Sukses

Manfaat Anak Bermain di Permukaan yang Datar

Bermain coret-mencoret di permukaan vertikal yang datar ternyata ada manfaatnya untuk anak.

Klikdokter.com, Jakarta Anda pernah mendapati anak sedang asyik bermain coret-mencoret di tembok? Tentunya sebagian orang tua pernah mengalami hal tersebut. Antara kaget, marah, bercampur kagum melihat hasil karya anak yang kini terpampang jelas menghiasi tembok rumah Anda.

Tapi mungkin lebih banyak kesalnya, karena Anda harus mengeluarkan uang dan tenaga untuk mengecat kembali dinding yang sudah dicoret. Namun tahukah Anda, anak bisa mendapatkan manfaat positif dari bermain di permukaan vertikal yang datar?

  1. Melatih Stabilitas

Membiarkan anak menuangkan kreativitasnya di atas permukaan datar yang vertikal dapat melatih kestabilan dari bahu dan sikunya. Karena aktivitas tersebut dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas dari sendi dan otot, mulai dari bahu hingga siku.

  1. Melatih Koordinasi

Menggambar dan menulis di bidang vertikal yang datar dapat melatih koordinasi kedua tangan anak. Dengan demikian, kemampuan propioseptif anak akan lebih baik.

  1. Melatih Memegang Pensil

Anak akan belajar bagaimana cara memegang pensil yang benar, dengan posisi pergelangan tangan yang stabil.

  1. Melatih Kemampuan Visual

Menggambar dan menulis dapat mengasah kemampuan visual (mata) anak. Selain itu, anak juga dapat memperbaiki koordinasi mata dan tangannya.

  1. Melatih Kemampuan Spasial

Ketika menggambar di permukaan yang luas, anak akan belajar arah (atas, bawah, kiri, kanan, diagonal). Hal ini dapat melatih kemampuan spasialnya menjadi lebih baik.   

  1. Melatih Anak untuk Aktif

Ketimbang duduk saja sambil menulis di meja, anak dapat lebih aktif dengan berdiri serta berpindah posisi ke sana kemari ketika menggambar di permukaan vertikal.

  1. Melatih Postur

Ketika anak mencoret-coret di permukaan vertikal yang datar, ia dapat melakukannya sambil berdiri, berjongkok, berlutut, dan sebagainya. Hal ini berguna untuk memperkuat dan melatih posturnya agar lebih tegap dan tidak bungkuk –seperti yang banyak dilakukan oleh anak-anak yang sering duduk di kursi.

  1. Membebaskan Kreativitas Anak

Sebenarnya mencoret-coret tembok baik untuk melatih imajinasi dan kreativitas anak –kedua hal tersebut sangatlah penting dewasa ini. Untuk menjadi sukses tidak cukup hanya nilai bagus di bangku sekolah, karena sangat penting untuk memiliki imajinasi, kreativitas, dan inovasi.

Namun tentunya kalau anak terus-menerus mencoreti tembok, akan kurang baik untuk estetika rumah dan kesehatan kantong Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat membeli papan tulis yang cukup besar untuk digantung di dinding. Anak bisa bebas berkreasi di papan tulis tersebut tanpa mengotori dinding. Setelah selesai bermain, anak dapat menghapus papan tulis untuk kemudian berkreasi kembali pada esok hari.

Bagaimana jika anak ternyata lebih suka mencoret-coret di dinding? Solusinya adalah menggunakan cat dinding yang mengandung Anti-Stain. Formula ini membuat dinding lebih mudah dibersihkan hanya dengan air dan kain lap. Penting sekali untuk Anda yang ingin praktis dan menghemat tenaga.

Ketahui juga bahwa dinding merupakan area terluas di rumah yang dihuni oleh ribuan kuman penyakit. Gunakan cat dengan kandungan Silver-Ion yang berguna untuk membasmi kuman-kuman berbahaya yang ada di lingkungan rumah. Para ahli mengatakan bahwa bakteri yang terpapar Silver-Ion mengalami penurunan jumlah hingga lebih dari 99%.

Terakhir, untuk kualitas udara yang baik, gunakan cat dengan kandungan Low Odour yang ramah lingkungan.

Bagi Anda yang sudah menggunakan cat ini, tidak perlu khawatir lagi anak berkreasi di dinding. Anak dapat dengan bebas dan leluasa bermain coret-mencoret dinding. Karena dinding sehat, keluarga pun sehat!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar