akibat malas gosok gigi yang penting untuk Anda ketahui:

Artikel Lainnya: Jangan Sepelekan Sikat Gigi di Malam Hari bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

  1. Gigi Berlubang

Malas gosok gigi dapat menyebabkan gigi berlubang, termasuk pada gigi yang susunannya sudah rapi sekali pun. Susunan gigi yang berantakan membutuhkan penanganan ekstra agar tidak muncul lubang pada gigi. Bagi Anda dengan gigi tidak rapi, selain menyikat gigi, ritual pembersihan gigi tambahan juga harus dilakukan.

  1. Sakit Gusi

Setelah selesai makan, sisa makanan akan menumpuk di perbatasan gusi dan gigi bawah, terutama di sisi yang menghadap lidah. Akibat malas menggosok gigi, bagian tersebut jarang dibersihkan sehingga lama kelamaan akan mengeras menjadi karang gigi.

Karang gigi yang sudah terbentuk tidak bisa lagi dibersihkan dengan hanya menggosok gigi biasa. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, dapat menyebabkan radang gusi. Pada radang gusi berat, gusi akan mudah berdarah saat terkena sikat gigi.

  1. Bau Mulut

Selanjutnya, malas gosok gigi dapat menyebabkan bau mulut. Hal ini dikarenakan sisa makanan yang tidak disikat menjadi makanan bagi bakteri, lalu bakteri menghasilkan gas yang berbau. Selain itu, bau mulut juga bisa berasal dari permukaan lidah yang tidak disikat. 

Artikel Lainnya: Kenali 11 Penyebab Bau Mulut yang Harus Anda Waspadai

  1. Kehilangan Gigi Lebih Cepat

Malas gosok gigi menyebabkan Anda kehilangan gigi lebih cepat. Hal ini bisa terjadi jika radang gusi yang berat meluas sampai merusak tulang di sekitar gigi dan menyebabkan gigi goyang. Jika sudah terjadi, Anda hanya akan menyesal ketika tahu gigi Anda sudah ompong.

2 dari 4 halaman

Adakah Alternatif Selain Sikat Gigi?

Bagi orang yang malas, sikat gigi tak jarang diabaikan. Lantas, adakah cara lain untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut bagi mereka yang malas untuk merawat dan menjaga kebersihannya?

Menurut British Dental Journal, menyikat gigi dengan teknik yang tepat masih menjadi salah satu cara yang efektif untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Akan tetapi, ada pengganti sikat gigi yang dapat Anda pertimbangkan. Dengan teknologi yang semakin maju, di beberapa negara sudah diterapkan vaksin khusus untuk mencegah karies gigi, gigi berlubang, dan penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus mutans, salah satunya di Cina. 

Artikel Lainnya: Adakah Vaksin untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut?

3 dari 4 halaman

Solusi Utama untuk Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Pertama-tama, singkirkan rasa malas untuk menyikat gigi. Tidak ada yang dapat mengubah itu kecuali diri Anda sendiri. 

Jika Anda termasuk orang yang pelupa, pasanglah pengingat atau alarm di ponsel yang akan membantu mengingat waktu untuk gosok gigi. Kemudian, jangan lupa untuk menerapkan beberapa solusi untuk mengatasi malas gosok gigi berikut ini:

  • Sikat gigi Anda dua kali sehari, masing-masing selama 2 menit. Lakukanlah pada pagi dan malam hari sebelum tidur dengan gerakan memutar halus dan mulut tertutup.
  • Bila perlu, gunakan benang gigi atau dental floss.
  • Berkumurlah dengan cairan antibakteri satu kali sehari.
  • Ganti sikat gigi 3-4 bulan sekali, pilihlah bulu yang lembut, dan tidak menggunakan pasta gigi berlebihan.
  • Konsumsi makanan yang kaya kalsium dan polifenol.
  • Jangan tunggu sampai masalah gigi Anda makin parah. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi.

Nah, Anda kini telah mengetahui dampak buruk malas gosok gigi dan kiat-kiat untuk mengatasi rasa malas tersebut. Sekarang, jangan ada kata malas sikat gigi jika memang tidak ingin mengalami gigi berlubang dan masalah lainnya. 

Bila Anda merawat gigi dan mulut dari sekarang, senyum indah dengan gigi sehat yang utuh pun bisa Anda miliki hingga tua nanti. 

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar